Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Membangun Bisnis Kedai Kopi

Kamu ingin mulai membangun bisnis kedai kopi dengan modal yang tidak terlalu besar tapi bisa mendapatkan keuntungan? Kalau iya, yuk simak tips membangun bisnis kedai kopi di bawah ini.

Saat ini membangun kedai kopi mungkin terlihat sebagai salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan banyak pelanggan. Karena di era pandemi COVID-19 seperti sekarang, kedai kopi bukan hanya menjadi tempat nongkrong atau minum kopi bersama sahabat, tetapi juga tempat untuk bekerja dan bahkan rapat dengan rekan satu kantor. Hal inilah yang membuat kedai kopi banyak didatangi pelanggan dari banyak golongan, baik orang tua maupun anak muda.

Tips membangun bisnis kedai kopi

Meskipun saat ini persaingan membangun kedai kopi cukup ketat, kamu tetap bisa sukses membangun usaha kedai kopi dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar kok. Caranya dengan mempraktekkan beberapa tips membangun kedai kopi di bawah ini:

1. Buat rencana anggaran

Saat memulai bisnis kedai kopi kamu gak harus selalu punya modal yang besar kok. Bahkan saat ini banyak pengusaha kedai kopi yang sukses membangun usaha kedai kopi dengan modal kurang dari dua puluh lima juta rupiah.

Hal yang paling penting adalah tentukan dengan matang modal yang akan digunakan dan usahakan tidak ada satu rupiah uangpun yang terbuang begitu saja tanpa alasan yang jelas. Kamu juga mulai bisa menentukan modal yang ada untuk dibagi sesuai kebutuhan, misalnya untuk biaya produksi, operasional, dan biaya untuk mendekorasi kedai kopi.

2. Buat perencanaan bisnis yang matang

Perencanaan yang matang akan sangat memudahkanmu untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis kedai kopi. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang dalam membuat rencana bisnis adalah jenis makanan atau minuman apa ditawarkan, tujuan membangun kedai kopi, cangkir apa yang akan digunakan, dekorasi apa yang digunakan, rencana pengembangan kedai kopi lima tahun ke depan, dan target pasar.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menentukan cara kamu memberikan pelayanan kepada pelanggan. Karena meskipun terlihat sederhana, memberikan pelayanan yang baik bisa menjadi kunci agar kamu bisa mendapatkan pelanggan setia dengan mudah.

3. Pilih lokasi yang strategis

Memilih lokasi kedai kopi yang strategis merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan agar kedai kopi yang kamu dirikan bisa mendatangkan banyak pelanggan. Lokasi yang strategis tidak harus selalu berada di pinggir jalan besar lho. Kadang mendirikan kedai kopi di jalan yang tidak terlalu besar juga sudah sangat bermanfaat untuk mendatangkan banyak pelanggan. Hal paling penting yang perlu kamu lakukan adalah pastikan lokasi kedai kopi yang kamu tentukan dilewati banyak orang setiap harinya.

4. Pilih barista dengan kemampuan yang mumpuni

Kamu ingin mendapatkan pelanggan setia dengan cara yang mudah? Kalau iya jangan lupa untuk memilih barista dengan kemampuan yang mumpuni dan bisa menyajikan kopi dengan rasa yang sangat enak. Karena menu kopi yang enak akan membuat pelanggan terus kembali untuk membeli kopi di kedai kopi yang kamu dirikan.

Bila perlu kamu bisa memilih barista yang memiliki kemampuan membuat coffee art atau seni melukis di atas kopi, agar kedai kopi yang kamu dirikan bisa menarik semakin banyak pelanggan.

5. Tentukan ciri khas

Untuk bisa ‘menonjol’ dan tidak kalah bersaing dengan kedai kopi lainnya, kamu wajib memiliki ciri khas atau yang juga dikenal dengan istilah Unique Selling Point (USP). Karena tanpa ada ciri khas bisnis kedai kopi kemungkinan akan kalah bersaing dengan kompetitor.

Jika target pasar kamu adalah anak muda, coba buat varian kopi yang sedang digemari banyak muda. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat fasilitas kedai kopi yang lengkap dan bisa menarik banyak anak muda. Misalnya saja Wifi gratis yang kencang, AC yang dingin, dan meja yang bisa digunakan untuk bekerja.

Jangan lupa juga untuk membuat dekorasi eksterior dan interior kedai kopi yang semenarik mungkin dan beda dari yang lain ya. Karena hal ini juga bisa menjadi ciri khas tersendiri, sehingga calon pelanggan bisa mengingat kedai kopi yang kamu miliki dengan mudah.

6. Lakukan pemasaran secara online dan offline

Bisa dibilang pemasaran yang tepat adalah salah satu hal yang bisa menentukan kesuksesan bisnis kedai kopi. Karena tanpa pemasaran yang tepat, usaha yang kamu jalani tidak akan mendapatkan banyak pelanggan dan dikenal banyak orang.

Saat ini kamu juga bisa melakukan pemasaran kedai kopi secara online melalui media sosial. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemasaran secara langsung atau offline dengan membagikan brosur atau memasang spanduk yang berisi menu dan fasilitas apa saja yang ditawarkan.

Saat menentukan cara pemasaran, pastikan kamu juga menyesuaikannya dengan target pasar ya. Misalnya jika target pasarmu adalah remaja, maka cara pemasaran yang paling tepat adalah dengan melakukan pemasaran di media sosial.

Hal lain yang perlu kamu terapkan selain mempraktekkan tips membangun bisnis kedai kopi seperti di atas adalah tidak mudah menyerah dan terus berinovasi dalam mengembangkan bisnis yang kamu miliki. Karena hal inilah yang akan membuat bisnis kedai kopi bertahan lama.

Yuk ikut kelas “Langkah Awal masuk Dunia Kopi” dan “Jadi Barista: Teknik Menyeduh Kopi untuk Pemula”

Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara membangun bisnis kedai kopi secara lebih detail, yuk ikut kelas “Langkah Awal masuk Dunia Kopi”. Karena di kelas ini kamu akan secara detail tentang bagaimana cara meracik kopi yang nikmat dan dapat menghasilkan keuntungan. Pada pelatihan ini, akan ada pretest dan post test untuk menguji kemampuan kamu sebelum dan sesudah pelatihan.

Kelas ini bertujuan agar kamu memiliki pengetahuan dasar terkait dunia kopi yang saat ini memiliki peminat yang sangat banyak. Karena market untuk usaha kopi terus meningkat setiap tahunnya, menjadikan usaha kopi sangat menjanjikan.

Menariknya di kelas ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Andry Mahardika, lulusan Universitas Gadjah Mada yang telah berpengalaman sebagai Head coffee roaster (The creator coffee) selama 4 tahun.

Selain itu, kamu juga wajib belajar jadi barista dengan ikut kelas “ Jadi Barista: Teknik Menyeduh Kopi untuk Pemula”. Karena di kelas ini kamu akan belajar cara meracik kopi yang nikmat dan dapat menghasilkan keuntungan. Di kelas ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Andry Mahardika, lulusan Universitas Gadjah Mada yang telah berpengalaman sebagai Head coffee roaster (The creator coffee) selama 4 tahun.

Menarik banget kan kedua kelas tersebut. Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar kedua kelasnya sekarang juga.
 

Referensi

 https://www.sevenmiles.com.au/editorial/how-to-open-a-cafe/ 

https://www.thebalancesmb.com/how-to-start-a-profitable-coffee-shop-4147028  

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved