Blog

| iProspect

Untuk Apa Kartu Prakerja? Simak Manfaat Pelatihannya di Sini!

untuk apa kartu prakerja

Merebaknya pandemi Covid-19 di awal 2020 membuat hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.


Selain karena mau tidak mau harus bekerja dari rumah atau istilahnya Work From Home (WFH), sebagian orang terpaksa di rumah karena memang harus dirumahkan. Dengan kata lain, mereka mengalami pemutusan hubungan kerja.



Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan



Untungnya, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia meluncurkan program Kartu Prakerja. Buat kamu yang bertanya-tanya untuk apa kartu Prakerja, yuk cari tahu jawabannya di sini!


Laporan Terbaru Kartu Prakerja


Dari situs Kartu Prakerja disebutkan bahwa selama 2021 telah dibuka 11 gelombang dan menjangkau 5.931.574 penerima efektif di 514 Kabupaten/Kota. Khusus di Provinsi Papua Barat, pertumbuhan jumlah penerima terbanyak di Indonesia terjadi pada 2021 sebesar 838% dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.


Sejak pertama kali dibuka pada April 2020, program Kartu Prakerja sudah membuka sebanyak 22 gelombang dengan total penerima lebih dari 11,4 juta orang. Efektivitas dari program ini pun membuat pemerintah memutuskan agar program ini kembali dijalankan pada 2022 dengan total anggaran mencapai 11 triliun rupiah.


Apa Itu Program Kartu Prakerja?


Buat yang belum tahu untuk apa kartu prakerja, adalah program resmi pemerintah dalam pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.


Selain itu, program ini ditujukan untuk pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.


Untuk Apa Kartu Prakerja?


Program Kartu Prakerja dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi penggunanya. Selain itu, Kartu Prakerja juga memberikan nilai bagi sektor swasta dengan kepercayaan bahwa masyarakat indonesia pada dasarnya selalu ingin meningkatkan kemampuannya.


Untuk dapat memaksimalkan penggunaan Kartu Prakerja, para penerima bisa menggunakannya untuk mengikuti berbagai pelatihan secara digital melalui marketplace terpilih untuk bisa mencari, membandingkan, memilih, dan melakukan evaluasi.


Dilansir dari situs website Kartu Prakerja, beberapa solusi yang ditawarkan program ini, antara lain sebagai berikut:


Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan


- Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch

- Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan

- Menjadi komplementer dari pendidikan formal

- Membantu daya beli masyarakat yang terdampak mata pencahariannya akibat COVID-19


Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Manfaat Kartu Prakerja?


Pada dasarnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar program ini.


Selanjutnya, penerima kartu Prakerja adalah pemegang kartu Prakerja yang sah atau mereka yang telah lulus tes serta seleksi gelombang dan menerima persetujuan bantuan pelatihan untuk dipergunakan membeli atau membayar Pelatihan.


Berapa Total Manfaat Kartu Prakerja?


Dari situs website Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sebagai anggota pelaksana program ini, disebutkan bahwa setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:


- Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk PijarMahir

- Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, atau GoPay milik peserta. Insentif tersebut dari dua bagian, yaitu:

  • Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).
  • Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).


Itulah informasi terkait pertanyaan untuk apa kartu Prakerja. Salah satu mitra Kartu Prakerja di mana setiap penerima manfaat bisa belajar ilmu apa saja adalah Pijar Mahir.


Berbagai pembelajaran digital bersertifikat di pijarmahir.id dan bisa diakses kapan saja. Yuk, tingkatkan keahlianmu sekarang!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved