Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Tes CPNS di Depan Mata, Berikut Rahasianya Agar Kamu Diterima di Instansi Yang Kamu Inginkan

Pada hari Jumat (27/08/2021), Pijar Mahir berkolaborasi dengan Job2Go mengadakan sebuah sharing session. Rangkaian acara dimulai dengan pemaparan tips dan kiat kiat tes CPNS 2021 bersama Febrianto Ramadhan Instruktur Materi CPNS Pijar Mahir dan Hafil Gusni Santana Aji Salah satu perwakilan yang telah lolos ujian CPNS Tahun 2018.

Dalam sharing session ini, Febrianto Ramadhan merupakan salah satu pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan memiliki latar belakang pendidikan Psikologi. Febrianto menjelaskan dengan jelas mengenai tahapan seleksi yang dilakukannya pada tahun 2018. Ada 3 Kompetensi yang akan diuji dalam Tes CPNS yaitu:

Knowledge (Pengetahuan)

Knowledge yaitu mengukur wawasan atau pengetahuan yang diketahui oleh peserta CPNS, hal tersebut diukur dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk mengasah kemampuan dalam Tes Intelegensi Umum (TIU) kita dapat mengikuti kelasnya di Pijar Mahir. Tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan knowledge adalah dengan banyak membaca serta berinteraksi dengan orang orang disekitar tujuannya agar dapat memperluas wawasan. 

Skills (Keterampilan)

Dalam Kompetensi ini keterampilan seseorang akan diukur, Kompetensi ini berada dalam Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kompetensi Teknis (TKT), Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK). Skills dapat diasah dengan banyak berlatih karena bukan hanya sekedar memori yang disimpan tetapi juga gerakan serta keluwesan kita dalam mengerjakan sesuatu. 

Attitude (Sikap)

Dalam kompetensi ini diukur dalam beberapa tes yaitu Test Karakteristik Pribadi (TKP), Psikotes, Wawancara, dan Form Critical Incident. Dalam tes tersebut para peserta akan diukur kemampuannya dalam menghadapi serta menyelesaikan suatu permasalahan dan konflik dalam waktu tertentu. Agar dapat melewati tes ini disarankan untuk membiasakan memiliki sifat berintegritas dan produktif dalam keseharian.

Pada penjelasan yang sudah dipaparkan oleh Febrianto banyak membahas mengenai kompetensi yang akan diuji dalam tes CPNS. Febrianto mengisi materi TIU dalam kelas Pijar Mahir untuk meningkatkan kompetensi Knowledge.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Hafil Gusni Santana Aji, salah satu peserta Tes CPNS yang lolos di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Hafil pun menjelaskan proses seleksi pelaksanaan Tes CPNS, waktu yang dihabiskan mulai dari penutupan pendaftaran hingga pengumuman hasil akhir adalah dua bulan setengah. Hafil menjelaskan bahwa setiap institusi yang dituju memiliki sistem seleksinya masing masing, hal yang membedakan antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan Direktorat Jenderal Pajak adalah setelah pelaksanaan CAT SKD (Seleksi Kompetensi Bidang) masih ada Tes SKB lainnya yang dirancang khusus oleh masing masing tim kepegawaian yang ada di institusi tersebut.

Hafil sudah mempersiapkan secara mendetail tujuan yang akan dicapainya pada saat Tes CPNS, Hafil menyarankan sebelum melaksanakan rangkaian tersebut ada baiknya untuk membaca hal sesuai dengan bidang yang dituju guna memperluas wawasan. Karena instansi yang dituju akan menyeleksi peserta secara mendetail mulai wawasan kebangsaan, secara pribadi, secara teamwork hingga seberapa besar komitmen yang dapat direpresentasikan.

Pada saat mendaftar peserta harus memperhatikan kualifikasi pendidikan pada jabatan yang dituju, sebisa mungkin melihat relevansi bidang yang dituju sesuai dengan kualifikasi pendidikan masing masing, atau yang sudah bekerja apakah sudah sesuai dengan latar belakang pekerjaan atau tidak.

Hafil menyampaikan beberapa tips untuk memilih bidang yang akan dituju:

Memilih institusi yang diminati

Memilih sesuai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang sesuai

Pertimbangan lain, seperti tingkat kompetisinya agar pendaftar mendapatkan gambaran untuk bidang yang dituju.

Tips Lulus Tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Baris / persamaan / Aljabar (Saat belajar fokuslah dengan sub bagian yang tidak bisa dikerjakan)

Latihan menghitung cepat tanpa kotretan untuk menghemat waktu

- Tes Wawasan Kebangsaan (TKW)

- Memperbanyak bacaan dan latihan soal

- Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Bagian ini akan fokus mencari kepribadian yang merefleksikan PNS ideal

Akan banyak pertanyaan rancu yang diajukan, tipsnya adalah pilihlah jawaban yang cenderung memberikan manfaat sosial bagi masyarakat sekaligus mengembangkan potensi diri.

Jika belum menemukan jawaban sesuai dengan point di atas, cari jawaban yang merefleksikan kesesuaian aturan.

Jawaban yang mengikuti arahan pimpinan (selama itu baik) 

Fokus pada kekuatan dan keahlian masing masing bagian (TIU/TWK/TKP) melalui buku dan pembelajaran online 

Pasang mindset bahwa setiap sub tes SKD sama sehingga pengerjaan dilakukan berurutan

Lewati pertanyaan yang memang tidak bisa dan kembali setelah selesai menyelesaikan soal yang bisa dikerjakan

Jika ada jawaban yang ragu lebih baik untuk dilewati saja terlebih dahulu dan catat sebagai jawaban yang belum dijawab

Jangan hanya set target di ambang batas, tapi berusaha semaksimal mungkin.

Tips lulus tahap SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

Pahami Nomenklatur Jabatan Pelaksanaan dan Jabatan Fungsional terkait Urusan Pemerintahan, Jabatan Kualifikasi Pendidikan dan Tugas Jabatan

Pahami institusi yang dilamar sesuatu Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri atau produk hukum relevan lainnya terkait Dasar Pembentukan Kementerian/ Lembaga/ Organisasi.

Pahami posisi unit kerja penempatan yang dilamar untuk CAT SKB dan juga relevansi terhadap latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

Pelajari isu-isu nasional terkini dan persiapkan statement sesuai pendirian anda.

Setelah memaparkan beberapa tips dan trik dalam menghadapi SKD dan SKB, Hafil membahas menjelaskan bahwa nilai SKD dan SKB memiliki bobot nilai yang sama sama besar, SKD memiliki bobot empat puluh persen sedangkan SKB memiliki bobot enam puluh persen. SKB akan dibawa hingga akumulasi nilai akhir. Dalam setiap proses peserta harus totalitas dalam meraih peringkatnya usahakan untuk selalu memimpin peringkat. sebelum menutup pembahasan Hafil menyampaikan beberapa pesan dan Motivasi sebagai berikut:

- Kenali medan perang

- Do the best

- Pantau setiap informasi proses seleksi

- Jangan menyerah

Webinar berjalan dengan Interaktif, antusiasme peserta dalam memberikan pertanyaan seputar pengalaman narasumber terkait tes CPNS sangatlah besar.

Harapan dari acara ini kepada peserta bisa menambahkan wawasan mengenai Kiat Menjalani Tes CPNS agar menjadi lulusan yang terbaik CPNS dan berhasil diterima di instansi yang diinginkan. Dengan penuh semangat dan perlu adanya persiapan dari diri, serta mengikuti tes dengan sungguh-sungguh, fokus, dan berserah diri. Acara luar biasa yang dibawakan oleh Febri dan Hafil memberikan antusias para peserta dan dapat menjawab seluruh pertanyaan yang telah diberikan secara baik dan sistematis.

 

Artikel Lainnya