Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Saatnya Kamu Jadi #GenerasiBerpijar !

Kesempatan menjadi #GenerasiMahir bareng Prakerja

Tahun ini Program Prakerja punya skema berbeda yang pastinya lebih menarik dibandingkan tahun lalu lho. Nah, kalau kamu ingin tahu informasi tentang skema Program Prakerja di tahun 2023, persyaratannya, dan cara membeli pelatihannya, yuk simak informasinya di bawah ini.

Program Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan. 

Pijar Mahir adalah platform pembelajaran digital bersertifikat yang merupakan mitra resmi untuk Prakerja. Saat ini ada ratusan pelatihan dalam berbagai bidang untuk peserta Prakerja yang disediakan oleh Pijar Mahir.


Apa Perbedaan Skema Program Prakerja di tahun 2023 dengan Tahun-Tahun Sebelumnya?


Kalau selama ini, kamu merasa bahwa program Prakerja perlu diikuti untuk bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, kamu salah besar. Karena berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022, Rapat Komite Cipta Kerja telah memutuskan bahwa mulai tahun 2023 program Prakerja tidak lagi bersifat semi bantuan sosial, sehingga lebih difokuskan pada peningkatan keahlian dengan porsi biaya pelatihan yang lebih tinggi daripada insentif.

Adapun rincian insentif tersebut terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp150.000. Dalam Rapat Komite Cipta Kerja, pemerintah juga telah menetapkan besaran bantuan Prakerja 2023 sebesar Rp4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600.000 yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Selain itu, ada hal perbedaan lain yang mungkin kamu belum tahu nih, yaitu jika tahun-tahun sebelumnya pelatihan Prakerja harus diikuti secara online, maka tidak halnya dengan Prakerja tahun 2023 ini. Di tahun 2023 pengguna Prakerja mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan secara offline atau tatap muka langsung. Jadi, kamu bisa langsung bertukar pikiran dan berdiskusi langsung dengan seseorang yang ahli di suatu bidang. Wah menarik banget kan.

Durasi maksimal pelatihan Program Prakerja yang dilakukan secara offline/luring adalah 8 jam. Sedangkan durasi maksimal pelatihan Program Prakerja yang dilakukan secara online/ daring adalah 3 jam.  


Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Pijar Mahir


Kalau kamu sudah dinyatakan lolos Program Prakerja 2023, yuk segera pelatihan di Pijar Mahir dengan beberapa cara di bawah ini: 

  • Kamu bisa klik langsung logo Pijar Mahir di website www.prakerja.go.id atau buka www.pijarmahir.id/kartuprakerja
  • Pilih kursus/pelatihan yang kamu inginkan. Sekarang ada dua jenis pelatihan yang bisa kamu pilih di Pijar Mahir yaitu, pelatihan luring (offline) dan daring (online). Lalu Klik “Beli Sekarang”
  • Kemudian jika kamu memilih pelatihan luring, selanjutnya pilih jadwal yang tersedia dan sesuai untuk kamu sebelum pembayaran. Jika yang kamu pilih pelatihan online, lanjutkan langsung ke proses pembayaran
  • Pilih metode pembayaran menggunakan kartu Prakerja
  • Sebelum membayar, pastikan kamu menggunakan kode voucher 'GENERASIBERPIJAR' dengan cara klik bagian voucher di bagian bawah, atau dengan mengetik manual di bagian voucher di bawah
  • Pilih 'Bayar' dan kemudian masukkan nomor Prakerjka dan ikuti langkah selanjutnya
  • Selamat! Pelatihan telah berhasil kamu beli. Cek daftar pelatihan yang kamu beli di bagian 'Kursus Saya'
  • Jangan lupa, ikuti pelatihan sampai selesai dan isi Post-test dengan baik untuk mendapatkan insentif dari Program Prakerja dan Pijar Mahir


Gampang bukan? Nah, setelah mengikuti semua rangkaian pelatihan di Pijar Mahir, jangan lupa juga untuk mempraktekkannya langsung dikehidupan sehari-hari, ya! Karena tujuan pemerintah melaksanakan program Prakerja bukan untuk memberikan masyarakatnya bantuan berupa uang, melainkan tunjangan skill yang pastinya bisa kamu gunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru atau mungkin mengembangkan usaha yang sudah pernah kamu bangun. 

Untuk kamu yang ingin klaim insentif tambahan dari Pijar Mahir dan ikut undian uang tunai Rp 10,000,000; Jangan lupa cek syarat dan ketentuannya di bawah ini ya! Pastikan kamu mengikuti semua langkahnya dengan benar. 


Syarat #GenerasiBerpijar :


1. Gunakan saldo prakerja di Pijar Mahir minimal 2,000,000; masukkan kode voucher GENERASIBERPIJAR saat transaksi

2. Selesaikan pelatihan yang dibeli dan ikuti bootcamp gratis ‘Siap Mahir : Karir Konsultasi 101’ daftar di bit.ly/siapmahirgratis

3. Insentif Rp 500,000; akan dikirimkan setelah kamu menyelesaikan pelatihan dan mengikuti bootcamp

4. Ikuti undian uang tunai Rp 10,000,000; (bagi 2 orang beruntung) dengan cara unggah 1 video pendek di reels Instagram atau Linkedin kamu. Jangan lupa tag akun Pijar Mahir dan hashtag #JadiBisa #GenerasiBerpijar

5. Pastikan video yang diunggah berisikan CV pengenalan diri kamu, pengalaman kerja/organisasi/pendidikan, kelebihan soft skill dan hard skill yang dimiliki dan aspirasi pekerjaan impian kamu

6. Maksimal saldo Prakerja tersisa adalah 50% dari keseluruhan saldo yang diberikan

7. Pelatihan harus dibeli dan diselesaikan sebelum masa tenggat saldo hangus


Ketentuan #GenerasiBerpijar :


1. Insentif hanya berlaku bagi 100 peserta pertama yang menyelesaikan pelatihan dengan skor akhir tes minimal 80

2. Peserta wajib mengikuti sesi bootcamp gratis 'Siap Mahir : Konsultasi Karir 101'

3. Uang insentif akan diberikan setelah peserta menyelesaikan pelatihan dan mengikuti bootcamp ‘Siap Mahir : Konsultasi Karir 101’

4. Peserta yang sudah mendapatkan kesempatan bootcamp gratis diperbolehkan mengikuti undian

5. Pemenang undian akan dipilih berdasarkan kualitas konten, kreativitas dan penilaian publik (vote yang akan dilakukan di akhir periode)

6. Pemenang akan diumumkan di akhhir periode (1 minggu setelah periode gelombang selesai)

7. Keputusan panitia final dan tidak bisa diganggu gugat

Artikel Lainnya





logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved