Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Melamar Kerja dengan Efektif

Kamu ingin tahu cara melamar kerja dengan mudah dan bisa meningkatkan kemungkinan di terima bekerja di perusahaan impian? Kalau iya, yuk simak tips melamar kerja dengan efektif di bawah ini.

Saat ini lowongan untuk mendapatkan pekerjaan memang terbuka sangat luas, baik untuk fresh graduate ataupun pekerja profesional yang sudah lama bergerak di bidangnya. Namun, tidak bisa dipungkiri, saat ini jumlah orang yang melamar pekerjaan setiap tahunnya terus bertambah. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, ada banyak tenaga kerja yang terkena PHK atau pemutusan hubungan kerja. Hal ini membuat persaingan melamar kerja bisa semakin ketat.

Oleh karena itu, kamu harus tahu tips melamar kerja dengan efektif , agar kamu bisa memiliki nilai plus tersendiri untuk HRD, sehingga HRD tertarik untuk merekrut kamu sebagai salah satu karyawan di perusahaan.

Tips melamar kerja dengan efektif 

Pada dasarnya, ada beberapa tips melamar kerja dengan efektif yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Kadang salah satu penyebab kamu gagal lolos seleksi kerja adalah karena kamu tidak melengkapi dokumen yang diminta perusahaan. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan lho. Karena jika kamu tidak bisa melengkapi dokumen yang diperlukan, maka kemungkinan besar kamu akan gagal di tahap seleksi berkas atau yang biasanya menjadi tahap pertama dalam proses rekrutmen. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen dengan selengkap mungkin ya.

Umumnya, setiap perusahaan memiliki dokumen persyaratan yang berbeda-beda. Namun, beberapa dokumen yang biasanya hampir selalu ada dalam syarat melamar kerja adalah CV, resume, dan ijazah. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar kerja untuk melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK.

 

2. Buat resume yang sebaik mungkin

Bisa dibilang resume merupakan ‘pintu gerbang’ untuk mendapatkan pekerjaan yang akan dilihat HRD sebelum CV. Oleh karena itu kamu wajib membuat resume yang sebaik mungkin. Caranya dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar serta kontak yang masih aktif.

3. Bikin CV yang selengkap mungkin

CV memang dokumen yang perlu dibuat dengan baik. Karena selain surat lamaran kerja, CV akan menjadi hal kedua yang dipertimbangkan HRD sebelum memutuskan apakah seseorang bisa lanjut mengikuti tahap interview atau tidak.

Saat ini CV juga seolah menjadi salah satu ‘kunci’ utama yang harus dibuat dengan menarik agar kemungkinan kamu dipanggil interview kerja semakin besar.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV dengan baik adalah dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas, gunakan kata yang mudah dimengerti, masukkan informasi yang penting saja, dan gunakan foto yang profesional.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan kontak yang masih aktif dan mudah dihubungi. Karena sayang bangetkan, jika kamu gagal mendapatkan panggilan interview hanya karena kontak yang kamu masukkan salah atau sudah tidak aktif.

4. Bikin portofolio

Portofolio adalah hasil kumpulan pekerjaan yang pernah dikerjakan. Hasil kumpulan kerja ini bisa dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk dokumen, blog, gambar, ataupun postingan di media sosial.

Pada dasarnya portofolio tidak hanya wajib dibuat oleh tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja saja. Tapi juga oleh mahasiswa yang baru lulus kuliah atau fresh graduate. Karena fresh graduate bisa membuat portofolio dengan memasukkan semua hasil karya atau tugas yang pernah dikerjakan selama kuliah.

Di tengah ketatnya persaingan melamar pekerjaan saat ini, portofolio juga merupakan hal yang perlu disiapkan dengan sebaik mungkin. Karena untuk beberapa perusahaan, portofolio adalah salah satu kunci diterimanya seorang karyawan untuk bekerja.

Selain itu, portofolio biasanya juga merupakan salah satu syarat melamar pekerjaan untuk beberapa bidang pekerjaan, khususnya di bidang kreatif, seperti content writer, social media officer, copywriter, fotografer, dan desainer grafis.

Kalau kamu ingin tahu cara yang tepat untuk membuat portofolio, baca artikel ini ya “6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik”.

5. Rajin ikut pelatihan

Saat ini ada ribuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa kamu ikuti. Bahkan semua pelatihan ini bisa kamu ikuti secara online menggunakan handphone atau gadget lainnya. Rajin mengikuti pelatihan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan di banyak bidang, sehingga kemungkinan kamu diterima kerja juga semakin besar.

Pelatihan yang kamu ikuti juga gak harus sesuai dengan jurusan kuliah. Kamu juga bisa mengambil pelatihan lain yang kamu suka, karena semakin banyak kemampuan lain di luar jurusan kuliah yang kamu kuasai maka akan semakin baik.

Menariknya lagi saat mengikuti pelatihan kamu pasti akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini wajib kamu cantumkan di CV dan sertakan di bagan email lamaran pekerjaan. Karena hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri untukmu.

 

6. Lamar pekerjaaan yang sesuai dengan bidang

Salah satu cara tepat untuk melamar kerja dan meningkatkan kemungkinan kamu diterima bekerja adalah dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang selama kuliah atau bidang yang sudah sejak lama kamu tekuni. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk menunjukkan pada HRD bahwa kamu merupakan orang yang sangat kompeten di bidangnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaan. Hal yang paling penting adalah kamu bisa menunjukkan pada HRD bahwa kamu kompeten di suatu bidang.

Melamar pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan, karena ada berbagai hal yang perlu kamu siapkan dengan sebaik mungkin. Namun, jangan pernah menyerah dan mulailah langkah kecil untuk melamar pekerjaan dengan sebaik mungkin, misalnya dengan menerapkan tips melamar kerja dengan efektif seperti di atas.

 

Yuk, Ikut Kelas “Anti Nganggur! Cara Melamar Kerja Tepat Sasaran

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang manajemen produk, yuk ikut kelas “ Anti Nganggur! Cara Melamar Kerja Tepat Sasaran”. Karena di kelas ini kamu akan belajar tentang melamar kerja dengan tepat sasaran sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang diidamkan dengan cepat dan mudah.

Selain itu menariknya lagi, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Octy Anugrah Putra. Saat ini Octy bekerja pada salah satu yayasan BUMN yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang berfokus membantu masyarakat Indonesia. Octy telah berpengalaman dalam melakukan manajemen lamaran kerja.

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materidari video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store terlebih dahulu.

Referensi

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/applying-for-a-job

https://www.best-job-interview.com/job-application-tips.html

 

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved