Webinar
UI/UX Designer: Tampilan Aplikasi Yang Mudah Digunakan
Oleh: Alterra Academy
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Terdapat 5000 lebih lowongan untuk posisi Designer UI/UX (LinkedIn dan Glints) tapi banyak yang masih kurang sesuai kebutuhan industri. Pelatihan ini telah disusun sesuai dengan kebutuhan serta feedback yang diperoleh dari mitra industri yang berisikan ui ux research dengan pengajaran design process framework hingga pembentukan UI akan berada pada materi Figma Introduction Interface Dimension , dan Mobile Guides.Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat desain menggunakan figma sesuai instruksi yang diberikan dengan menunjukkan nilai minimal 60% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
● Mampu menggunakan Design Process Framework dalam perencanaan pembuatan UI dan UX.
● Mampu mengetahui user yang akan menggunakan aplikasi.
● Mampu menerapkan pembuatan Affinity Diagram pada aplikasi yang dibuat.
● Mampu membuat wireframe berdasarkan affinity diagram yang telah dibuat. Mengajarkan juga terkait color, typface, font, grid, dan layouting.
● Mampu membuat wireframe pada figma dan desain sistem dalam sebuah interface yang menarik.
● Mampu menggunakan figma untuk membuat design mobile dan membuat prototyping dengan baik.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Menganalisis proses pembuatan design process framework
- Menganalisis jalur pembuatan user persona
- Menganalisis dasar-dasar pembuatan user journey
- Menganalisis pembuatan interface sesuai design principle yang ada
- Mengaplikasikan penggunaan tools yang digunakan untuk melakukan implementasi interface
- Mengaplikasikan design untuk pengguna mobile
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merespon penggunaan design process framework dalam dunia UI UX Desainer.
- Menyusun user persona sebagai dasar pembuatan user journey.
- Menyusun user journey/information architecture sebuah produk.
- Membangun user interface dengan menerapkan design principle.
- Membangun user interface dengan memanfaatkan tools bernama figma.
- Membangung user interface dan user experience untuk pengguna mobile.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Kreatif, Inovatif, Detail-oriented, Mampu bekerja dalam team
- Bertanggung jawab, Terbuka
- Dedikasi, Analitis
- Profesional, Berpikir kritis
- Fleksibel, Profesional
- Berorientasi pada solusi, Terus belajar.
Kelompok Sasaran
- Usia 18-60 tahun- Pendidikan minimal SMA
- Memiliki laptop dengan spesifikasi Core i3 2.5Ghz atau lebih, ram 4 Gb atau lebih, storage SSD/HDD 500 GB
- Memiliki koneksi internet upload 1 Mb dan download 4 Gb
- Memiliki ketertarikan terkait UI/UX Design atau dunia industri IT
Durasi Per Sesi
1 / 18.30 - 21.30 WIB Sesi 1: Design Process Framework 180 menit
2 / 19.00 - 21.30 WIB Sesi 2: Identifying User & Design Requirement (User Persona) 150 menit
3 / 19.00 - 21.30 WIB Sesi 3: Redefining Problem & Conceptual Model(Affinity Diagram) 150 menit
4 / 19.00 - 21.30 WIB Sesi 4: Design Principle dan Interface structure(Wireframe) 150 menit
5 / 19.00 - 21.30 WIB Sesi 5: Figma Introduction Interface Dimension 150 menit
6 / 18.30 - 21.30 WIB Sesi 6: Mobile Guides 180 menit
Total Durasi
1020 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta mencari masalah lalu dilakukan analisis menggunakan design framework design thinking, membuat user persia, dan melakukan tahap ideasi dengan brainstorming dan pembuatan infinity diagram. Selanjutnya peserta akan membuat flow dan wireframe, lalu dibuat user interface dari wireframe yang dibuat sebelumnya menggunakan figma.Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Jadwal Pelatihan
05-07-2023 s.d 14-07-2023, 19-07-2023 s.d 28-07-2023
Agustus
07-08-2023 s.d 16-08-2023, 23-08-2023 s.d 01-09-2023
September
06-09-2023 s.d 15-09-2023, 20-09-2023 s.d 02-09-2023
Profil Pengajar
Arief Lufthansah
Seorang senior UI UX Designer yang berpassion dalam membuat rancangan aplikasi dengan pendekatan ke pengguna. Lebih dari 6 tahun, Arief bertanggung jawab pada bidang UI UX Design. Arief menyukai prototyping yang dapat membantunya untuk melakukan model-model interaksi baru.
Tata cara reedem code untuk peserta Prakerja :
Daring/Online/Webinar :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung
Cara redeem Pelatihan Daring/Online :
- Klik Kursus Saya,
- Klik Kursus online,
- Kemudian pilih kursus yang kode redeemnya akan diredeem,
- Kemudian klik "mulai kursus", lalu masukan kode redeem prakerja dan klik "redeem kursus",
Luring/offline :
- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.
Kontak Lembaga Pelatihan
081230982662
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian