Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

5 Teknik Dasar Fotografi yang Wajib Dipelajari

teknik dasar fotografi

Tertarik mendalami dunia fotografi? Kamu perlu mengasah dan mempelajari teknik-teknik dasar fotografi agar foto yang dihasilkan memiliki hasil yang maksimal. Beberapa teknik dasar fotografi ini juga memungkinkanmu merambah dunia fotografi yang lebih profesional lho


Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai teknik dasar fotografi di sini!


5 Teknik Dasar Fotografi untuk Pemula Hingga Profesional


Mengoperasikan kamera memang rumit, dengan banyak fitur dan teknik fotografi, seorang fotografer pemula biasanya akan merasa bingung, kewalahan, dan akhirnya menyerah.



Baca juga: 7 Cara Membuat Animasi Bergerak



Jika kamu merasa kesulitan menguasai fotografi, jangan putus asa dulu! Sebab, fotografi memang bukan hal yang mudah untuk dikuasai. Butuh banyak waktu, latihan, dan jam terbang untuk menjadi fotografer profesional. Yuk, simak teknik dasar fotografi yang wajib dipelajari secara mendalam.


1. Framing atau Komposisi


Komposisi dapat diartikan sebagai susunan yang dalam istilah fotografi memiliki arti susunan foto dalam batasan satu ruang. Cara dalam menyusun elemen pada objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto.


Teknik dasar fotografi ini sendiri ada banyak jenisnya, kamu bisa menggunakannya untuk menghasilkan karya ataupun sekedar bereksperimen. Terdapat beberapa panduan yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan skill teknik fotografi yang kamu miliki.


2. Fokus


Agar hasil foto yang kamu hasilkan terlihat bagus, objek yang kamu pilih harus terlihat fokus. Seorang fotografer harus membiasakan diri membidik objek dengan fokus walaupun dalam keadaan under pressure. Saat ini, rata-rata lensa kamera sudah dilengkapi dengan fitur Auto Focus (AF) yang dapat membantumu menangkap objek secara jernih dan fokus.


3. Depth of Field


Depth of field (DOF) adalah cara lensa dalam menampilkan kedalaman ruang berdasarkan perbedaan rentang jarak objek dalam menghasilkan variasi fokus pada foto. Teknik ini, foto yang diambil bisa memiliki ketajaman sempurna dan tampak lebih menonjol dari yang lain.


Kalau kamu menggunakan kamera modern, DOF ini mirip sekali dengan efek bokeh. Jadi, hanya ada satu objek yang jadi fokus dan hasilnya tajam. Objek lain di belakangnya umumnya jadi blur tapi tidak sempurna.


Blur yang mengelilingi foto yang tajam juga harus memiliki transisi yang baik. Jadi, foto terlihat lebih natural. Oleh karena itu, pengambilan foto secara manual dengan mempertimbangkan banyak aspek dan faktor sangat penting untuk dipelajari.


4. Pencahayaan


Teknik dasar fotografi yang wajib kamu pelajari berikutnya adalah mengatur pencahayaan. Hasil sebuah foto sangat ditentukan oleh pencahayaan yang ada. Foto yang baik adalah foto dengan pencahayaan yang pas, tidak under, dan over exposure.


5. RAW Processing


Teknik dasar fotografi terakhir yang wajib kamu pelajari adalah RAW processing. Metode ini mengacu pada teknik pengambilan foto secara mentah tanpa melakukan proses kompres. Bagi kamu yang belum tahu, kompres dapat mengurangi kualitas pada foto sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal.


Foto yang diraih dari teknik RAW sejatinya adalah sebuah variabel, sehingga perlu melalui proses pengolahan. Maka dari itu, supaya hasil foto bisa lebih berkualitas, kamu bisa menggunakan software khusus fotografi untuk mengedit dan mengolah foto.


Memahami teknik dasar fotografi, maka kamu akan jadi lebih mudah untuk mencoba mempraktikannya. Selain itu, jangan lupa untuk berani mencoba eksplorasi dan bereksperimen untuk mencari tahu seperti apa style yang paling sesuai denganmu, ya!


Beberapa teknik dasar fotografi yang bisa diterapkan untuk membantu mengasah kemampuan fotografimu. Namun, kalau kamu ingin mengikuti kelas fotografi agar bisa berinteraksi langsung dengan pengajar profesional, kamu bisa mengunjungi kelas pelatihan yang disediakan oleh Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved