Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

5 Cara Mengoptimasi SEO On Page

Kamu ingin membuat website yang dibuat bisa muncul di halaman pertama Google? Kalau iya, yuk coba cari tahu cara mengoptimalkan SEO on page di bawah ini.

SEO (search engine optimization) adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan website agar bisa berada di halaman pertama Google. Hal ini biasanya digunakan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen, sehingga bisa meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.

Yuk, Cari Tahu Pengertian SEO On page dan SEO Off page

Pada dasarnya SEO bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah usaha untuk meningkatkan kemungkinan website agar bisa berada di halaman pertama Google dengan cara memaksimalkan konten yang ada di website.

Sedangkan SEO off page adalah usaha untuk meningkatkan kemungkinan website yang kamu miliki agar bisa dikenal banyak orang dari luar website. Misalnya dengan mempromosikan website yang kamu miliki di forum-forum online atau media sosial. SEO off page juga secara tidak langsung bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas website.

Untuk meningkatkan kemungkinan website yang kamu miliki berada di halaman pertama Google, kamu disarankan untuk mengoptimalkan SEO on page dan SEO off page secara bersamaan. Selain itu, SEO on page dan SEO off page juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah traffic atau pengunjung website.

Cara mengoptimalkan SEO on page

Pada dasarnya konten yang perlu dimaksimalkan dalam SEO on page, bukan saja bisa berupa artikel, tapi juga link website, poster, infografis, dan semua konten yang ada dalam suatu website. Beberapa cara mengoptimalkan SEO on page, yaitu:

1. Buat blog

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO on page adalah dengan membuat blog. Karena bisa dibilang blog merupakan kunci utama untuk bisa meningkatkan website yang kamu buat agar bisa muncul di halaman pertama Google. Membuat blog bukan berarti kamu harus selalu membuat satu blog khusus yang memiliki link berbeda dari website yang sudah dimiliki ya.

Kadang kala untuk membuat blog, kamu hanya perlu membuat satu halaman khusus di dalam website. Blog ini nantinya bisa kamu isi dengan artikel atau berbagai konten yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Namun, usahakan juga isi konten yang kamu buat masih sejalan dengan bisnis yang kamu buat ya.

Misalnya saja jika bisnis yang kamu buat bergerak di bidang kuliner, maka usahakan konten-konten yang dibuat masih berhubungan dengan bidang kuliner. Contohnya informasi mengenai resep, berbagai pilihan makanan khas nusantara, atau tips mencuci peralatan dapur.

2. Persingkat permalink

Ayo coba lihat lagi permalink website yang kamu miliki, apakah memiliki link yang sangat panjang? Jika ternyata link yang kamu buat masih sangat panjang, ada baiknya kamu memotongnya menjadi lebih singkat. Karena mempersingkat permalink juga merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa digunakan untuk memaksimal SEO on page.

Namun, pastikan juga permalink yang kamu miliki tetap mencerminkan isi konten yang kamu miliki ya.

3. Buat artikel yang selengkap mungkin

Bisa dibilang saat ini artikel merupakan salah satu komponen utama dalam SEO on page. Karena artikel bisa memungkinkan website yang kamu miliki berada di halaman pertama Google. Untuk memaksimalkan artikel yang kamu miliki, jangan lupa untuk menulis artikel yang selengkap mungkin.

Artikel yang lengkap tidak selalu panjang dan artikel yang panjang tidak selalu lengkap. Jadi, saat menulis artikel usahakan untuk memasukkan informasi yang singkat, padat, jelas, dan selengkap mungkin. Hingga saat ini Google juga tidak pernah mengeluarkan aturan yang tepat mengenai panjang artikel yang SEO friendly.

Biasanya artikel yang bisa muncul di halaman pertama Google memiliki panjang 700-900 kata. Namun, hal ini juga tidak menjadi patokan karena panjang artikel bisa berbeda untuk setiap topik. Misalnya saja artikel tentang karier biasanya memiliki panjang 800-900 kata, sedangkan artikel tentang kesehatan biasanya berkisar 500-800 kata. Kalau kamu ingin tahu cara lebih lanjut tentang cara membuat artikel SEO, baca artikel ini ya “ Ssst, Ini 6 Cara Membuat Artikel SEO”.

4. Masukkan alt images

Alt images adalah kata kunci yang harus dimasukkan dalam gambar yang ada di website. Hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan konten yang yang kamu buat muncul di kolom “Images” Google. Beberapa konten di bahkan lebih dikenal banyak orang karena gambarnya muncul di halaman pertama Google Images dan bukan karena kontennya yang masuk di halaman pertama Google.

5. Masukkan internal link dan eksternal link

Hal lain yang tidak boleh terlupakan saat memaksimalkan konten di website adalah memasukkan internal link dan eksternal link. Internal link adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di website yang sama. Sedangkan eksternal link adalah tautan yang menghubungkan dua halaman di website yang berbeda.

Kedua hal ini juga sangat bermanfaat untuk membuat konten yang kamu miliki semakin baik dan meningkatkan kemungkinan website yang kamu miliki masuk halaman pertama Google.

Nah itu, beberapa kunci utama yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO on page, sehingga kemungkinan website yang kamu miliki muncul di halaman pertama Google juga semakin besar.

 

Yuk, belajar lebih lanjut tentang SEO on page dan Off page

Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut tentang cara memaksimalkan SEO on page dan SEO Off page, yuk ikut kelas “Belajar Optimasi Mesin Pencarian (SEO) Untuk Menjadi Manager Marketing”. Karena di pelatihan ini kamu akan belajar lebih lanjut tentang hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi search engine secara organik. Darimulai memahami peran kerja SEO, mengimplementasikan SEO On-Page Optimization, dan SEO Off-Page Optimization, hingga mampu membaca serta menyajikan data secara komprehensif untuk kebutuhan kampanye marketing.

Selain itu, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Muhammad Ganesha Nugraha. Muhammad Ganesha Nugraha merupakan seorang SEO Specialist pada perusahaan BUMN yang bergerak di ranah digital. Dia telah berpengalaman sejak 2016 menangani optimasi mesin pencarian di berbagai startup.

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materi dari video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store..

Referensi

https://ahrefs.com/blog/on-page-seo/

https://terakeet.com/blog/on-page-seo/

https://neilpatel.com/blog/everything-you-need-to-know-about-off-page-seo/

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved