Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

9 Tips Mengikuti Interview Online

Di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang proses interview memang lebih banyak dilakukan secara online. Nah, agar kamu bisa memberikan performa terbaik dan mendapatkan hasil yang sangat baik saat interview online, yuk simak tips mengikuti interview online di bawah ini.

Interview atau wawancara merupakan salah satu proses rekrutmen untuk semua calon karyawan. Proses ini biasanya baru bisa diikuti oleh calon karyawan, setelah lulus seleksi CV dari HRD. Namun, hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Karena di beberapa perusahaan, interview merupakan tahap rekrutmen terakhir sebelum HRD menawarkan surat penawaran kerja.

Selain itu, bisa dibilang interview juga merupakan salah satu tahapan rekrutmen yang sangat menentukan, diterima atau tidaknya karyawan di suatu perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengikuti proses interview dengan sebaik mungkin.

Manfaat mengikuti interview online

Untuk beberapa calon karyawan, interview online mungkin tampak sedikit lebih susah untuk dilakukan. Padahal pada dasarnya interview online ternyata memiliki beberapa kelebihan lho, seperti:

· Mengurangi rasa gugup karena kamu tidak perlu bertemu langsung dengan HRD atau calon user

· Hemat tenaga, biaya, dan waktu karena kamu tidak perlu pergi ke kantor untuk interview secara langsung

Tips mengikuti interview online

Interview online biasanya dilakukan menggunakan beberapa medium atau alat, seperti Zoom, Google Hangout, atau video call Whatsapp. Apapun medium yang digunakan HRD atau calon user, sebagai calon karyawan yang baik, kamu wajib memberikan performa yang baik saat interview, caranya dengan menerapkan beberapa tips mengikuti interview online di bawah ini:

1. Terus berlatih

Sama halnya seperti interview yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung, hal yang wajib kamu lakukan adalah terus berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Karena terus berlatih bermanfaat untuk menghilangkan rasa gugup dan membuatmu lebih siap menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan HRD atau calon user.

Saat latihan interview, tidak ada salahnya juga jika kamu berlatih di depan kaca. Karena hal ini sekaligus bisa membuatmu mengoreksi postur tubuh yang mungkin belum sesuai. Jadi, ketika hari H interview tiba, kamu bisa benar-benar memberikan performa terbaik tanpa melakukan kesalahan sedikitpun.

2.Tes medium atau alat yang akan digunakan

Seperti yang telah disebutkan di atas, interview online biasanya dilakukan menggunakan beberapa medium. Nah, agar kamu bisa melalui proses interview dengan baik, ada baiknya beberapa hari sebelum interview kamu melakukan tes pada medium yang akan digunakan. Pastikan medium yang akan digunakan untuk interview bisa berfungsi dengan sangat baik, tanpa ada kendala sedikitpun.

 

3. Pastikan koneksi internet kencang

Hal lain yang perlu lakukan sebelum mengikuti interview online adalah memastikan koneksi internet kencang. Gak mau kan proses interview menjadi terhambat atau justru terputus hanya karena koneksi internetnya kurang bagus. Karena untuk beberapa orang, kesalahan atau gangguan sekecil apapun saat interview bisa sangat mengganggu kenyamanan diri dan memicu rasa gugup yang berlebihan, sehingga proses interview tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Gunakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan karakter perusahaan

Interview online bukan berarti kamu bisa menggunakan baju yang santai lho. Karena saat interview online, pakaian juga merupakan salah satu hal yang dinilai oleh HRD atau calon user. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan baju yang rapi dan sesuai dengan karakter perusahaan.

Misalnya jika kamu interview di perusahaan milik negara, jangan lupa untuk menggunakan kemeja yang rapi dan formal. Sedangkan jika kamu melakukan interview di agensi, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan pakaian yang semiformal.

Untuk perempuan, jangan lupa juga untuk menggunakan makeup yang tidak terlalu tebal. Karena hal ini juga bisa memberikan kesan yang baik kepada HRD atau calon user.

5. Ciptakan suasana interview yang tenang dan nyaman

Meskipun terlihat sederhana, menciptakan suasana interview yang kondusif dan senyaman mungkin ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga kamu bisa menjawab semua pertanyaan interview dengan baik.

Umumnya suasana interview yang kondusif bisa diciptakan dengan membersihkan meja kerja dari semua barang yang tidak akan menunjang proses interview. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.

Jangan lupa juga untuk minta pengertian kepada anggota keluarga di rumah untuk tidak memanggilmu atau membuat suara yang keras dan berisik, selama kamu mengikuti proses interview.

6. Duduk dengan posisi tubuh yang tegap

Walaupun interview dilakukan secara online, jangan lupa untuk selalu duduk dengan tegap ya. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa kamu benar-benar niat dan berusaha keras untuk bisa mengikuti interview dengan baik. Pastikan juga saat interview kamu tidak melakukan hal yang tidak diperlukan, misalnya mencoret-coret kertas atau bermain dengan pajangan yang ada di atas meja.

7. Gunakan earphone

Menggunakan earphone saat interview bermanfaat untuk membuat suaramu terdengar lebih jelas oleh HRD atau calon user dan mengurangi masuknya suara yang bising yang mungkin ada di sekitar rumah.

Namun, pastikan juga kalau earphone yang kamu gunakan, bisa berfungsi dengan sangat baik ya. Jangan sampai interview yang kamu lakukan menjadi terhambat atau terputus di tengah hanya karena kamu tidak bisa mendengar pertanyaan atau HRD dan calon user tidak bisa mendengar jawaban yang kamu berikan.

8. Arahkan pandangan mata ke kamera

Saat interview online, jangan lupa juga untuk selalu mengarahkan mata ke kamera. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sangat fokus dan sungguh-sungguh dalam mengikuti interview.

9. Online beberapa menit sebelum interview dimulai

Jika saat interview tatap muka, kamu sering datang beberapa menit sebelum interview dimulai. Saat interview online, saatnya kamu kembali menerapkan hal ini, caranya dengan online 10 menit lebih awal sebelum waktu interview dimulai. Beberapa user atau HRD bahkan sudah online 15 menit sebelum proses interview dimulai.

  

Interview online memang sekilas tampak lebih mudah untuk dilakukan. Namun, bukan berarti kamu bisa asal-asalan dalam mengikuti proses interview ya. Karena bagaimanapun, interview merupakan salah satu tahapan yang paling menentukan diterima atau tidaknya kamu bekerja di suatu perusahaan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips mengikuti interview online seperti di atas.

Referensi

https://start.florecruit.com/post/9-advantages-of-virtual-interviewing

https://online.jwu.edu/blog/15-tips-acing-online-job-interview


 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved