Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

15 Cara Cari Uang Lewat Internet Paling Mudah

cara cari uang lewat internet

Mendapatkan uang lewat internet memang bukanlah hal baru. Banyak orang yang sejak lama menggeluti bidang ini dan terus menemukan medium baru untuk mendapatkan uang.





Pilihan Cara Cari Uang Lewat Internet


Berikut ini akan dijelaskan 7 cara cari uang lewat internet. Penasaran? Cek infonya di bawah!


1. Bikin Konten di YouTube


Cara cari uang lewat internet pertama yang bisa kamu tempuh adalah dengan mulai bikin konten di YouTube. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika YouTube telah melahirkan banyak orang sukses dengan konten-konten mereka yang ditonton oleh banyak orang dari seluruh dunia.


Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat video yang kamu sukai dan bermanfaat bagi orang. Selain dari Google AdSense, video-video YouTube yang diunggah tidak jarang mempertemukan orang dengan brand untuk dibuatkan video marketing.



Baca juga: Kursus Digital Marketing Online



2. Menulis Blog


Bagi kamu yang punya kemampuan menulis dan membuat konten, tidak ada salahnya untuk mencoba platform blog. Jauh sebelum YouTube hadir, blog telah digandrungi banyak orang dan dijadikan sumber mata pencaharian.


Beberapa tema blog yang banyak dilirik orang adalah tema kesehatan, keuangan, hobi, dan gaya hidup. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk dikembangkan sesuai kemampuan dan kesukaanmu. Menulis blog adalah salah satu cara cari uang lewat internet yang bisa kamu lakukan jika suka menulis.


3. Jadi Kontributor Penulis


Selain berprofesi sebagai blogger, kamu ternyata bisa jadi kontributor penulis untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Saat ini kebutuhan brand atau perusahaan terhadap artikel untuk ditayangkan di situs webnya semakin tinggi.


Fungsi dari artikel ini digunakan sebagai strategi marketing untuk menjangkau konsumen demi meningkatkan penjualan produk. Ada banyak situs freelancer yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis.


4. Jual Stok Foto Lewat Microstock


Tidak bisa menulis, tapi lebih senang memotret. Tenang saja, kesenanganmu ini faktanya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara cari uang lewat internet.


Kamu hanya perlu menghasilkan foto-foto dengan kualitas tajam dan jelas, lalu mengunggahnya ke Microstock. Shutterstock, Dreamstime, Istock by GettyImages, Depositphoto, dan 123 Rf merupakan Microstock yang ramai dikunjungi oleh pembeli foto dari berbagai negara.


5. Mulai Bisnis Dropshipping


Salah satu cara cari uang lewat internet yang ramai dimanfaatkan beberapa waktu terakhir, yakni bisnis dropshipping. Pada dasarnya, dropshipping adalah sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang orang lain tanpa perlu menyetok barangnya.


Hadirnya berbagai market place menjadikan bisnis ini meraih popularitasnya sebab bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja, termasuk pekerja kantoran.


6. Bangun Karir Influencer di Media Sosial


Mau menghasilkan uang lewat media sosial? Pilihan karir sebagai influencer pun bisa kamu lakoni. Caranya, fokuslah pada satu media sosial, misalnya Instagram.


Buatlah konten yang menarik, original, dan berpotensi viral. Tentu saja, untuk membuat semua ini kamu perlu update dengan situasi yang tengah happening.


Jika followers yang kamu telah berkembang dan punya loyalitas tinggi, maka dari sini kamu bisa mengoptimasinya untuk menghasilkan rupiah.


7. Content Creator TikTok


Dilansir dari Statista, TikTok saat ini jadi media sosial yang paling banyak diakses dan Indonesia termasuk negara kedua dengan jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia setelah Amerika Serikat.


Hal ini pun bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, yakni dengan menjadi Content Creator TikTok. Ada berbagai skema yang bisa kamu jalankan jika kamu sudah punya followers banyak, salah satunya Sponsored Post di mana brand atau perusahaan siap membayar kamu untuk mempromosikan produknya.


8. Narator Buku Suara


Semakin populernya buku suara atau audio book belakangan ini menjadi tanda kalau sudah banyak orang yang beralih dari buku cetak ke buku suara. Mereka lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Hanya saja, koleksi buku suara tidak sebanyak buku cetak. Jadi, kalau kamu memiliki hobi membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa jadi salah satu cara cari uang lewat internet yang menjanjikan.


9. Admin Social Media


Aktif di media sosial bisa jadi salah satu cara cari uang lewat internet. Apalagi kalau kamu sudah benar-benar paham tentang manfaat media sosial untuk membangun persona dan juga bisnis. Kamu bisa menawarkan jasa admin ini kepada individu atau pemilik bisnis yang membutuhkan admin media sosial.


10. Survei Online Berbayar


Saat ini, banyak perusahaan yang membayar peserta untuk mengikuti survei mereka, biasanya untuk riset pasar dan analisis perilaku konsumen. Survei ini juga membantu membuat keputusan bisnis, seperti jenis produk online terlaris apa yang perlu dijual atau lokasi penayangan iklan terbaik. Oleh karena itu, mengikuti survei online berbayar ini juga bisa jadi salah satu cara cari uang lewat internet yang tepat untukmu.


11. Ikut Program Afiliasi


Bergabung dengan bisnis afiliasi juga merupakan salah satu cara cari uang melalui internet. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa mendapatkan komisi sebagai seorang affiliate dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. 


12. Podcaster


Kamu suka berbagi cerita atau mengulik informasi dengan melakukan wawancara? Podcast bisa jadi cara cari uang lewat internet, lho. Podcast digemari karena bisa menjadi teman dalam segala situasi, baik saat di perjalanan, bekerja, maupun bersantai. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan kalau kamu ingin menjadi podcaster sukses, yaitu: kualitas audio dan konten yang berisi.


13. Asisten Virtual


Jika kamu pintar dalam membuat dan mengelola perencanaan, menjadi asisten virtual juga bisa jadi cara cari uang lewat internet. Peran ini bertanggung jawab atas berbagai tugas, misalnya pembukuan (bookkeeping), entri data, email, riset, dan masih banyak lagi.


14. Live Streamer


Kalau cara cari uang melalui internet yang satu ini mungkin akan sangat cocok bagi kamu yang jago main game. Kamu mungkin sudah sering melihat bagaimana para streamer yang memiliki konten game bisa mendapatkan uang yang banyak. 


Jika kamu tertarik, kamu dapat menjadi seorang livestreamer untuk mendapatkan uang. Dilihat pada kondisi sekarang ini, sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk live streaming seperti, YouTube, Twitch, Streamlabs, dan masih banyak lagi.


15. Guru Online


Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang mau tak mau harus dikuasai sejak dini. Ada banyak syarat akademik maupun pekerjaan yang mengharuskan kita menguasai bahasa Inggris. Nah, kalau kamu mahir berbahasa Inggris dan menguasai teorinya dengan baik, kamu bisa mencoba cara cari uang lewat internet dengan menjadi guru bahasa Inggris online.


Itulah beberapa informasi terkait cara cari uang lewat internet. Untuk tahu mengetahui cara spesifik mendulang rupiah dari internet, kamu bisa ikut Pembelajaran Mandiri di pijarmahir.id.


Ada pelatihan Memulai Usaha Melalui Media Sosial dan Platform Digital untuk Menjadi Pengusaha Eceran Digital yang bakal diajarkan oleh trainer berpengalaman dengan materi yang komprehensif.


Setelah mengikuti pelatihan ini, kamu bakal mampu memahami hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online, mengetahui channel apa saja yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis online, memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankannya, serta mampu untuk mempertahankan bisnis yang sukses dan berkelanjutan.


Dalam jangka panjang, pelatihan ini akan membantumu untuk mendapatkan tambahan penghasilan atau mungkin malah menjadi sumber penghasilan utama. Menarik 'kan? Apalagi kalau bisa cari uang lewat internet dengan beberapa keahlian khusus.

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved