Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Kompetensi yang diajarkan adalah skill yang sesuai dengan job description dari kebutuhan lowongan kerja Procurement Supervisor di perusahaan. Perusahaan akan banyak membutuhkan lowongan kerja di bagian Procurement. Dalam Training ini akan diajarkan secara keseluruhan apa saja skill yang wajib dimiliki oleh seorang Procurement. Tidak hanya itu pelatihan ini akan berbasis kepada praktek kerja berbasis pada pembuatan portofolio kerja.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan Calon Pengadaan (Procurement Supervisor) mampu membuat detail proses praktek Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan, Analisa Kebutuhan Anggaran, Pemilihan Vendor, Proses Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian, Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1-3 dan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa dengan menunjukkan minimal 70 % penguasaaan pemahaman materi pada saat praktik mandiri melalui video presentasi.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu :
Melakukan implementasi seluruh proses Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan, yakni Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Penyelarasan KebijakanPengadaan Barang/Jasa, Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun Harga Perkiraan.
Melakukan implementasi seluruh proses Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian, yakni Memilih Penyedia Barang/Jasa, Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Kualifikasi Penyedia Barang/Jasa.
Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1, yakni Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Mengevaluasi Dokumen Penawaran.
Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2, yakni Menyampaikan Penjelasan Dokumen Pengadaan Barang/jasa, Melakukan Negosiasi, Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa.
Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa, yakni Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang/Jasa, Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa.
- Mengimplementasikan Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan
- Mengimplementasikan Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Menyusun Analisa Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa
- Membuat Penyelarasan KebijakanPengadaan Barang/Jasa
- Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa
- Menyusun Harga Perkiraan
- Membuat Analisa Pemilihan Penyedia Barang/Jasa
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Mendemostrasikan Inisatif dalam Bekerja untuk pengerjaan tugas.
- Mendemostrasikan Berpikir Sistematika Bekerja.
- Mendemostrasikan Komitmen Pada Tugas yang diberikan.
- Mendemostrasikan Daya Tahan Terhadap Stress dari tugas yang diberikan.
- Mendemostrasikan Ketelitian & Kecermatan dalam pekerjaan.
Usia 18- 40
Syarat dan ketentuan lainnya :
1. Memiliki laptop pribadi
2. Familiar menggunakan Microsoft Office terutama adalah penggunaan Excel & Word.
3. Kemauan belajar yang tinggi
4. Kerja Keras
5. Tidak Mudah Menyerah
6. Memiliki waktu Fulltime daily Untuk Pengerjaan Project-Project
7. Bersedia melaporkan kegiatan rutin harian secara online
8. Bersedia melakukan diskusi banyak bertanya mengenai hal-hal yang tidak dimengerti
9. Soft Skill yang baik lainnya
Durasi Per Sesi
Hari ke 1
13.30 – 13.50 WIB Sesi Pembukaan Intro, Ice Breaking 20 menit
13.50 – 16.30 WIB Sesi 1 Penjelasan Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan 160 menit
Hari ke 2
13.30 – 16.30 WIB Sesi 2 Penjelasan Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian 180 menit
Hari ke 3
13.30 – 16.30 WIB Sesi 3 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1 180 menit
Hari ke 4
13.30 – 16.30WIB Sesi 4 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2 180 menit
Hari ke 5
14.00 - 16.10 Sesi 5 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa 160 menit16.10 - 16.30 WIB Pemberian Feedback dari pelatihan yang telah dilaksanakan 20 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Para peserta diminta untuk membuat portofolio project dari masing-masing sesi yang telah diberikan oleh tenaga pelatih dan kemudian melakukan presentasi dengan membuat sebuah video rekaman yang dapat diberikan waktu pengumpulan tugas tersebut selama 3x24 jam.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
06-04-2023 s.d. 17-04-2023
20-04-2023 s.d. 31-04-2023
03-05-2023 s.d. 14-05-2023
17-05-2023 s.d. 28-05-2023
06-06-2023 s.d. 17-06-2023
20-06-2023 s.d. 03-07-2023
Profil Pengajar
Gerry Anugrah Dwiputra ST. MM. CPHR Berpengalaman sebagai Manager
HR Training & Development – PT Krakatau Engineering (Krakatau Steel Group) – 2009 s.d 2013 – Human Capital
Development System (Detail in LinkedIn)
HR & QA Manager – PT Krakatau Daedong Machinery (Krakatau Engineering Group) – 2013 s.d. 2022 – Human
Capital Manager System (Detail in LinkedIn)
Materi Pelatihan
0 Materi
Pilihan Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.990.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian