Webinar
Belajar UI/UX untuk Menjadi Calon Product Designer
Oleh: Pijar Mahir
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pada pelatihan ini, kamu akan dilatih bagaimana menerapkan prinsip-prinsip utama UX, menerapkannya pada desain produk digital melalui prototype dan mengevaluasinya menggunakan heuristic evaluation. Tak hanya itu, kamu akan diajarkan langsung melakukan pengujian desain kamu melalui usability testing. Ikuti seluruh rangkaian pelatihannya untuk dapatkan pengalaman lengkap mendesain produk digital dari nol
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengimplementasikan prinsip dan sikap profesional dalam mendesain UI UX dengan standar nasional dan prosedur yang berlaku pada saat uji keterampilan dengan menunjukkan pemahaman materi setidaknya sebesar 60%
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Mampu menjelaskan pengertian, perbedaan, peran UI/UX dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja serta menanamkan mindset sebagai seorang UI UX Designer.
2. Mampu mengkonstruksikan langkah dan tahapan dalam penerapan Interface Design sebagai elemen dari usability product, serta mampu mengimplementasikan poin penting didalamnya dengan menunjukan sikap teliti dan kreatif.
3. Mampu mengimplementasikan prinsip Design Thinking, tahapannya, serta penerapannya dengan menunjukkan solusi dari sebuah pemecahan masalah-masalah yang kompleks.
4. Mampu memahami secara fundamental UI dan UX Designer, serta mengetahui potensi profesi UI UX Designers dalam dunia kerja.
5. Peserta menjalankan salah satu metode research yang paling akan sering digunakan oleh seorang UX Designer. Memahami fungsi dari research dengan memvalidasi solusi yang sebelumnya sudah dibuat.
6. Peserta mampu memahami penggunaan dari elemen interface dan bentuk proposional dalam membuat tampilan. Peserta juga mampu menyusun rancangan design produk tahap awal.
7. Mampu Mengevaluasi penerapan UX ; Hasil evaluasi UX disusun sesuai kebutuhan interaksi dengan pengguna yang telah ditetapkan. (unit kompetensi)
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Menganalisis bagaimana pengguna berpikir, merasakan, dan berinteraksi dengan produk.
2. Merancang prototipe dan menguji desain produk untuk mengevaluasi kualitas desain dan menemukan masalah yang mungkin muncul.
3. Membangun riset pengguna untuk mengumpulkan data dan umpan balik yang digunakan dalam proses desain.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Membangun ketrampilan dalam membuat prototipe dari desain produk seperti menggunakan software wireframe dan prototyping tool
2. Membuat sketsa observasi yang baik untuk memperhatikan detail dan menemukan masalah dalam desain produk.
3. Mercancang desain yang baik, termasuk kemampuan menggunakan perangkat lunak desain seperti Figma.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Mempelajari keterlibatan pengguna dengan produk dan meningkatkan minat terhadap produk tersebut.
2. Mengombinasikan pengalaman dan minat pengguna dalam produk.
3. Memformulasikan desain yang efektif yang membuat pengguna merasa produktif dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 35 tahun
Membawa Laptop saat pelatihan
Telah meng-install software balsamiq
Durasi Per Sesi
1. 1 / 19.00 - 20.00 WIB
Fundamental UI UX 60 menit
2. 1 / 20.00 - 21.00 WIB
Design Thinking 60 menit
3. 1 / 21.00 - 22.00 WIB
Pengenalan UX Design 60 menit
4. 2 / 19.00 - 21.00 WIB
UX Research dan Jenis-jenisnya 120 menit
5. 2 / 21.00 - 22.00 WIB
Flow Kerja UX Design 60 menit
6. 3 / 19.00 - 20.00 WIB
Interface Design 60 menit
7. 3 / 20.00 - 22.00 WIB
Merancang Wireframe 120 menit
8. 4 / 19.00 - 21.00 WIB
Pengenalan Figma 120 menit
9. 4/ 21.00 - 22.00 WIB
User Journey dan Flow 60 menit
10. 5 / 20.00 - 22.00 WIB
Desain aplikasi mockup dan interaksi desain 120 menit
11. 6 / 19.00 - 20.30 WIB
Pembuatan Final Project 90 menit
12. 6 / 20.30 - 21.00 WIB
Pembuatan katalog mockup hasil Final Project 30 menit
900 menit
Kapasitas Peserta
20 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring / Webinar
Metode Evaluasi
Pre Test
Quiz
Unjuk Kompetensi
Post Test
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
13-02-2023 s.d 17-02-2023,
27-02-2023 s.d. 3-03-2023,
13-03-2023 s.d 17-3-2023
Profil Pengajar
Dimas Bagas BaskoroManager Produksi - PT Inovasi Kualiva Abhipraya - 2021
Web Devloper - PT Inovasi Kualiva Abhipraya - 2021
Expertise Web Devlopment - Expertise Inovasika - 2022
Materi Pelatihan
0 Materi
Pilihan Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp2.000.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian