Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

10 Tips Menyeimbangkan Pekerjaan Full Time dan Freelance

Kamu ingin semua pekerjaan full time dan freelance berhasil dikerjakan dengan baik namun tetap memiliki waktu untuk beristirahat atau bersantai? Kalau iya, yuk simak beberapa tips menyeimbangkan pekerjaan full time dan freelance di bawah ini.

Banyak yang bilang, mengerjakan pekerjaan full time dan freelance dalam waktu yang bersamaan rasanya sama seperti melakukan juggling bola. Padahal jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik hal ini gak akan terjadi kok. Sebaliknya, jika kamu menerapkan tips menyeimbangkan pekerjaan full time dan freelance, kamu malah tetap bisa memiliki waktu senggang yang bisa digunakan untuk istirahat.

Selain itu, kamu juga bisa selalu memberikan performa dan mendapatkan hasil yang terbaik pada kedua pekerjaan yang kamu lakukan.

Ragam tips menyeimbangkan pekerjaan full time dan freelance

Agar kamu bisa tetap selalu produktif dan memiliki waktu istirahat di tengah padatnya mengerjakan pekerjaan full time dan freelance, yuk simak beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan skala prioritas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan full time dan freelance adalah dengan menyusun skala prioritas dari mulai pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Namun, jangan lupa untuk membuat pekerjaan full time sebagai prioritas utama kamu. Setelah itu, kamu mulai bisa menyusun skala prioritas pekerjaan freelance yang akan mendekati deadline terlebih dahulu.

Jika ternyata dalam satu hari kamu berhasil mengerjakan pekerjaan full time dan freelance dalam waktu yang singkat, jangan paksakan diri untuk mengerjakan tugas untuk hari esok. Sebaliknya gunakan waktu senggang tersebut untuk sekedar beristirahat. Jangan ragu juga untuk menghentikan kebiasaan bekerja di hari libur ya, karena bagaimanapun juga tubuh dan pikiran butuh istirahat.

2. Kerjakan pekerjaan full time terlebih dahulu

Bagaimanapun pekerjaan full time merupakan kewajiban utama yang wajib kamu lakukan dengan baik setiap hari. Oleh karena itu, alangkah baiknya pekerjaan pertama yang kamu kerjakan pertama kali setiap hari adalah pekerjaan full time.

Jika kamu sudah mengerjakan pekerjaan full time dan sedang mengerjakan pekerjaan freelance, tapi tiba-tiba ada pekerjaan full time yang mendesak untuk dikerjakan, langsung berhenti mengerjakan pekerjaan freelance dan fokus mengerjakan pekerjaan tersebut ya.

3. Terapkan metode time blocking atau blokir waktu

Salah satu cara paling ampuh yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan full time dan freelance adalah dengan menerapkan metode time blocking. Metode time blocking atau yang biasa dikenal dengan monotasking adalah metode yang digunakan ketika kamu memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

Durasi melakukan metode time blocking untuk setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang satu jam, dua jam, bahkan hingga tiga jam. Namun, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan metode time blocking dengan kemampuan diri sendiri ya.

4. Istirahat secara rutin

Di sela-sela padatnya aktivitas yang kamu lakukan, jangan lupa juga untuk tetap mengambil jeda untuk melakukan istirahat secara rutin ya. Misalnya setelah bekerja selama 2 jam, tidak ada salahnya jika kamu mengambil waktu istirahat singkat dengan durasi 5-15 menit. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan membuatmu bisa semakin semangat mengerjakan semua pekerjaan full time dan freelance.

5. Dengarkan musik favorit

Meskipun terlihat sederhana mendengarkan musik favorit saat bekerja ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan membuatmu selalu semangat mengerjakan semua pekerjaan. Hal ini karena mendengarkan musik favorit saat bekerja bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih segar, sehingga produktivitas bisa meningkat.

 

6. Batasi sikap perfeksionis

Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat tubuh lebih mudah stres, lelah, dan menurunkan produktivitas kerja.

Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan. Karena bagaimanapun tidak ada satu orang pun yang tidak melakukan kesalahan dan kadang kesalahan itu justru bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

7. Tidur yang cukup

Ayo coba ingat-ingat lagi berapa durasi rata-rata tidurmu setiap hari? Kalau ternyata kurang dari 7 jam, ada baiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan ini ya. Karena tubuh yang lelah bisa menjadi salah satu pemicu produktivitas menurun, sehingga kamu tidak bisa mengerjakan pekerjaan full time dan freelance dengan baik.

Jadi usahakan untuk tidur minimal 6 jam setiap hari ya. Namun, alangkah baiknya jika kamu bisa tidur 7-8 jam setiap hari.

8. Konsumsi makanan bergizi

Sesibuk-sibuknya kamu saat bekerja, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah ya. Karena mengonsumsi makanan yang bergizi akan membuatmu tetap sehat, terhindar dari rasa lelah, dan meningkatkan produktivitas kerja. Jangan lupa juga untuk menghindari mengonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan berlemak atau banyak mengandung gula.

9. Rajin olahraga

Kalau ternyata kamu sudah lama tidak berolahraga, yuk mulai lakukan lagi kebiasaan ini. Gak perlu olahraga yang lama dan susah kok. Kadang jalan kaki 5-15 menit saja sudah cukup ampuh untuk membuat produktivitasmu meningkat. Olahraga juga bisa kamu lakukan di hari libur, seperti akhir pekan atau hari libur nasional.

10. Jangan paksakan diri

Pekerjaan freelance memang jumlahnya tidak menentu. Kadang dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan banyak tawaran pekerjaan freelance, namun kadang juga tidak sama sekali. Agar pekerjaan full time dan freelance bisa tetap seimbang, ada baiknya kamu tidak memaksakan diri dengan menerima semua tawaran pekerjaan freelance. Karena jangan sampai kamu malah sakit dan produktivitas menurun hanya demi mengejar pekerjaan freelance.

Nah, itu tadi beberapa tips mengerjakan pekerjaan full time dan freelance yang bisa kamu lakukan. Ternyata jika kamu mengetahui cara yang tepat, pekerjaan full time dan freelance bisa terlihat lebih mudah untuk dijalankan ya.
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved