Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Melakukan Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Karier

Tahukah kamu meningkatkan karier ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah lho, salah satunya dengan terus melakukan pengembangan diri. Penasaran apa saja tips melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan karier? Yuk, cari tahu informasinya di bawah ini.

Self development atau pengembangan diri adalah proses perbaikan diri yang berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan secara keseluruhan. Pengembangan diri pada dasarnya bisa dilakukan dengan terus memperbaiki diri dan mengikuti berbagai pelatihan.

Manfaat melakukan pengembangan diri

Selain penting dilakukan untuk meningkatkan karier di masa depan, melakukan pengembangan diri ternyata punya beberapa manfaat lain yang sayang banget untuk kamu lewatkan lho, yaitu:

1. Membuat kamu tetap bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan

Siapa sih yang gak ingin kariernya meningkat tapi di sisi lain tetap bisa memiliki waktu untuk menjalankan kehidupan pribadi atau yang biasa dikenal dengan istilah work life balance? Nah dengan terus melakukan pengembangan diri, kamu bisa dengan mudah mendapatkan hal ini. Karena dengan melakukan pengembangan diri, kamu relatif bisa mengatur waktu dengan seefektif mungkin untuk meningkatkan kemampuan. Sehingga karier tetap meningkat dan kamu tetap bisa memiliki waktu luang.

2. Membuat kamu tetap bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan kerja

Tidak bisa dipungkiri memang di era pandemi COVID-19 seperti sekarang, persaingan untuk bisa mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karier cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini karena di tengah pandemi COVID-19, kamu tidak hanya harus bersaing dengan tenaga kerja yang sudah memiliki pekerjaan saja, tapi juga dengan tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan tenaga kerja yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduate.

Untuk tetap bisa bersaing dan mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi dengan mudah, kamu wajib banget melakukan berbagai hal untuk pengembangan diri.

3. Meningkatkan produktivitas diri

Manfaat lain dari melakukan pengembangan diri yang sayang banget kamu lewatkan adalah meningkatkan produktivitas diri sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih baik dan memperbesar kemungkinan kariermu bisa meningkat dengan mudah.

Tips pengembangan diri untuk meningkatkan karier

Nah, sekarang kebayang kan betapa pentingnya melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan karier. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang coba praktikkan beberapa tips pengembangan diri untuk meningkatkan karier di bawah ini:

1. Baca buku dengan tema pengembangan diri atau self development

Untuk kamu yang memang sangat senang menghabiskan waktu luang dengan membaca buku atau novel, sekarang saatnya kamu mulai membaca buku dengan tema pengembangan diri. Karena membaca buku dengan tema pengembangan diri secara tidak langsung akan memicu semangatmu untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dalam bekerja dan membuatmu ingin selalu melakukan berbagai cara untuk meningkatkan karier.

Beberapa buku pengembangan diri yang bisa bermanfaat untuk pengembangan diri adalah buku “Terima kasih sudah mengatakannya” karya Kim Yu Jin, dan “Get A Life Not Job” karya Paula Caligiuri.

2. Ikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan

Tidak bisa dipungkiri memang, mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan kemampuan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk melakukan pengembangan diri. Menariknya lagi saat ini, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan diri untuk meningkatkan kemampuan secara online, misalnya dengan mengikuti pelatihan di Pijar Mahir.

Pijar Mahir merupakan platform pendidikan dibawah naungan Telkom Indonesia yang hadir sebagai platform pembelajaran dan sertifikasi secara online untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam meningkatkan keahlian dan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri pada saat ini maupun mendatang.

Di Pijar Mahir kamu bisa dengan mudah mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan di bidang yang kamu jalankan. Karena Pijar Mahir menyediakan ribuan pelatihan berkualitas untuk berbagai bidang pekerjaan.

3. Terus belajar hal baru

Salah satu cara ampuh untuk melakukan pengembangan diri adalah dengan terus mempelajari hal baru, bahkan hal baru di luar bidang pekerjaan yang sedang kamu tekuni sekalipun. Karena dengan terus mempelajari hal baru, maka kamu bisa diberikan kesempatan untuk meningkatkan karier oleh atasan di kantor.

Mempelajari hal baru juga tidak selalu bisa dilakukan dengan melanjutkan sekolah S2 atau mengikuti kursus selama beberapa bulan. Karena kamu bisa mempelajari hal baru dengan mengikuti pelatihan secara online, misalnya pelatihan online yang diadakan Pijar Mahir.

4. Belajar dari perilaku baik orang lain

Tahukah kamu kadang ada kalanya pengembangan diri bisa dilakukan dengan belajar dari perilaku baik orang lain lho. Namun, bukan sembarangan orang ya. Beberapa orang yang sebaiknya kamu pelajari perilaku dan kebiasaannya dalam bekerja adalah atasan dan orang-orang yang memang sudah ahli di bidang yang kamu tekuni.

Selain itu, kamu juga bisa belajar perilaku baik dari anggota keluarga yang sudah sukses berkarier di suatu bidang.

5. Perluas jaringan

Jika sewaktu kuliah kamu memang sangat senang mengikuti berbagai seminar untuk memperluas jaringan pertemanan, ketika sudah bekerja seperti sekarang tidak ada salahnya jika kamu mulai mengikuti berbagai seminar lagi untuk memperluas jaringan pertemanan. Karena memperluas jaringan pertemanan merupakan salah satu cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk melakukan pengembangan diri sekaligus meningkatkan karier.

Selain itu, memperluas jaringan juga bisa bermanfaat untuk mempelajari ide-ide baru dan memahami cara berkomunikasi dan bekerja dengan tipe kepribadian yang berbeda, sehingga berguna untuk meningkatkan karier.

Pada dasarnya memperluas jaringan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengikuti seminar saja ya, melainkan juga dengan mengikuti komunitas dan konferensi.

6. Rajin menulis buku harian

Siapa bilang menulis buku harian hanya cocok dilakukan oleh anak-anak atau remaja? Faktanya menulis buku harian juga bisa bermanfaat untuk melakukan pengembangan diri bagi tenaga kerja. Karena dengan menulis buku harian, maka kamu secara tidak langsung akan membuatmu merenungkan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri guna meningkatkan karier kedepannya. Misalnya saja, dengan menulis buku harian kamu jadi tahu sikap apa saja yang perlu diperbaiki dan kemampuan apa yang perlu ditingkatkan lagi.

Hasil dari melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan karier memang tidak bisa didapatkan secara instan. Kadang, beberapa orang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun setelah melakukan melakukan pengembangan diri sampai akhirnya kariernya bisa meningkat. Namun, tidak ada salahnya jika mulai sekarang kamu melakukan beberapa tips pengembangan diri untuk meningkatkan karier seperti di atas.

Referensi

https://www.brighthr.com/articles/training/self-development/

https://www.reed.co.uk/career-advice/five-benefits-of-personal-development/

https://www.discovery-adr.com/benefits-of-personal-development/
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved