Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

4 Cara Menggunakan Media Sosial Secara Bijak untuk Meningkatkan Karier

Tahukah kamu jika digunakan dengan bijak, media sosial ternyata bisa bermanfaat untuk memudahkanmu mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karier lho. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang cara menggunakan media sosial secara bijak, yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Jika selama ini kamu merasa bahwa sosial media atau media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter hanya bisa digunakan untuk membagikan foto atau cerita, kamu tidak sepenuhnya benar. Karena jika digunakan secara bijak, media sosial bisa membawa banyak dampak positif untuk dirimu. Seperti menjalin komunikasi dengan teman-teman, mendapatkan pekerjaan, meningkatkan karier, mengurangi stres, dan memperluas jaringan pertemanan.

Berbagai cara menggunakan media sosial secara bijak

Pada dasarnya menggunakan media sosial dengan bijak tidak sesulit yang dibayangkan kok. Karena ada beberapa cara bijak menggunakan media sosial yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Masukkan hasil karya di media sosial

Kamu sering bingung mencari medium atau alat untuk ‘memamerkan’ hasil karya yang akan digunakan sebagai portofolio? Udah gak usah bingung, karena kamu bisa dengan mudah menggunakan media sosial sebagai mediumnya. Misalnya saja, jika kamu berprofesi sebagai desain grafis, tidak ada salahnya jika kamu memasukkan hasil kerja atau hasil karya yang kamu kerjakan di waktu senggang ke media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Jika kamu berprofesi sebagai social media specialist, kamu bisa memasukkan caption yang menarik dalam setiap foto yang kamu pamerkan. Untuk fotonya, kamu bisa mengambil foto yang ada di internet, namun jangan lupa untuk memasukkan sumber foto ya.

Memasukkan hasil karya ke media sosial ternyata telah terbukti ampuh meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan pekerjaan. Karena saat ini, beberapa HRD biasanya mencari kandidat karyawan di media sosial.

 

2. Komunikasi dengan teman-teman di media sosial

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu fungsi utama media sosial adalah sarana untuk menjalin komunikasi dengan teman. Oleh karena itu, jangan buang kesempatan ini dengan menggunakan media sosial hanya untuk menyukai gambar atau cerita yang ditulis teman saja ya.

Sesekali tidak ada salahnya juga jika kamu mengobrol dengan teman di media sosial mengenai berbagai hal, khususnya obrolan tentang karier ataupun ilmu yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan karier.

Selain itu, menariknya lagi ketika mengobrol dengan teman di media sosial kadangkala kamu bisa mendapatkan tawaran kerja di tempat yang lebih baik. Karena tidak jarang teman-teman di media sosial akan memberikan tawaran kerja yang sedang buka di kantornya.

3. Follow atau ikuti orang-orang yang ahli di berbagai bidang

Kamu ingin mendapatkan ilmu dan meningkatkan kemampuan dengan cara yang menyenangkan? Kalau iya, kamu wajib mengikuti atau follow orang-orang yang ahli di berbagai bidang, khususnya di bidang pekerjaan yang kamu tekuni.

Misalnya saja jika kamu seorang fotografer, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti fotografer-fotografer handal yang ada di Instagram, seperti Diera bachir (@dierabachir), Mario Ardi (@mariophotographie), dan Nicoline Patricia Malina (@npmalina).

Karena selain membuatmu terhibur dengan melihat foto-foto yang bagus, kamu juga bisa sekaligus belajar berbagai jenis foto yang mungkin selama ini kamu belum ketahui. Selain itu, kadang orang-orang yang ahli di bidang tertentu kadang akan membagikan ilmunya secara gratis di postingan media sosialnya. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan di bidang yang kamu tekuni, sehingga bisa menjadi nilai plus untuk diri sendiri di mata HRD.

Sesekali tidak ada salahnya juga jika kamu meninggalkan komentar yang bijak dan sesuai dengan topik di postingan orang-orang yang ahli di berbagai bidang. Karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan kamu menjadi lebih dikenal. Tidak menutup kemungkinan juga jika bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari seseorang yang ahli di bidang tertentu.

 

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Agar kamu bisa tetap fokus dalam menggunakan media sosial dengan bijak untuk meningkatkan karier dan terhindar dari https://pijarmahir.id/blog/news/5f0952c9-9246-488e-95ce-b9dac2a66f8estres hal yang wajib kamu lakukan adalah berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Karena bagaimanapun setiap orang pasti memiliki jalan hidupnya masing-masing.

Jadi, berusahalah untuk menghindari rasa iri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain, jika kamu melihat prestasi atau karier orang lain lebih hebat dari dirimu di media sosial. Sebaliknya, ada baiknya jika kamu terus fokus memperbaiki diri untuk meningkatkan karier.

Selain beberapa cara di atas, cara menggunakan media sosial secara bijak yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi penggunaan media sosial. Idealnya seseorang menggunakan media sosial dengan durasi 30 menit setiap harinya. Namun, durasi ini hanya berlaku jika kamu menggunakan media sosial untuk sekedar mencari hiburan.

Sedangkan jika kamu menggunakan media sosial untuk belajar dan memperbaiki portfolio, tidak ada durasi penggunaan media sosial yang benar-benar tepat.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa bijak menggunakan media sosial.

 

Yuk, Ikut Kelas “Sudahkah Kita Bijak Bersosial Media?”

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang cara untuk bijak menggunakan media sosial, yuk ikut kelas “Sudahkah Kita Bijak Bersosial Media”.

Karena di kelas ini kamu akan belajar bagaimana selalu bijak dalam menggunakan sosial media. Tapi gak cuma itu aja, karena di kelas ini kamu juga akan belajar tentang sejarah sosial media dan relevansinya terhadap fenomena sosial media dewasa ini, serta hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam menggunakan media sosial.

Dengan mengikuti, pelatihan ini peserta diharapkan dapat menggunakan sosial media dengan lebih bijak dan memperhatikan berbagai pertimbangan sebelum mengunggah atau meninggalkan komentar di media sosial.

Selain itu, menariknya lagi saat mengikuti kelas ini kamu akan diajarkan oleh ahlinya, yaitu Enda Nasution, seorang Social Media Advocate dan juga founder dan Chief Operation dari Suvarna.ID sejak 2017. Beliau telah berpengalaman dalam pengelolaan media sosial dan marketing sejak tahun 2000 dan juga konsisten menjalankan kampanye #BijakBersosmed bersama Suvarna.id

Kelas ini adalah pembelajaran mandiri. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan dan dimana kamu akan mengikuti kelas.

Referensi

https://www.thelist.com/651949/how-many-hours-should-you-be-spending-on-social-media/

https://antimaximalist.com/how-to-use-social-media-wisely-and-mindfully/

https://www.business2community.com/social-media/how-to-use-social-media-for-good-7-tips-to-use-social-media-wisely-02361207

https://careeradvisor.asia/using-social-media-wisely-for-your-dream-job/
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved