Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menulis Copywriting Iklan bagi Spesialis Periklanan

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Menulis Copywriting Iklan bagi Spesialis Periklanan

Oleh: Vokraf .

Pelatihan di Vokraf .

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Peserta akan mempelajari dasar-dasar teori copywriting - penulisan naskah, serta mempraktikkan proses memproduksi naskah iklan. Peserta akan diajarkan dalam membentuk brand dalam proses kreatif dengan pendekatan copywriting. Seluruh materi disusun bersama-sama dengan praktisi copywriting dan creative director di agensi dan perusahaan ternama di Indonesia.

Tujuan Umum Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat membuat kampanye iklan dengan efektif dan efisien.

Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu:
1. Menguasai dasar copywriting dan pengumpulan market insight
2. Menguasai teknik penulisan copy atau naskah
3. Merancang kampanye iklan untuk brand

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang dasar-dasar copywriting.
Materi : ‘Dasar copywriting’
● Pengetahuan : Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang kompetensi dan Unique Selling Point dalam copywriting.
Materi :‘Memahami kompetisimu dan USP’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang voice dan tone.
Materi : ‘Memahami voice dan tone anda’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang media.
Materi : ‘Memahami mediamu’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang teori persuasi.
Materi : ‘Teori persuasi: Hard Sell vs Soft Sell’’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang membuat diagram laba-laba.
Materi : ‘Membuat spider diagram’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang gaya-gaya dalam menulis naskah.
Materi : ‘Copywriting Styles’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang formula-formula dalam copywriting.
Materi : ‘Copywriting Formulas’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang headline dalam naskah.
Materi : ‘Headline’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang formula-formula dalam storytelling.
Materi : ‘Storytelling Formulas’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang pengenalan iklan media cetak.
Materi : ‘Pengenalan Iklan Media Cetak’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang tipe dan struktur media cetak.
Materi : ‘Tipe dan Struktur Media Cetak’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang pengenalan iklan audio visual.
Materi : ‘Pengenalan Iklan Audio Visual’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang format skrip iklan audio visual.
Materi : ‘Format Skrip Iklan Audio Visual’
● Pengetahuan: Peserta akan memperoleh pengetahuan tentang pengenalan iklan digital.
Materi : ‘Pengenalan Iklan Digitall’

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang elemen naskah yang baik.
Materi : ‘Elemen copywriting yang baik’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang membuat rencana dan ide yang besar.
Materi : ‘Merencanakan Big Idea’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang mengaduk perasaan dalam soft selling.
Materi : ‘Soft Sell: Mengaduk Perasaan’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang menulis naskah sederhana.
Materi : ‘Editing: Menulis Sederhana’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang mengoreksi naskah.
Materi : ‘Proofreading’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang menganatomikan iklan.
Materi : ‘Anatomi Iklan’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang kerangka komunikasi.
Materi : ‘Kerangka Komunikasi’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang menulis naskah iklan media cetak.
Materi : ‘Menulis Copy Iklan Media Cetak’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang menulis naskah iklan audio visual.
Materi : ‘Menulis Skrip Iklan Audio Visual’
● Keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan tentang menulis naskah iklan Facebook Ads.
Materi : ‘Menulis Skrip Facebook Ads’

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang produk dalam copywriting.
Materi : ‘Memahami produkmu’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang audiens dalam copywriting.
Materi : ‘Memahami audiensmu’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang memahami proyek copywriting.
Materi : ‘Pengenalan Proyek Copywriting’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang menghindari blok penulis.
Materi : ‘Menghindari writer’s block’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang cara memecahkan brief kreatif.
Materi : ‘Memecahkan Brief Kreatif’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang cara memecahkan brief iklan media cetak.
Materi : ‘Memecahkan Brief Iklan Media Cetak’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang cara memecahkan brief iklan audio visual.
Materi : ‘Memecahkan Brief Iklan Audio Visual’
● Sikap : Peserta akan memahami sikap tentang cara memecahkan brief iklan digital
Materi : ‘Memecahkan Brief Iklan Digital’

Kelompok Sasaran

1) Program ini dapat diikuti oleh peserta yang tidak buta huruf

2) Pendidikan minimal SMA

3) Memiliki perangkat pemrosesan kata seperti laptop, komputer, ataupun buku tulis dan alat tulis


Durasi Per Sesi
Topik 1 : Copywriting Basic & Insight Gathering (145 menit)

Topik 2 : Crafting Copy (317 menit)

Topik 3 : Working on a Campaign Project (50 menit)


Total Durasi
701 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Profil Pengajar
Angel Roberty, telah menangani berbagai brand di advertising agency multinational yaitu Lowe Indonesia, Dentsu Indonesia dan Leo Burnett. Kecintaannya terhadap dunia kreatif dan perilaku manusia telah membawanya meraih prestasi di Caraka, Pinashtika, Citra Pariwara, serta Young Spikes Asia. Kini Angel Roberty menjadi Associate Creative Director di advertising agency lokal dalam FAB Group yaitu What If Asia.

Ari Koeswardini mengawali karirnya sebagai Jr. Copywriter di MACS909, lalu berlanjut ke berbagai agency lokal & multinasional yaitu Pantarei Communications, Ogilvy & Mather, & Lion & Lion Agency. Prestasi yang pernah ia raih diantaranya Bronze Winner pada PInashtika 2015 dan Gold pada Citra Pariwara 2017. Kini Ari melanjutkan karirnya sebagai salah satu Creative Lead di Tokopedia.

Singgih Nugroho. Mengawali karirnya di tahun 2008 sebagai junior copywriter, Singgih telah bekerja dengan beberapa agensi advertising lokal dan multinational serta memenangkan beberapa penghargaan lokal serta internasional seperti Citra Pariwara, Andy Awards, Spikes Asia, AdFest, dan juga Cannes Lions. Kini ia bernaung di Traveloka sebagai Brand Creative Design Lead.

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Rabu, pukul 14:00 - 15:00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Panduan Redeem Voucher Lembaga Vokraf

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Buka vokraf.com  

3. Di tab paling atas terdapat tulisan “Anda Peserta Kartu Prakerja?” klik "Tukar Voucher"

4. Lanjutkan dengan Masuk (untuk yang sudah memiliki akun Vokraf) atau lanjutkan dengan Daftar dan mengisi formulir pendaftaran di form yang tersedia (untuk yang baru membuat akun Vokraf)

5. Masukkan Kode Voucher di kolom yang tersedia, lalu klik "Tukar"

6. Klik "Beli Kelas"

7. Klik "Mulai Belajar"

8. Pelatihanmu sudah bisa dimulai!


Kontak Lembaga Vokraf
Email: cs@vokraf.com
+62 812-8330-7269 (cs Vokraf)


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved