Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Membangun Bisnis Online dengan Mudah

Kamu ingin mulai membangun bisnis online dengan cara yang tidak sulit tapi bisa membawa banyak keuntungan? Kalau iya, yuk coba cari tahu cara membangun bisnis online di bawah ini.

Seperti namanya, bisnis online adalah bisnis yang bisa dijalankan secara online melalui internet tanpa perlu membangun kantor atau toko fisik. Beberapa medium atau alat yang biasanya digunakan untuk membuat bisnis online adalah media sosial, website, atau toko online di e-commerce. Saat membangun bisnis online kamu bisa menawarkan barang atau jasa.

Menariknya kadang saat membangun bisnis online kamu tidak perlu membuat produk atau jasa sendiri, karena kamu bisa menjadi reseller (menjual kembali barang atau jasa yang sudah di produksi oleh produsen terpercaya).

Manfaat membangun bisnis online

Agar kamu semakin yakin untuk membangun bisnis online, yuk simak dulu beberapa manfaat membangun bisnis online di bawah ini:

· Hemat biaya. Karena kamu tidak harus membangun kantor atau toko fisik

· Waktu untuk menjalankan bisnis online fleksibel, karena bisnis online bisa dijalankan sambil mengerjakan pekerjaan lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan, kamu bisa tetap bekerja full time di kantor saat menjalankan bisnis online

· Jangkauan pasar lebih luas, karena kamu hanya perlu memasarkan produk atau jasa melalui internet. Bahkan jangkauan pasar kamu tidak hanya terbatas pada pelanggan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Cara membangun bisnis online

Untuk kamu yang udah gak sabar untuk memulai bisnis online, yuk simak beberapa cara membangun bisnis online di bawah ini:

 

1. Riset kebutuhan pasar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar bisnis online yang kamu jalankan bisa membawa banyak keuntungan adalah melakukan riset kebutuhan pasar atau sederhananya mencari tahu barang atau jasa apa yang sedang dibutuhkan banyak calon konsumen.

Misalnya saja saat ini untuk menyeimbangkan kebiasaan mengonsumsi minuman manis, pekerja kantoran biasanya lebih sering mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Maka tidak ada salahnya jika kamu membuat bisnis berupa makanan rendah kalori. Cara melakukan riset yang paling mudah adalah dengan melakukan survei di media sosial.

2. Tentukan barang atau jasa yang ingin ditawarkan dengan spesifik

Setelah melakukan riset pasar, hal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan dengan spesifik barang atau jasa yang ingin ditawarkan. Misalnya jika saat ini banyak pekerjaan kantoran yang membutuhkan makanan sehat, rendah kalori, namun tetap lezat maka kamu bisa membuat salad sayur atau kentang bakar dengan topping mayones dan keju yang rendah kalori.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa makanan yang kamu tawarkan memiliki rasa yang enak dan terbuat dari bahan-bahan kualitas terbaik. Hal ini bermanfaat agar produk yang kamu tawarkan memiliki nilai tambah tersendiri untuk calon konsumen.

3. Pelajari lebih jauh tentang produk atau jasa yang ditawarkan kompetitor

Kalau kamu telah menentukan dengan tepat barang atau jasa apa yang ingin ditawarkan, sekarang saat yang tepat untuk kamu mempelajari lebih jauh tentang produk atau jasa yang ditawarkan kompetitor atau saingan. Beberapa hal yang perlu kamu pelajari dari kompetitor adalah kelebihan dan kekurangan produk atau jasa, serta cara pemasarannya.

Setelah itu, kamu bisa membuat produk yang memiliki sedikit kelebihan dan keunikan dari kompetitor. Karena menurut Pandji Pragiwaksono (penulis dan aktor) “Sedikit berbeda jauh lebih baik daripada sedikit lebih baik”. Misalnya saja jika kompetitor bisnis kamu menjual makanan rendah kalori dengan kemasan yang tidak ramah lingkungan, maka tidak ada salahnya jika kamu menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan bisa di daur ulang. Karena hal ini akan sangat menarik perhatian calon konsumen, terlebih untuk calon konsumen yang sangat peduli dengan isu lingkungan hidup.

Selain itu, kamu juga bisa sedikit meniru cara pemasaran kompetitor, misalnya dengan memasarkan produk di media sosial.

4. Tentukan target pasar

Menentukan target pasar akan sangat memudahkanmu untuk menentukan kemasan atau warna dasar yang akan digunakan saat memasarkan produk atau jasa. Misalnya saja, jika target pasar kamu adalah remaja, maka gunakan warna-warna yang cerah dan terkesan ceria, seperti biru muda dan merah.

Selain itu, menentukan target pasar juga akan sangat memudahkanmu untuk menentukan jenis pemasaran produk yang akan digunakan. Karena setiap jenjang usia memiliki kebiasaan dalam menggunakan media digital yang berbeda-beda. Misalnya remaja biasanya lebih sering menggunakan media sosial atau dewasa muda yang biasanya lebih sering menggunakan email untuk mencari informasi atau promosi.

5. Buat rencana bisnis yang matang

Perencanaan bisnis yang matang akan sangat memudahkanmu untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis online. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang dalam membuat rencana bisnis online adalah produk atau jasa apa yang ditawarkan, tujuan membangun bisnis online, target pasar, dan target yang ingin dicapai lima tahun ke depan.

Rencana bisnis ini bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

6. Gunakan strategi pemasaran digital marketing

Sebagus apapun produk atau jasa yang kamu tawarkan, rasanya tidak akan bisa mendatangkan banyak konsumen dan keuntungan jika kamu tidak menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang biasanya digunakan dalam membangun bisnis online adalah digital marketing.

Digital marketing adalah cara pemasaran produk kepada calon pelanggan, melalui media digital dan internet. Beberapa medium yang bisa digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, website, dan e-commerce. Kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing, baca artikel ini ya “5 Cara Mudah Menyusun Strategi Pemasaran dengan Digital Marketing”.

7. Daftarkan bisnis online yang kamu bangun secara resmi

Agar bisnis online yang kamu bangun terlihat lebih profesional dan terpercaya, kamu wajib mendaftarkan bisnis online ke badan hukum, caranya dengan beberapa hal di bawah ini:

· Mengajukan permohonan izin usaha

· Mendaftarkan nama bisnis

· Mendapatkan nomor ID pajak

· Pengajuan untuk merek dagang

· Membuat rekening bank terpisah

· Membiasakan diri dengan peraturan industri yang berlaku

Membangun bisnis online memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukan beberapa cara membangun bisnis online seperti di atas. Hal paling penting yang perlu kamu lakukan saat membangun bisnis online adalah konsisten dengan rencana yang sudah di buat dan tidak pantang menyerang jika menghadapi kendala.

Pelajari lebih lanjut tentang cara membangun bisnis online dari ahlinya

Kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membangun bisnis online langsung dari ahlinya, yuk ikut kelas “Strategi Praktis Memulai Bisnis Online dengan Google dan SEO”. Karena di kelas ini kamu akan belajar lebih jauh dan detail tentang cara Memulai Bisnis Online Dengan Google dan SEO yang merupakan salah satu bentuk digital marketing.

Menariknya lagi di kelas ini, kamu akan diajarkan oleh seseorang yang sangat ahli dalam bidang digital marketing, yaitu Dedi Santoso selaku Digital Marketer di PT. Unitedtronik Perkasa Sejahtera. Kelas ini juga akan berlangsung secara online dengan durasi belajar 240 menit atau kurang lebih empat jam. Menarik banget kan.

Tapi gak hanya itu aja, kelas ini tersedia dalam bentuk pembelajaran mandiri melalui video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk mengikuti kelas.

Referensi

https://99designs.com/blog/business/how-to-build-an-online-business/

https://www.bigcommerce.com/blog/how-to-start-online-business/

https://www.entrepreneur.com/article/175242

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved