Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Membuat Copywriting yang Menarik

Kamu ingin membuat copywriting atau tulisan copy yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan? Kalau iya, yuk simak cara membuat copywriting yang menarik dibawah ini.

Copywriting adalah jenis tulisan yang ditujukan untuk melakukan promosi barang atau jasa. Tujuan utama seorang copywriter (seseorang yang ahli di bidang copywriting) membuat copywriting adalah untuk membujuk orang untuk mengambil tindakan, misalnya membeli suatu produk atau jasa, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol tertentu.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, copywriting juga memiliki manfaat lain, seperti membuat citra yang baik terhadap suatu merek, dan mendapatkan pelanggan setia.

Jenis-jenis tulisan copywriting

Jika kamu merasa bahwa jenis tulisan copywriting hanya terbatas pada tulisan iklan di baliho atau media sosial, kamu salah besar. Karena faktanya saat ini begitu banyak jenis tulisan copywriting yang bisa kadang bahkan bisa kamu temukan tanpa sadar, yaitu:

  • Video promosi di youtube dalam bentuk skrip
  • Iklan suara di layanan streaming musik
  • Artikel di internet atau koran

Intinya informasi apapun yang membuatmu tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa umumnya merupakan tulisan copywriting. Mengetahui jenis tulisan copywriting seperti di atas akan sangat memudahkan kamu untuk membuat copywriting.

Cara membuat copywriting yang menarik

Membuat copywriting yang baik akan membuat produk dan jasa yang kamu tawarkan terlihat lebih berkesan menarik. Selain itu, membuat copywriting yang menarik tidak harus selalu menggunakan kalimat yang panjang lho.

Yuk, cari tahu cara membuat copywriting yang menarik di bawah ini:

1. Kenali produk yang akan kamu tawarkan

Ketika kamu ingin membuat calon konsumen melakukan tindakan untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan, maka kamu harus terlebih dahulu mengenal produk atau jasa yang akan ditawarkan dengan baik.

Oleh karena itu, cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari produk yang kamu jual dengan baik, dari mulai deskripsi dan keuntungan calon pelanggan menggunakan atau membeli produk, serta target pasar (dari mulai usia, jenis kelamin, hobi, hingga lokasi geografis).

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan produk yang kamu tawarkan. Hal tersebut bermanfaat untuk memudahkan kamu menentukan formula yang tepat untuk membuat jenis tulisan copy.

2. Tentukan jenis tulisan copywriting yang akan digunakan

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan copywriting adalah menentukan jenis tulisan copywriting. Misalnya untuk video promosi di Youtube, artikel di internet, atau iklan di media sosial.

Karena semua jenis copywriting memiliki karakter dan panjang kata yang berbeda-beda. Misalnya saja jika kamu ingin menggunakan copywriting untuk video maka jumlah kata yang kamu gunakan bisa cukup panjang hingga beberapa halaman, tergantung pada durasi video.

Sedangkan jika kamu ingin membuat copywriting untuk media sosial maka jumlah katanya tidak boleh terlalu panjang. Misalnya di Instagram, kamu hanya perlu menuliskan maksimal 150 kata untuk menuliskan copywriting. Apabila kamu ingin membuat copywriting di baliho, maka jumlah kata yang digunakan sebaiknya kurang dari 10 kata.

3. Buat slogan yang menarik

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat copywriting adalah dengan membuat yang menarik. Slogan tersebut bisa kamu sisipkan dalam bentuk hashtag di semua jenis tulisan copywriting yang kamu buat, baik di youtube, media sosial, atau baliho. Beberapa contoh slogan yang biasanya digunakan, yaitu #BerPijar, atau #MulaiSekarang.

4. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas

Salah satu tantangan terbesar seorang copywriter adalah harus membuat kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Karena rata-rata calon konsumen hanya tertarik untuk melihat atau mendengarkan promosi suatu produk kurang dari 10 detik. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar bisa membuat kalimat yang sepadat mungkin namun tetap bisa menarik perhatian calon konsumen.

5. Gunakan kata yang sederhana

Apapun jenis tulisan copywriting yang akan digunakan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pemilihan kata yang sesederhana mungkin dan dapat di mengerti oleh banyak orang ya. Karena menggunakan kata yang sederhana akan membuat produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih terlihat menarik dan berkesan.

6. Tulis kata yang bisa membuat seseorang merasa tersentuh

Ada kutipan yang mengatakan “People will forget what you say, but people would never forget how you make feel them”. Dari kutipan di atas, bisa di ambil kesimpulan bahwa kadang membuat tulisan yang menyentuh perasaan seseorang akan lebih berkesan dan menarik lebih banyak konsumen.

Selain itu, menuliskan kata-kata yang menyentuh juga bisa membuat konsumen merasa terikat dan tidak akan berpaling ke produk yang lain.

7. Tuliskan kata-kata yang seolah membujuk calon konsumen untuk melakukan suatu tindakan

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf kedua, salah satu tujuan utama copywriting adalah membujuk calon konsumen melakukan suatu tindakan. Oleh karena itu, di akhir tulisan copy yang kamu buat, jangan lupa untuk menyisipkan kata yang secara tidak langsung membujuk calon konsumen, misalnya “Yuk tunggu apa lagi, segera gunakan produk ini” atau “Jangan buang kesempatan ini ya”.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat copywriting yang menarik. Selamat mempraktikannya.

Yuk, ikut pelatihan Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang cara membuat tulisan copywriting, yuk ikut kelas Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Tingkatkan Penjualan. Di pelatihan ini, kamu akan belajar lebih dalam tentang tahapan menulis copy, mulai dari riset, brainstorming, hingga bagaimana menulis copy untuk media cetak, media luar ruangan, dan media digital.

Selain itu, menariknya lagi kelas ini menghadirkan pengajar yang profesional, yaitu Nabilla Aidid adalah seorang UX Writer Gojek. Sebelum fokus mendesain experience aplikasi Gojek bersama tim, Nabilla bekerja sebagai Growth Writer yang menyediakan konten berbasis data dan metric untuk berbagai media, seperti push notification, e-mail, billboard, dan media cetak.

Menarik banget kan. Jadi, yuk daftar pelatihannya sekarang juga.

Referensi

https://copyblogger.com/short-guide-to-good-copy/

https://www.entrepreneur.com/article/200220

https://www.thebalancesmb.com/the-surprising-answer-to-what-is-copywriting-4056392

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved