Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Menarik Perhatian Headhunter

Kamu ingin tahu cara mudah mendapatkan perhatian headhunter agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah? Kalau iya, yuk simak tips menarik perhatian headhunter di bawah ini.

Headhunter adalah individu yang menyediakan jasa perekrutan tenaga kerja atas nama pemberi kerja. Seorang headhunter dipekerjakan oleh perusahaan untuk menemukan individu yang memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu.

Headhunter juga dapat disebut sebagai perekrut eksekutif dan fungsi yang headhunter lakukan sering disebut pencarian eksekutif. Seorang headhunter mungkin memiliki sekumpulan kandidat untuk posisi tertentu atau mungkin bertindak agresif untuk menemukan calon karyawan potensial. Menariknya, penawaran kerja yang ditawarkan oleh headhunter kadang tampak lebih baik dan menarik dibandingkan pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Jika kamu berpikir bahwa headhunter sama seperti HRD yang ada di perusahaan, kamu tidak sepenuhnya benar. Karena headhunter berbeda dengan HRD. Para headhunter berada di bawah perusahaan tertentu yang memberikan jasanya untuk membantu perusahaan-perusahaan lain mencarikan karyawan baru.

Tips menarik perhatian headhunter

Pada dasarnya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian headhunter, yaitu:

1. Aktif di LinkedIn

Kamu punya Linkedin? Kalau iya, yuk coba manfaatkan penggunaan Linkedin yang kamu miliki sebaik mungkin. Karena aktif di Linkedin merupakan salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kamu ditawarkan pekerjaan oleh headhunter. Hal ini karena biasanya headhunter akan sering mencari calon karyawan potensial di Linkedin.

Beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan Linkedin, yaitu:

· Tulis tentang deskripsi pekerjaan yang kamu lakukan dengan sedetail mungkin.

· Ikuti (follow) para profesional yang berprofesi sebagai HRD suatu perusahaan, orang yang satu profesi denganmu, orang-orang yang ahli di suatu bidang, dan juga perusahaan-perusahaan ternama. Hal ini bisa kamu lakukan untuk memperluas koneksi sehingga kamu terlihat aktif.

· Rajin menyukai (like) atau membagikan (share) postingan orang lain di timeline LinkedIn.

· Bagikan (share) hasil pekerjaanmu. Misalnya, kalau kamu seorang desainer grafis, bagikan hasil desain kamu atau, kalau kamu penulis bagikan hasil tulisan kamu.

Pastikan postingan yang kamu like atau bagikan di timeline memang informasi yang bermanfaat untuk dunia kerja umumnya atau sesuai profesimu ya. Karena hal ini akan membuat headhunter akan tertarik melihat profil kamu.

Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan Linkedin, yuk ikut kelas “Belajar Mengoptimalkan Linkedin Untuk Meningkatkan Personal Branding Kamu”. Menariknya pelatihan ini bisa dilakukan dengan cara menonton video pelatihan dari gadget. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Karena pelatihan ini berbasis pembelajaran mandiri.

2. Aktif di semua platform pencari kerja

Meskipun sedang tidak mencari pekerjaan, sesekali cobalah tetap aktif melihat platform pencari kerja. Caranya dengan terus memperbarui CV dan simpan di platform pencarian kerja. Karena menariknya, saat ini headhunter suka mencari kandidat karyawan dari platform pencarian kerja.

3. Ikut komunitas di luar kantor

Tidak bisa dipungkiri, memiliki jaringan pertemanan yang luas bisa sangat bermanfaat untuk mendapat pekerjaan baru, termasuk dilirik headhunter. Oleh karena itu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas atau suatu kelompok tertentu di luar kantor. Tapi bukan sembarang komunitas atau jejaring ya.

Usahakan untuk bergabung dengan komunitas yang bergerak dalam bidang yang sama dengan profesimu. Misalnya, kalau kamu seorang penulis, bisa bergabung dalam komunitas penulis. Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang kamu tetap bisa aktif mengikuti komunitas dengan cara menghadiri acara komunitas secara online.

4. Hindari abaikan panggilan headhunter

Ketika akhirnya kamu mendapatkan tawaran dari headhunter, jangan sia-siakan kesempatan ini. Segera berikan tanggapan yang baik atas tawaran tersebut dan ikuti proses rekrutmen dengan baik. Jika kamu diminta mengirimkan resume dan mengikuti proses interview tetap jalankan dengan sebaik mungkin.

Mungkin kamu kurang berminat pada pekerjaan yang ditawarkan, tapi jangan langsung menolaknya. Coba jalani dulu. Bisa jadi memang cocok dan merupakan kesempatan baru buat kamu. Tapi, kalau tidak cocok, setidaknya kamu menanggapi panggilan headhunter dengan baik.

Hal ini bermanfaat agar kamu bisa menjaga nama baik di depan headhunter. Karena dunia kerja luas, bisa jadi para headhunter memiliki jejaring dengan para rekruter atau HRD dari perusahaan lain. Bila suatu saat kamu melamar pekerjaan lagi, citra diri kamu sudah baik untuk perusahaan.

5. Rajin ikut seminar

Jika selama kuliah kamu sangat suka mengikuti berbagai seminar. Setelah bekerja, saatnya kamu terus melakukan hal ini. Karena mengikuti berbagai seminar telah terbukti efektif untuk meningkatkan kemungkinan kamu bertemu dengan headhunter. Hal ini karena banyak headhunter yang memang sengaja untuk mengikuti seminar demi menemukan kandidat yang cocok untuk kantor klien.

Untuk hasil yang maksimal dan semakin meningkatkan kemungkinan kamu ditawarkan pekerjaan oleh headhunter, jangan lupa untuk mengikuti seminar yang sesuai dengan bidang yang ditekuni ya. Misalnya saja, jika kamu seorang UX designer, maka tidak ada salahnya kamu mengikuti seminar yang berhubungan dengan UX dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan.

6. Selalu jalin hubungan baik dengan headhunter

Jika kamu pernah mendapatkan pekerjaan dari headhunter, jangan ragu untuk terus menjaga hubungan baik dengan headhunter ya. Karena ketika headhunter sudah merasa cocok dengan seorang karyawan, maka headhunter tidak akan ragu untuk terus menawarkan pekerjaan yang tepat kepada karyawan tersebut.

Selain itu, headhunter yang memiliki kredibilitas tinggi biasanya juga sangat dipercaya perusahaan klien untuk terus mencari karyawan yang cocok. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja di perusahaan dengan tahapan rekrutmen yang sangat singkat, karena headhunter sudah sangat percaya dengan kamu.

Nah, itu tadi beberapa tips menarik perhatian headhunter yang bisa kamu lakukan.

Referensi

https://www.thehtgroup.com/how-to-attract-a-headhunter-in-5-easy-steps/

https://us.experteer.com/magazine/7-tips-for-getting-on-a-headhunters-radar/

https://www.investopedia.com/terms/h/headhunter.asp

https://www.topresume.com/career-advice/how-to-get-headhunters-to-find-you

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved