Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

9 Tips agar Tetap Produktif Bekerja Saat Puasa

Tips agar Tetap Produktif Bekerja Saat Puasa

Kamu ingin tetap bersemangat, fokus, dan produktif bekerja saat puasa? Kalau iya, yuk simak tips agar tetap produktif bekerja saat puasa di bawah ini.


Saat puasa biasanya seseorang akan cenderung kurang fokus dan semangat dalam bekerja, khususnya jika sudah memasuki siang hari. Hal ini sangat normal terjadi. Karena saat puasa seseorang biasanya akan merasa haus dan lapar di siang hari. 


Namun, jangan biarkan rasa lapar dan haus terlalu mengganggu fokus dan konsentrasimu ya. Karena bagaimanapun juga tugas utama kamu adalah bekerja dengan sebaik mungkin dan selalu fokus untuk mengerjakan pekerjaan di kantor.


Tips agar tetap produktif bekerja saat puasa


Pada dasarnya ada beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan agar tetap bisa fokus, semangat, dan produktif bekerja saat puasa, yaitu:

 

1.Jangan lewatkan sahur


Sesibuk apapun pekerjaan yang kamu kerjakan atau selelah apapun tubuh, jangan lupa untuk selalu sahur setiap harinya. Karena sahur bermanfaat untuk membuat tubuh selalu berenergi sepanjang hari, sehingga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.


2. Konsumsi makanan bergizi


Cara lain yang wajib kamu lakukan agar bisa tetap fokus dan produktif bekerja saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, ada beberapa makanan yang memang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus, yaitu cokelat hitam, kacang, ikan telur, daging, dan alpukat.


3. Cukupi kebutuhan cairan


Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak beraktivitas seperti biasa lho. Justru ada baiknya saat puasa kamu semakin semangat dalam beraktivitas. Untuk mencegah kamu kekurangan cairan saat puasa dan membuatmu tetap semangat beraktivitas, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan. Idealnya agar tetap fokus bekerja, kamu minum 2-2,5 liter air putih setiap harinya. Jumlah air yang wajib kamu minum setiap harinya, bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.


4. Batasi mengonsumsi kopi


Kamu sudah terbiasa mengonsumsi kopi untuk bisa tetap semangat bekerja? Kalau iya, saat puasa ada baiknya kamu hentikan kebiasaan ini ya. Karena kopi mengandung kafein yang dapat memengaruhi ginjal dan meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga kamu menjadi lebih mudah dehidrasi dan haus, serta menurunkan konsentrasi bekerja.


Gak mau kan konsentrasimu terganggu hanya karena kamu terlalu banyak minum kopi di bulan puasa.

Kalau kamu benar-benar ingin mengonsumsi kopi, ada baiknya kamu membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi, yaitu maksimal 100 miligram (mg) setiap harinya. Selain itu, jangan lupa juga untuk membatasi konsumsi minuman bertenaga atau energy drink. Karena minuman berenergi mengandung kafein dan gula yang tinggi.

 

5. Buat jadwal kerja setiap harinya


Meskipun terlihat sederhana, faktanya menyusun jadwal kerja ternyata bisa bermanfaat untuk membuat kamu lebih fokus, sehingga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Untuk itu, yuk mulai buat jadwal kerja setiap harinya. Misalnya pukul 09.00-12.00 adalah waktu untuk fokus bekerja, 12.00-13.00 istirahat, dan 13.00-16.00 waktunya untuk bekerja kembali.

 

Karena jika kamu bekerja tanpa jadwal yang jelas, kemungkinan kamu terdistraksi hal lainpun akan semakin besar. Sehingga tidak menutup kemungkinan, akhirnya kamu justru akan bekerja ketika sudah mendekati deadline. Hal inilah yang kemudian justru bisa memicu stres.

 

6. Ciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin


Hal lain yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap fokus bekerja dan menjaga diri agar tetap produktif saat puasa adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk kerja bagi setiap siswa bisa berbeda.


Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.


Jika kamu sedang bekerja di kantor, jangan lupa juga untuk menciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin. Misalnya dengan memajang foto orang tersayang di meja kerja dan menyesuaikan tinggi kursi dengan kebutuhan.


7. Kerjakan pekerjaan yang paling sulit dan sudah mendekati deadline terlebih dahulu


Di pagi hari biasanya energi dan konsentrasi masih sangat tinggi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu di pagi hari untuk mengerjakan pekerjaan yang paling sulit dan sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Lalu, di siang menjelang ke sore hari kerjakan pekerjaan yang memang relatif mudah. Karena hal ini telah terbukti ampuh membuatmu tetap produktif bekerja saat puasa.

 

 

8. Istirahat secara rutin

Pikiran dan tubuh perlu istirahat secara rutin lho. Karena istirahat secara rutin telah bermanfaat meningkatkan fokus bekerja saat puasa. Jadi, di sela-sela bekerja gak ada salahnya kok kamu mengambil jeda untuk sekedar istirahat dengan membuka media sosial atau membaca komik kesukaan.


Namun, batasi durasinya ya jangan sampai waktu istirahat yang kamu lakukan terlalu lama. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika kamu tidur singkat di siang hari atau yang biasa dikenal dengan istilah power nap. Karena power nap juga telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan produktivitas bekerja.


9. Rajin olahraga


Siapa bilang saat puasa kamu tidak boleh berolahraga sama sekali. Faktanya olahraga saat puasa justru bisa bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan energi tubuh, sehingga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas hingga 50%. Namun, bukan sembarangan olahraga ya.


Beberapa olahraga yang telah terbukti  ampuh bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bekerja adalah jalan kaki, yoga, dan pilates yang ringan. Selain itu, jangan ragu juga untuk membatasi durasi olahraga saat puasa. Idealnya durasi olahraga saat puasa adalah maksimal 30 menit setiap harinya.


Namun, jangan lupa juga untuk menyesuaikan olahraga dengan kemampuan diri sendiri. Jika, ternyata kamu hanya sanggup olahraga 10 menit setiap harinya, maka hal ini masih diperbolehkan. Karena setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing.


Nah, itu tadi beberapa tips agar kamu tetap produktif bekerja di bulan puasa. Jadi, mulai sekarang gak ada alasan untuk bermalas-malasan saat bekerja ya. 


Referensi



https://www.azyaamode.com/en/your-guide-to-staying-productive-at-work-during-ramadan 

https://eduadvisor.my/articles/8-ways-to-stay-productive-while-fasting/

https://www.egypttoday.com/Article/6/101012/5-Tips-to-Stay-More-Focused-and-Productive-at-Work 

https://www.healthline.com/health/how-to-exercise-safely-intermittent-fasting 

https://www.healthline.com/nutrition/brain-food-for-studying


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved