Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Kamu memiliki kepribadian introvert dan sedang bingung mencari pekerjaan yang cocok? Udah gak usah bingung, yuk cari tahu informasi tentang pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini.

Introvert adalah tipe kepribadian yang ditandai dengan karakter merasa lebih nyaman berfokus pada pikiran dan ide-ide sendiri, daripada fokus pada hal-hal yang ada di luar diri sendiri. Seseorang yang memiliki tipe kepribadian introvert biasanya lebih menikmati menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada kelompok besar atau orang banyak.

Selain itu, ciri lain kepribadian introvert adalah cenderung pendiam, pemalu, menyukai hubungan yang sangat akrab dengan beberapa orang terdekat, sering merasa lelah ketika harus berkomunikasi dengan orang lain, dan tidak suka mendapatkan perhatian dari orang.

Karakter pekerjaan yang cocok untuk introvert

Sebelum mengetahui pekerjaan yang cocok untuk introvert, ada baiknya kamu mengetahui dulu beberapa karakter pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini:

· Pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu melakukan kolaborasi dengan kelompok besar

· Memiliki ruang yang tenang untuk bekerja sendiri

· Pekerjaan yang memungkinkanmu untuk menjadi pendengar yang baik

· Pekerjaan yang memungkinkanmu untuk fokus pada satu tugas dalam satu waktu

· Pekerjaan yang memungkinkanmu untuk tidak berbicara di depan umum

 

Pekerjaan yang cocok untuk introvert

Pada dasarnya ada sangat banyak pekerjaan yang cocok untuk introvert, beberapa di antaranya yaitu:

1. Manajer keuangan

Tugas utama manajer keuangan adalah mengawasi dan mengelola operasi sehari-hari departemen keuangan, seperti menganalisis data, membuat laporan keuangan, dan mengembangkan kebijakan akuntansi organisasi.

Manajer keuangan juga dapat mengarahkan dan mengawasi pekerjaan personel keuangan junior. Hal ini memungkinkanmu untuk tidak berkomunikasi dengan banyak orang. Selain itu sebagai manajer keuangan kamu biasanya akan memiliki ruangan sendiri, sehingga memungkinkanmu untuk bisa menghabiskan waktu sendiri lebih lama.

Di beberapa perusahaan, manajer keuangan biasanya duduk di satu ruangan yang berisi satu tim keuangan. Jumlah karyawan yang ada di dalam ruanganpun biasanya sangat terbatas, jadi kamu bisa menjalin hubungan yang sangat akrab dengan rekan satu tim.

Menariknya lagi lowongan kerja untuk manajer keuangan terbuka sangat luas. Karena manajer keuangan biasanya dibutuhkan oleh semua perusahaan di berbagai bidang. Jadi, kamu juga bisa menyesuaikan bidang kantor dengan bidang yang sangat kamu minati. Misalnya saja jika kamu sangat peduli dan suka mengikuti perkembangan pendidikan di Indonesia, maka tidak ada salahnya jika kamu bekerja di konsultan pendidikan atau platform pendidikan, seperti Pijar Mahir.

2. Desainer lanskap

Seorang desainer lanskap biasanya akan menggunakan kreativitas dan pengetahuan hortikultura untuk mengembangkan rencana lanskap, memilih tanaman dan fitur lainnya seperti jalan setapak, kolam, dan air mancur untuk meningkatkan estetika ruang luar. Pekerjaan ini juga memungkinkanmu untuk tidak banyak bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain.

3. Desainer grafis

Kamu mungkin gak asing lagi dengan profesi desainer grafis. Desainer grafis merupakan pekerjaan yang bisa dibilang selalu dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan.

Tugas utama seorang desainer grafis adalah menggunakan perangkat lunak untuk membuat visual khusus yang mengomunikasikan ide, menambah daya tarik estetika, dan meningkatkan aliran informasi melalui aset digital seperti situs website dan aplikasi, atau melalui aset cetak seperti publikasi, materi penjualan, poster, dan lainnya.

Menariknya lagi untuk mencari inspirasi sebelum membuat gambar, kamu biasanya gak perlu berdiskusi dengan orang lain. Karena saat ini kamu bisa mencari inspirasi di internet.

4. Editor bahasa

Kamu kuliah jurusan sastra dan menyukai hal-hal yang sangat detail? Kalau iya, editor bahasa merupakan salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk kamu. Tugas utama seorang editor bahasa adalah meninjau tata bahasa, ejaan, dan gaya bahasa, serta memperbaiki kesalahan suatu tulisan sebelum dipublikasikan. Editor bahasa juga dapat memeriksa salinan fakta dan memastikan semua konten tertulis yang diterbitkan oleh perusahaan sesuai dengan karakter dan brand of voice perusahaan.

Seorang editor umumnya tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain. Karena semua pekerjaan yang dilakukan editor bisa dilakukan sendiri tanpa adanya diskusi dengan orang lain.

Untuk menjadi editor kamu bisa bekerja di media, website penyedia informasi, ataupun semua perusahaan yang memiliki blog. Jadi, bisa di bilang lowongan pekerjaan untuk editor saat ini terbuka sangat luas. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari bidang yang benar-benar kamu nikmati.

5. Fotografer

Kalau kamu senang melihat dunia dengan cara yang kreatif dan suka mengabadikan momen, menjadi fotografer adalah pekerjaan fleksibel yang cocok untuk kamu. Karena dengan menjadi fotografer, waktu kamu untuk bertemu dan berdiskusi dengan orang lain bisa sangat berkurang.

Saat menjadi fotografer, ada berbagai pilihan bidang, yang bisa kamu tekuni, seperti fotografi pernikahan, potret, perjalanan, dan lanskap. Setiap bidang yang kamu pilih bisa memberikanmu banyak pengalaman berbeda. Selain itu, menjadi fotografer juga merupakan cara yang baik untuk menuangkan kreativitas yang kamu miliki.

Saat ini untuk menjadi fotografer kamu juga gak harus bekerja di suatu perusahaan dengan terikat jadwal dan aturan kok, karena kamu bisa memilih menjadi fotografer freelance atau fotografer lepas. Untuk masalah penghasilan, baik fotografer yang bekerja di perusahaan ataupun freelance, sama-sama bisa membuatmu mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

 

6. Psikiater

Jika kamu tertarik dengan cara kerja pikiran dan memahami pentingnya kesehatan mental, menjadi psikiater mungkin merupakan pilihan yang tepat. Tugas utama seorang psikiater adalah mendiagnosis, mengobati, dan membantu mencegah gangguan mental, serta meresepkan obat dan merekomendasikan rawat inap dalam beberapa kasus.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu karakter pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah pekerjaan yang memungkinkanmu menjadi pendengar yang baik. Nah, dengan menjadi psikiater kamu bisa dengan mudah menerapkan hal ini.

 

Selain pekerjaan yang cocok untuk introvert di atas, pada dasarnya kamu tetap bisa mencoba melakukan jenis pekerjaan lain kok. Hal paling penting yang perlu kamu lakukan adalah pastikan kamu benar-benar menikmati pekerjaanmu ya.

Referensi

https://mint.intuit.com/blog/early-career/best-jobs-for-introverts/

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/15-best-jobs-for-introverts

https://www.healthline.com/health/what-is-an-introvert

https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-introvert-2795427\

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved