Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

4 Cara Membuat Komik Strip untuk Kebutuhan Komersil

Tahukah kamu saat ini komik (khususnya komik strip) bisa menjadi salah satu media yang digunakan untuk melakukan pemasaran suatu produk lho. Kalau kamu ingin tahu cara membuat komik strip, yuk simak informasinya di bawah ini.

Komik adalah media untuk berekspresi melalui gambar yang dikombinasikan dengan teks atau bentuk informasi visual lainnya dan biasanya memiliki halaman yang cukup banyak. Sedangkan komik strip adalah gabungan beberapa gambar yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi suatu cerita pendek. Pada awalnya komik strip dibuat untuk tujuan menghibur pembaca. Namun, saat ini komik strip juga digunakan sebagai salah satu media pemasaran suatu produk atau jasa.

Saat ini komik strip bisa dengan mudah kamu lihat di koran, majalah, dan bahkan media sosial. Sementara sebuah buku komik dapat kamu temukan di toko buku atau perpustakaan.

Manfaat membuat komik strip

Pada dasarnya komik strip memiliki beberapa manfaat untuk penjualan produk atau jasa yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu:

· Mengenalkan produk atau jasa dengan lebih mudah

· Meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa

· Memudahkanmu untuk mendapatkan pelanggan setia

· Membuat produk atau jasa menjadi lebih mudah dikenal

Cara membuat komik strip

Menariknya, kadang saat ini kamu gak harus selalu memiliki kemampuan gambar yang baik untuk membuat komik, karena kamu bisa menggunakan tools atau alat untuk membuat komik. Beberapa cara membuat komik strip yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Pilih tools atau alat yang sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini untuk membuat komik strip kamu gak harus selalu bisa menggambar. Hal paling penting adalah kamu bisa menggunakan tools atau alat untuk membuat komik dengan baik. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat komik, seperti Canva, Pixton, Toondo, Photoshop, dan Strip generator. Menariknya setiap alat juga memiliki karakternya masing-masing.

Misalnya di Canva biasanya sudah ada template dan beberapa pilihan gambar pelengkap untuk membuat komik. Sedangkan di Photoshop kamu harus bisa membuat template dan menggambar tokoh komik sendiri.

2. Tentukan konsep atau ide cerita

Hal kedua dan merupakan tahapan paling penting yang bisa kamu lakukan untuk membuat komik strip adalah menentukan konsep atau ide cerita. Misalnya kamu ingin membuat komik strip yang berisi tentang definisi produk, tips menggunakan produk, atau cara melakukan pembelian.

Karena komik strip biasanya memiliki gambar yang tidak banyak, maka ada baiknya dalam satu komik strip kamu hanya menyampaikan satu pesan saja. Misalnya satu komik strip untuk menjelaskan satu produk. Kalau ada banyak produk yang ingin diperkenalkan, maka kamu bisa membuat beberapa komik strip.

Umumnya dalam satu komik strip hanya berisi empat kotak yang berisi gambar dan pesan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menentukan konsep cerita dengan sebaik mungkin. Saat membuat komik strip, ada baiknya juga jika kamu menciptakan suatu tokoh atau ikon. Tokoh inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk semua komik strip yang akan dibuat.

3. Tentukan alur cerita

Setelah kamu memiliki konsep cerita atau pesan yang ingin disampaikan, sekarang saatnya kamu mulai membuat alur cerita dalam bentuk tulisan. Misalnya saja diawali dengan tokoh utama yang memberi salam kepada tokoh pendukung dan setelah itu tokoh utama memberikan informasi, atau apapun itu. Hal paling penting yang perlu kamu lakukan saat menentukan jalan cerita, pastikan ceritanya tetap singkat, padat, dan jelas ya.

4. Buat gambar yang menarik

Selanjutnya, kamu mulai bisa membuat gambar dengan tools atau alat membuat komik, sesuai dengan cerita yang sudah kamu buat. Namun, kalau kamu masih bingung untuk membuat gambar langsung menggunakan tools, kamu bisa membuat gambar di selembar kertas terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mulai membuat gambar menggunakan tools.

Jika gambar yang kamu buat sudah selesai, jangan lupa juga untuk menambahkan gambar lain dan tambahan komponen yang menarik. Namun, usahakan juga untuk tidak memasukkan terlalu banyak warna ya.

Tips membuat komik strip

Agar komik strip yang kamu buat bisa semakin bagus dan bisa dengan mudah dipahami oleh pelanggan atau calon pelanggan, yuk simak tips membuat komik strip di bawah ini:

· Pilih font yang mudah dibaca

· Gelembung atau balon ucapan harus ditempatkan secara ideal dan cobalah untuk tidak tumpang tindih adegan penting dalam gambar

· Pastikan penunjuk balon berisi ucapan ditempatkan dengan benar

· Pastikan ada jarak yang cukup antara teks dan tepi bagian dalam balon

· Konsisten dalam menggunakan warna sesuai dengan ciri perusahaan

Nah, itu tadi beberapa cara dan tips membuat komik strip yang bisa kamu lakukan. Ternyata pada dasarnya membuat komik strip tidak sesulit yang dibayangkan ya.

 

Yuk belajar lebih jauh tentang komik strip

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang cara membuat komik, yuk ikut kelas “Membuat Komik Profesional Kebutuhan Untuk Kebutuhan Komersil”. Karena di kelas ini kamu akan belajar tentang prinsip pembuatan komik strip, langkah membuat komik strip, dan memanfaatkannya untuk kepentingan komersil. Pada pelatihan ini, kamu juga akan diajarkan pola yang baik dalam pengembangan cerita komik strip, pengembangan karakter pada komik strip, dan langkah per langkah dalam membuat komik strip.

Selain itu, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya yaitu, Faza Meonk. Faza Meonk adalah komikus terkenal dengan karya terbesarnya adalah serial komik Si Juki. Komik Si Juki saat ini telah yang telah ada di berbagai platform media sosial.

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materi dari video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store terlebih dahulu.

Referensi

https://www.imagineforest.com/blog/how-to-create-a-comic-strip/ 

https://www.definitions.net/definition/comics

https://www.getlitt.co/blog/how-to-make-a-comic-strip/

https://sea.mashable.com/tech/1705/4-free-sites-for-creating-your-own-comics

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved