Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja

Kamu merasa mudah marah, sedih, atau khawatir ketika bekerja? Bisa jadi itu tanda kamu sedang stres karena pekerjaan. Untuk itu, yuk coba cari tahu cara mengatasi stres saat bekerja di bawah ini.

Selain mudah marah, sedih, atau khawatir, stres saat kerja juga ditandai dengan gejala kurang fokus dan tidak bersemangat bekerja. Jika kamu mengalami hal ini, jangan anggap remeh. Karena jika dibiarkan, stres saat kerja bisa menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti membuat tubuh menjadi mudah sakit, menurunkan produktivitas kerja, dan membuatmu tidak bisa bekerja dengan baik.

Penyebab stres saat bekerja

Pada dasarnya stres saat kerja bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

· Mengalami konflik dengan rekan kerja

· Beban pekerjaan yang berat

· Setiap hari harus melakukan lembur

· Jenuh dengan pekerjaan

· Kurangnya tantangan saat bekerja

Penyebab stres di atas memang sangat umum terjadi. Namun, bukan berarti kamu harus selalu menghindarinya. Karena ada baiknya kamu segera mencari cara untuk ‘berdamai’ dengan beberapa hal di atas dan mencari cara untuk mengatasinya.

Cara mengatasi stres saat bekerja

Ketika kamu mengalami stres saat bekerja, ada baiknya jangan langsung resign dan memilih pekerjaan lain. Karena stres saat bekerja bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Cari penyebab stres

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi stres adalah mencari penyebab stres. Misalnya mengalami konflik dengan rekan kerja atau beban pekerjaan yang terlalu banyak. Coba tuliskan semua penyebab stres di sebuah kertas dan tulis juga solusi sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres tersebut. Contohnya ketika kamu memiliki konflik dengan rekan kerja, ada baiknya diskusi dengan rekan kerja tersebut untuk sama-sama menyelesaikan konflik.

Saat mencari penyebab stres, ada baiknya kamu menulisnya di tempat yang setenang mungkin dan jauh dari lingkungan kerja. Bila perlu kamu bisa menghabiskan waktu untuk menenangkan diri sendiri selama 1-2 jam untuk sekedar mencari penyebab stres.

Pastikan juga saat mencari penyebab stres, tubuh kamu serileks dan setenang mungkin. Selain itu, berusahalah untuk menghilangkan emosi di hati saat menuliskan penyebab stres.

2. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan fast food, makanan berlemak, dan mengonsumsi soda secara berlebihan biasanya menjadi pelarian beberapa karyawan saat sedang stres. Padahal jika dibiarkan, hal ini justru bisa membuat tubuhmu menjadi lebih mudah sakit dan stres yang kamu rasakan tidak juga hilang,

Jadi, ketika stres usahakan untuk tetap mengontrol nafsu makan. Jika kamu ingin mengonsumsi banyak makanan, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur.

3. Rajin olahraga

Di tengah padatnya aktivitas yang kamu lakukan jangan lupa untuk tetap rajin olahraga. Karena olahraga secara rutin terbukti bermanfaat membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik, meningkatkan fokus, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Gak perlu olahraga yang sulit dan dengan durasi yang lama kok untuk mengatasi stres. Jalan kaki atau lari-lari kecil selama 10-15 menit setiap hari juga sudah bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Menariknya lagi olahraga ringan seperti jalan kaki bahkan bisa kamu lakukan saat sedang bekerja di kantor sekalipun. Namun, melakukan hal ini saat jam bekerja. Sebaliknya, ada baiknya kamu melakukan hal ini saat istirahat atau setelah jam pulang kerja.

4. Jaga jarak dengan orang yang membuatmu stres

Menjaga jarak memang tidak selalu baik dilakukan. Namun, jika ternyata menjaga jarak dengan seseorang yang membuatmu kurang nyaman, bisa sedikit menghilangkan stres. Ada baiknya kamu melakukan hal ini.

Jaga jarak bukan berarti kamu tidak bisa berkomunikasi sama sekali. Jika orang yang membuatmu kurang nyaman ternyata adalah orang yang harus sering kamu hubungi untuk menyelesaikan pekerjaan, ada baiknya kamu menjaga jarak dengan hanya membicarakan hal yang berhubungan dengan pekerjaan saja.

Selain jaga jarak, ada baiknya kamu pelan-pelan mengobrol dengan orang tersebut dan mencari solusi.

5. Mendengarkan musik saat bekerja

Tidak bisa dipungkiri memang, selain bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan produktivitas saat bekerja, mendengarkan musik ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengatasi stres. Bahkan untuk beberapa orang, mendengarkan musik saat bekerja juga bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendengarkan musik favorit saat bekerja atau ketika sedang dalam perjalanan pergi ke kantor dan pulang ke rumah.

6. Cerita dengan orang terdekat

Tidak semua masalah harus kamu tanggung sendiri kok. Ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau pasangan. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu stres saat bekerja ke orang terdekat.

Kadang saat bercerita, kamu memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang kamu rasakan bisa sangat berkurang. Saat stres seseorang juga biasanya hanya perlu didengar tanpa di nasihati atau diberikan solusi.

 

7. Batasi sikap perfeksionis

Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat lebih mudah stres dan lelah. Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan.

8. Ambil cuti

Cuti adalah hak setiap karyawan yang bekerja. Jadi, jika stres saat bekerja sudah dengan sangat mengganggumu, ada baiknya kamu segera ambil cuti. Sebelum cuti minta pengertian pada atasan untuk tidak menghubungimu masalah kerjaan. Bila perlu selama cuti kamu juga bisa menonaktifkan semua gadget yang biasanya digunakan untuk bekerja, seperti handphone dan laptop. Hal ini membuatmu terhindar dari notifikasi pekerjaan.

Mengambil cuti juga bermanfaat untuk membuat pikiran lebih segar dan menghilangkan jenuh.

Ada satu kutipan dari buku “Aku Bukan Menyerah Hanya Sedang Lelah” yang bisa kamu praktikkan saat stres bekerja, yaitu “Kalau Lelah istirahat, bukan menyerah”. Jadi pada dasarnya ketika stres saat bekerja, ada baiknya kamu menenangkan diri selama beberapa saat, istirahat, dan coba melakukan beberapa cara mengatasi stres di atas. Karena resign dan menyerah tidak bisa selalu menjadi solusi saat stres.

Referensi

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/coping-with-stress/art-20048369

https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/work-related-stress
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved