Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Petugas Input Data

Pembelajaran Mandiri

Menjadi Petugas Input Data

Oleh: STUDiLMU -

Pelatihan di STUDiLMU -

0

4.7(383)
486 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Setiap perusahaan, besar maupun kecil, pasti akan memiliki data yang perlu diatur dan diolah. Permasalahannya, jika semua data sudah berhasil dikumpulkan, tapi tidak ada orang yang merapikan atau memasukkannya ke dalam sistem, data tersebut akan menjadi hanya sebuah kumpulan data tapi tidak dapat digunakan untuk kemajuan perusahaan. Inilah yang menjadi peran penting seorang petugas input data. Petugas input data dapat mendukung kemajuan perusahaannya dengan memasukkan data perusahaan ke dalam sistem secara rapi. Dan karenanya penting bagi seorang petugas input data untuk mengikuti pelatihan ini agar menjadi lebih mahir di pekerjaannya. Pada website Prakerja.go.id, dapat ditemukan bahwa bidang administrasi menempati peringkat 10 besar tren rekrutmen di Indonesia pada tahun 2021. Ada banyak profesi yang sangat erat hubungannya dengan administrasi, salah satunya adalah petugas input data. Hal ini yang menyebabkan profesi petugas input data menjadi cukup populer di Indonesia. Pada course ini, Anda akan mempelajari apa saja tanggung jawab petugas input data, beserta dengan sikap kerja yang perlu dikembangkan. Anda juga akan belajar penggunaan Microsoft Excel dalam input dan mengoreksi data

Tujuan Umum Pelatihan

Tujuan umum dari course ini adalah peserta mampu memasukkan data dengan Microsoft Excel sesuai dengan standar dan tanggung jawab petugas input data yang dapat mendukung kemajuan perusahaan.

Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menyebutkan peran dan tanggung jawab petugas input data 
2. Mengembangkan sikap kerja yang diperlukan oleh petugas input data 
3. Menyebutkan perbedaan antara formula dan functions di dalam Microsoft Excel
4. Memasukkan data menggunakan Microsoft Excel
5. Membuat pivot table
6. Mengidentifikasi data berkondisi opsional dengan IF function 
7. Mencari data dengan LOOKUP function 
8. Menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam menyelia pekerjaan 
9. Mengecek data ganda pada Microsoft Excel duplicates dalam mengolah data 
10. Melakukan validasi dengan data validation pada Microsoft Excel 
11. Mengatur tampilan kolom yang error pada Microsoft Excel
12. Membuat rencana konsolidasi data secara rutin

Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)
1. Peran dan tanggung jawab petugas input data 
2. Perbedaan antara formula dan functions di dalam Microsoft Excel
3. Mengidentifikasi data berkondisi opsional dengan IF function

Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)

1. Memasukkan data menggunakan Microsoft Excel data dalam microsoft excel 
2. Membuat pivot table
3. Mencari data dengan LOOKUP function

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Teliti 
2. Tekun
3. Responsif dan inisiatif membantu


Kelompok Sasaran
1. Petugas input data 
2. Tenaga administrasi 
3. Karyawan yang bekerja erat dengan data 
4. Setiap orang yang ingin meningkatkan keterampilan Microsoft Excel dalam mengolah data
5. Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara


Durasi Per Sesi

Section 1: Mengenal Profesi Petugas Input Data : 34 menit
Section 2: Pengenalan Microsoft Excel (Bagian 1) : 25 menit
Section 3: Pengenalan Microsoft Excel (Bagian 2) : 23 menit
Section 4: Mengelola Workbook : 30 menit
Section 5: Mengelola Worksheet : 12 menit
Section 6: Memasukkan dan Mengolah Data dalam Microsoft Excel (Bagian 1) : 94 menit
Section 7: Memasukkan dan Mengolah Data dalam Microsoft Excel (Bagian 2) : 183 menit
Section 8: Memasukkan dan Mengolah Data Menggunakan Microsoft Word : 202 menit
Section 9: Mengoreksi Data yang Dimasukkan dan Tugas Lainnya : 148 menit


Total Durasi
479 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat, pukul : 15.00 - 16.00

Level Pelatihan 
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Alberto Christopher, S.T.*
Dengan latar belakang pendidikan chemical engineering dari Universitas Indonesia ini, Berto adalah sosok yang aktif dan senang berkomunikasi. Semasa studi pun, Berto sudah aktif berbagi ilmu yang dimilikinya bersama para dosen di kampusnya. Tidak hanya itu, Berto juga sering membawakanacara pada beberapa event team building. Pengalamannya mengajar di depan kelas dan memimpin berbagai event team building membawa Berto untuk berkecimpung di bidang training and people development. Mengawali karirnya sebelum bergabung di Studilmu BusinessGrowth, Berto merupakan seorang leader pada lini produksi di PT CS2 Pola Sehat (Orang Tua Group). Tidak hanya berkutat dengan data dan laporan, pengalamannya sebagai leader pada lini produksi membuat Berto terbiasa untuk berkomunikasi dengan berbagai macam karyawan dan cukup familiar dengan kondisi lapangan. Semasa kerjanya pun Berto telah mengikuti berbagai macam pembelajaran leadership sehingga Berto memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan pola pikir problem solving yang luar biasa. Sebagai fasilitator Studilmu BusinessGrowth, Berto telah berpengalaman melayani berbagai kelas dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berto dikenal sebagai fasilitator yang energik dan lugas dalam memfasilitasi pembelajaran peserta di kelas melalui pengalaman-pengalaman yang pernah beliau jalani

Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual) 
2. Download aplikasi STUDiLMU for Business & Prakerja di Play Store/App Store. Silahkan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS
3. Buka aplikasi STUDiLMU, pilih “PRAKERJA” lalu pilih “DAFTAR” untuk penukaran voucher pertama kali. Masukkan data-data yang diperlukan disana. 
4. Masukkan kode voucher yang sudah dibeli. Salin tempel/copy paste langsung dari akun Anda disana ke kode voucher yang Anda isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, namun langsung copy paste dari sumber) 
5. Anda dapat segera melihat pelatihan online yang dibeli di “Kursus tersedia”. Untuk memulainya, Anda tinggal klik gambar pelatihan dari jendela tersebut. Lalu klik di course content untuk memulai satu persatu bab secara berurutan. 

Kontak Lembaga Pelatihan
E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com
WhatsApp: 081338387750
Telegram: @STUDiLMU1


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(383 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved