Blog

| iProspect

5 Cara Kelas Menulis Online Paling Efektif

kelas menulis online

Menulis adalah salah satu sarana dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. Kemampuan menulis juga kini semakin dibutuhkan banyak perusahaan.


Makanya, kamu yang punya ketertarikan di dunia tulis menulis perlu paham bagaimana teknik menulis dengan benar. Oleh karena itu, yuk cari tahu lebih lanjut tentang lima teknik menulis dan rekomendasi kelas menulis online di bawah ini!


Kenapa Kemampuan Menulis Dibutuhkan?


Ada berbagai alasan mengapa kemampuan menulis ini dibutuhkan. Beberapa di antaranya, yakni:


  • Melansir halaman Healthline, dari segi kesehatan, menulis pada dasarnya mampu meredakan stres, memperbaiki suasana hati, bahkan meningkatkan daya ingat.


  • Dari segi profesionalitas, kemampuan menulis dibutuhkan untuk berbagai pekerjaan kantoran. Mulai dari berkomunikasi lewat email, membuat presentasi powerpoint, bahkan menulis proposal dan laporan kegiatan di kantor.


Selain itu, kebutuhan terhadap orang-orang yang punya kemampuan menulis makin dibutuhkan oleh brand atau perusahaan untuk menulis hal-hal spesifik mengenai industri mereka, seperti kecantikan, tempat wisata, kesehatan, dan lain-lain. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas menulis online yang kini telah banyak di Indonesia.


5 Teknik Menulis Efektif dari Kelas Menulis Online


Lalu, bagaimana cara menulis dengan baik dan efektif? Di kelas menulis online biasanya akan diajarkan teknik-teknik tertentu. Beberapa yang bisa kamu praktikkan, antara lain:


1. Menulis dengan kerangka


Agar bisa menulis efektif, kamu bisa memulainya dengan membuat kerangka tulisan. Keberadaan kerangka tulisan ini berfungsi sebagai kompas bagi penulis.


Cara membuatnya bisa dengan menentukan kata kunci apa yang ingin digunakan. Kata kunci ini juga bisa jadi tema tulisan yang akan kamu buat. Setelah punya kata kunci, barulah kamu menjabarkannya ke dalam poin-poin yang ingin kamu bahas.


2. Menulis sesuai 5W+1H


Mereka yang sudah lama bergelut di dunia kepenulisan, apalagi jurnalistik, tentu sudah paham mengenai istilah 5W+1H. 5W+1H, hal ini juga biasanya akan diajarkan di kelas menulis online, hal-hal tersebut meliputi:


  • What: Apa yang terjadi?


  • Who: Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?


  • Why: Mengapa hal itu bisa terjadi?


  • When: Kapan terjadinya peristiwa itu?


  • Where: Dimana peristiwa tersebut terjadi?


  • How: Bagaimana peristiwa itu terjadi?


Dari pertanyaan inilah, kamu kemudian bisa mengembangkan ide tulisan dengan menjabarkannya secara rinci.


3. Menulis bebas secara terurut


Teknik menulis ini juga biasanya disebut mengalir bebas. Saat mengalami kebuntuan, cara terbaik untuk memancing tulisan bisa dengan membiarkan jemari dan isi kepalamu mengalir apa adanya.

Lakukan selama mungkin hingga kamu menemukan momen AHA untuk membuat tulisan tersebut berurutan.


4. Menulis buritan


Berikutnya ada teknik menulis buritan yang bisa kamu coba di kelas menulis online. Caranya bisa dimulai dengan menulis bagian utamanya terlebih dahulu, lalu kembangkan isinya hingga satu paragraf.


Setelah itu, bikin tulisan flashback ke belakang demi mendapatkan alasan mengapa bagian utama tadi bisa terjadi. Mudah ‘kan?


5. Menulis berdasarkan data


Terakhir, kamu bisa menulis berdasarkan data atau informasi yang lagi happening. Ketika menyebut kata ‘data’, tidak sedikit orang yang langsung membayangkan angka.


Nah, angka-angka inilah yang kemudian bisa kamu jabarkan satu per satu dalam bentuk kalimat, sehingga tercipta tulisan yang bergizi.


Rekomendasi Kelas Menulis Online


Bagi kamu yang bingung mencari kelas menulis online, tidak ada salahnya untuk mengecek pijarmahir.id. Di PijarMahir, terdapat kelas menulis online yang bisa kamu ikuti.


Di kelas ini nantinya kamu diharapkan untuk dapat membuat tulisan-tulisan yang dapat dicerna oleh orang-orang dari berbagai latar belakang. Tidak hanya itu, melalui menulis populer kamu akan bisa membangun pola penulisan yang lebih menarik, mengasyikkan, dan menghibur jika dibandingkan dengan tulisan formal lainnya.


Kelas menulis online ini juga akan menyiapkan kamu untuk mulai berani mahir menulis secara populer untuk media arus utama dan media sosial oleh ahlinya. Dengan begini, kamu akan bisa menguasai teknik menulis dan menjual tulisanmu di dunia maya. Seru 'kan?

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved