Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| superadmin

6 Langkah Membuat Website Dari Nol Sampai Jadi

Di era digital, kehadiran website memang sudah sangat dibutuhkan ya. Bahkan sebuah bisnis tanpa website saat ini akan tertinggal jauh. Kian banyak industri menggunakan web dalam bisnis mereka lho.  

Bahkan branding dan promosi produk juga bisa dengan memanfaatkan web. Inilah kesempatanmu untuk mempelajari cara membuat website. Karena sudah pasti banyak sekali yang membutuhkan jasanya. 

Banyak yang bingung membuat website karena Bahasa pemrograman yang cukup rumit dan memusingkan. Sebenarnya membuat website kini jauh lebih mudah lho karena sudah banyak platform pembuat web yang user friendly. Yuk, simak ulasannya di bawah ini! 

Langkah Membuat Website dari Nol Sampai Jadi 

Jika kamu merasa ribet dengan proses pembuatan web yang cukup sulit. Nah, kini kamu sudah ada di tempat yang tepat lho. Yuk ikuti langkahnya cara membuat website dari nol sampai jadi : 

1. Menentukan Jenis Website 

Sebelum melangkah lebih jauh, tahukah apa tujuanmu memiliki web? Dengan mengetahui tujuan web tersebut, kamu bisa membuat website yang tepat. Berikut ada beberapa contoh web yang bisa kamu pilih dan tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan : 

● Website Online Shop 

Jika kamu gemar berbelanja online, website ini sudah nggak asing lagi tentunya. Sesuai namanya, website ini digunakan untuk menjajakan barang secara online ya. Biasanya digunakan oleh banyak pemilik usaha dengan produk yang beragam bahkan ecommerce sekalipun.  

Web ini cocok jika kamu sudah memiliki produk fisik sendiri atau mungkin reseller yang ingin
menjualnya kembali dengan memakai online shop bisnismu sendiri. 

● Blog atau Website Pribadi 

Blog juga bisa kamu pilih jika tujuanmu hanya ingin menceritakan atau berbagi pengalaman yang kamu miliki atau berbagi hobi. Kamu bisa mengembangkan blog untuk dimonetisasi asalkan diisi oleh konten-konten menarik yang didalamnya. 

Selain itu, masih banyak jenis website yang lain lho. 

2. Memilih Platform Untuk Website 

Platform biasa disebut dengan istilah Content Management System atau CMS yaitu sebagai ruang untuk menyimpan banyak informasi maupun data mengenai situs web-mu. Dengan CMS ini kamu bisa membuat sekaligus mengubah konten tanpa harus memahami Bahasa pemrograman yang rumit. 

CMS yang paling bisa diandalkan sebenarnya Wordpress, kamu bisa menggunakannya karena Wordpress sangat user friendly. Selain itu, platform ini juga sangat menarik bagi pemula, apalagi kamu bisa mencoba versi gratisannya terlebih dulu sambil belajar lebih jauh. 

3. Menentukan Hosting dan Nama Domain 

Tahapan selanjutnya ialah menentukan hosting beserta nama domain bagi situs webmu. 

● Menentukan Hosting 

Hosting ini berfungsi untuk penyimpanan file website, berupa media, teks, tema, draft, plugin dan HTML. Ada 3 jenis hosting yang perlu Kamu tahu, diantaranya shared hosting, VPS hosting, dan cloud hosting. Kamu bisa memilih hosting sesuai kebutuhan. 

● Menentukan Domain 

Domain adalah alamat situs web yang mempermudah para pengunjung dalam mengakses web kamu. Misalnya saja, ekstensi .co.id. Untuk memikat lebih banyak pengunjung yang mengakses websitemu, sebaiknya pilih domain menarik.  

Menentukan domain sebenarnya gampang-gampang susah, namun yang pasti pilih domain dengan kata yang paling mudah diingat atau orang lain, kamu bisa menyesuaikannya juga dengan target audiens. 

4. Menginstall Wordpress 

Jika kamu sudah mengaktifkan layanan auto install Wordpress saat menentukan web hosting, selanjutnya bisa ikuti langkah-langkah berikut: 

● Masuk ke cPanel dengan link yang sudah kamu dapatkan via email. 

● Masuk ke Softaculous Installer, selanjutnya tinggal klik logo platform Wordpress pada Softaculous Apps Installer. 

● Ketuk Install Now. 

● PIlih domain yang Kamu inginkan di menu “choose domain”. 

● Isi deskripsi website. 

● Tentukan username beserta password untuk masuk ke menu dashboard Wordpress. 

5. Mengatur Tampilan Website 

Untuk mengatur tampilan website sendiri sebenarnya bisa dilakukan sesuai kreativitas pemilik web itu sendiri. Sebab saat menginstall Wordpress, maka tema yang kamu dapatkan adalah tema secara default. 

Untuk mengubah pilihan pada tema Wordpress sebenarnya cukup mudah. Kamu tinggal buka menu dashboard pada Wordpress, lalu pilih Appearance kemudian tekan Themes dan pilih Add new. 

Ikuti Kursus Dan Kelas Bersertifikat Membuat Website Dari Wordpress Yuk! 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun workshop cara membuat website dari wordpress lho. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan kamu bagaimana website lebih cepat, atau bahkan lebih sesuai dengan kebutuhan. 

Sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kelas online pun bisa kamu cantum di kolom prestasi lho!  

Kamu bisa mendapatkan kelas bersertifikat di Pijar Mahir. Yuk! Saatnya upgrade pengetahuanmu untuk membangun website!  

Nah, itu dia tips membuat website dari nol sampai jadi. Ingat! Yang paling penting adalah website yang kamu buat sesuai kebutuhan. Jangan sampai website yang bagus namun kurang fungsional! Yuk, saatnya belajar terus mengupgrade skill untuk membuat website nih! Jangan lupa ikuti kelas-kelas lain ya! 

Di Pijar Mahir kamu bisa memilih berbagai jenis kelas untuk mengembangkan karirmu lho. Semua kelas sudah pasti bersertifikat tentunya! Di bimbing oleh mentor-mentor terbaik dan berpengalaman dibidangnya tentu akan sangat membantumu dalam belajar!  

Referensi : 

https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-website/ 

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-website/ 

https://www.hostinger.co.id/tutorial/membuat-website-dengan-wordpress 

  

   

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved