Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Tempat Kerja

Tahukah kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik di tempat kerja ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan karier lho. Kalau kamu ingin tahu cara meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja, yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Untuk meningkatkan karier, seseorang tidak hanya perlu bekerja dengan sebaik mungkin, tapi juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Kemampuan komunikasi yang diperlukan dalam dunia kerja juga tidak hanya kemampuan untuk berkomunikasi secara verbal atau langsung, tapi juga kemampuan komunikasi secara tertulis.

Kenapa memiliki kemampuan komunikasi yang baik penting dilakukan?

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik bermanfaat untuk membuatmu bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan lebih baik dan efisien, serta memudahkanmu untuk bisa berdiskusi dengan semua rekan kerja.

Selain itu, memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga bermanfaat untuk memudahkanmu membangun relasi yang kuat dengan semua karyawan baik dari jabatan yang paling tinggi hingga jabatan yang tidak tinggi sekalipun. Hal inilah yang bisa berperan untuk membantumu meningkatkan karier di masa depan. Karena untuk beberapa perusahaan dua hal penting yang akan dinilai dan dipertimbangkan untuk menawarkan promosi jabatan kepada seorang karyawan adalah kemampuannya dalam mengerjakan semua pekerjaan utamanya dengan baik dan kemampuan komunikasi yang baik dengan semua karyawan. Dua kemampuan ini juga bisa membuat seseorang menjadi pemimpin yang sangat baik di tempat kerja dan membantu perusahaan mencapai visi dan misi.

Nah, jadi sekarang kebayangkan betapa pentingnya meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik di tempat kerja.

Cara meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja

Pada dasarnya cara meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja berikut ini, tidak hanya bisa kamu praktekkan saat berkomunikasi secara langsung ya, tapi juga saat kamu berkomunikasi melalui tulisan, misalnya saat mengirimkan email atau chat di Whatsapp.

Beberapa cara meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja, yaitu:

1. Pahami dengan siapa kamu berbicara

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja adalah memahami lawan bicara. Misalnya saja jika kamu berbicara dengan manajer, orang yang usianya jauh lebih tua, atau lebih muda, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang cukup formal. Namun, jika kamu berbicara dengan rekan kerja yang usianya sebaya denganmu, kamu bisa menggunakan kata-kata yang semiformal.

Selain itu, pastikan juga kamu selalu menggunakan nada suara yang tidak terlalu tinggi dan rendah dengan semua lawan bicaramu ya.

2. Sampaikan maksud dan tujuan dengan sejelas mungkin

Kadang salah satu hal yang bisa membuat topik diskusi yang kamu bicarakan tidak bisa dipahami oleh lawan bicara adalah karena kamu tidak bisa menyampaikan maksud dan tujuan dengan baik. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebelum berbicara kepada rekan kerja, ada baiknya kamu tuliskan di buku catatan topik atau maksud dan tujuan apa yang benar-benar ingin kamu sampaikan.

Setelah itu kamu bisa berlatih menyusun kalimat yang singkat, padat, dan jelas sesuai dengan topik dengan yang ingin disampaikan. Hal ini akan membuat waktu diskusimu dengan lawan bicara terasa lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu.

3. Perhatikan waktu dan tempat

Memperhatikan waktu dan tempat yang baik juga merupakan salah satu cara paling penting yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja. Karena berkomunikasi di waktu dan tempat yang baik bermanfaat agar semua hal yang ingin kamu sampaikan, bisa dipahami oleh lawan bicara dengan baik.

Cara memperhatikan waktu dan tempat untuk berkomunikasi cukup mudah kok. Misalnya saja hindari membicarakan pekerjaan di waktu istirahat setelah jam kantor atau ketika istirahat. Selain itu, hindari juga membicarakan pekerjaan saat lawan bicaramu sedang sangat sibuk dengan pekerjaannya. Hal ini bisa kamu terapkan saat berkomunikasi secara tidak langsung, misalnya saat mengirimkan email atau chat di whatsapp.

 

4. Berbicara dengan postur tubuh yang baik

Meskipun terlihat sederhana, menunjukkan postur tubuh yang baik juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik. Caranya dengan duduk dengan posisi duduk yang tegak dan mata yang fokus memandang lawan bicara. Karena hal ini akan membuat lawan bicaramu merasa lebih dihargai.

Menunjukkan postur tubuh yang baik juga tidak hanya perlu dilakukan saat kamu berkomunikasi secara langsung, tapi juga saat kamu berbicara secara online melalui Zoom atau Google Hangout ya.

 

5. Jadi pendengar yang baik

Salah satu kesalahan yang kadang dilakukan oleh seorang karyawan adalah mendengarkan untuk membalas, bukan mendengarkan untuk memahami. Padahal untuk bisa memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, hal lain yang perlu kamu latih dan rutin lakukan adalah menjadi pendengar yang baik dan memahami semua kata yang disampaikan lawan bicara. Agar kamu bisa memahami dengan baik semua hal yang disampaikan lawan bicara, jangan lupa untuk fokus dan mendengarkan semua hal kecil yang disampaikan lawan bicara.

Setelah kamu bisa memahami dengan baik maksud dan tujuan yang ingin disampaikan lawan bicara, kamu bisa memberikan tanggapan atau saran dari kalimat yang diucapkan. Namun, jangan lupa juga untuk menyampaikan tanggapan dengan kata-kata yang sebaik mungkin, Jangan sampai kamu menggunakan kata-kata yang bisa menyakiti perasaan orang lain.

6. Kontrol emosi dengan sebaik mungkin

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang saat berbicara dengan rekan kerja mungkin ada kata-kata dari rekan kerja yang menurutmu kurang sesuai dengan dan cukup menyakitkan untuk didengarkan. Ketika hal ini terjadi, kontrol emosi yang kamu miliki dengan sebaik mungkin. Setelah itu sampaikan dengan cara yang lembut bahwa ada kata-kata yang cukup menyinggung perasaanmu.

Jika kamu ingin memberikan pembelaan pada kalimat yang disampaikan, sampaikan pembelaan tersebut dengan kalimat yang sebaik mungkin tanpa menyakiti perasaan lawan bicara sama sekali.

Meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja, memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai mempraktekkan beberapa cara meningkatkan kemampuan komunikasi di tempat kerja, berdasarkan informasi di atas.

Yuk ikut kelas “Membangun Kemampuan Berkomunikasi sebagai Tenaga Perkantoran Umum”

Kalau kamu ingin belajar dan mengetahui lebih lanjut tentang cara meningkatkan komunikasi di tempat kerja, yuk ikut kelas “Membangun Kemampuan Berkomunikasi sebagai Tenaga Perkantoran Umum”. Karena di kelas ini kamu akan belajar cara mengidentifikasi kemampuan diri dalam berkomunikasi efektif, menjadi komunikator dan komunikan yang efektif, hingga melakukan evaluasi dan tindak lanjut pengembangan kemampuan berkomunikasi efektif.

Jika mengikuti kelas ini, kamu juga akan diajarkan oleh ahlinya yaitu Ike Widyawati S.T dan Heria Windasuri, S.I.Kom yang sudah berpengalaman selama belasan tahun dalam bidang komunikasi. Jadi tunggu apa lagi. Yuk, daftar kelasnya sekarang juga.

Referensi

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-improve-communication-skills

https://www.glassdoor.com/blog/guide/communication-skills-in-the-workplace/

https://www.kellyservices.ca/ca/careers/career-resource-centre/managing-your-career/nine-tips-for-improving-your-interpersonal-skills/

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved