Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Mengoptimalkan Linkedin agar Dilirik HRD

Kamu ingin mendapatkan banyak tawaran kerja dengan cara yang mudah? Yuk coba gunakan dan manfaatkan Linkedin dengan sebaik mungkin. Cari tahu cara mengoptimalkan Linkedin di bawah ini ya.

Linkedin adalah website yang dirancang khusus untuk kepentingan karier. Sekilas Linkedin mungkin terlihat serupa dengan media sosial, seperti Facebook atau Twitter. Namun, faktanya Linkedin merupakan media sosial dalam bentuk yang lebih profesional dan bisa memberikan dampak positif yang begitu besar untuk diri sendiri, khususnya dalam meningkatkan kesempatan mengembangkan karier dan mendapatkan tawaran pekerjaan baru.

Linkedin juga tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kamu yang sudah bekerja saja lho, tapi juga untuk mahasiswa dan fresh graduate.

4 Manfaat mengoptimalkan Linkedin

Beberapa manfaat mengoptimalkan Linkedin yang sayang banget kamu lewatkan, yaitu:

1. Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan baru

Salah satu manfaat utama Linkedin adalah meningkatkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan baru. Karena saat ini ada banyak HRD yang mencari calon karyawan potensial melalui Linkedin. Menariknya lagi kadang kamu tidak perlu bersusah payah melamar pekerjaan karena ketika profil Linkedin kamu terlihat menarik, maka HRD atau head hunter akan dengan senang hati menawarkan pekerjaan padamu.

Selain itu, menariknya lagi kadang tawaran kerja yang ditawarkan HRD atau head hunter akan jauh lebih baik dengan pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini.

2. Memudahkan diri untuk melamar pekerjaan

Tidak dapat dipungkiri, saat ini Linkedin bisa menjadi salah satu platform untuk mencari kerja. Karena saat ini ada ribuan bahkan puluhan ribu lowongan kerja di Linkedin berkat fitur “Jobs”. Menariknya lagi cara mencari pekerjaan di Linkedin juga sangat mudah. Kadang kamu hanya perlu memasukkan nomor handphone dan CV tanpa perlu membuat surat lamaran terlebih dahulu.

3. Menambah relasi

Memiliki relasi yang luas memang sangat diperlukan saat bekerja untuk profesi apapun yang kamu geluti, baik jika kamu bekerja sebagai karyawan full time, pengusaha, atau freelancer. Karena relasi yang luas akan sangat memudahkanmu untuk mengembangkan karier.

4. Menambah pengetahuan baru

Seiring dengan berjalannya waktu, bidang pekerjaan yang sedang kamu jalani pasti mengalami berbagai perubahan dan perkembangan. Misalnya saja dalam bidang content writing, sepuluh tahun yang lalu seorang penulis hanya perlu tahu cara menulis yang baik dan menguasai teknik dasar jurnalistik, yaitu 5W1H. Namun, sekarang seorang content writer juga harus menguasai cara menulis artikel yang SEO friendly.

Di Linkedin kamu bisa dengan sangat mudah belajar hal-hal baru tersebut kena banyak ahli-ahli di bidangnya yang dengan senang hati membagikan ilmunya secara gratis. Jadi, selain perlu mengikuti pelatihan khusus, kamu juga hanya perlu rajin-rajin membuka Linkedin.

 

Berbagai cara mengoptimalkan Linkedin

Saat ini Linkedin juga menawarkan paket premium yang memungkinkan profil Linkedin kamu bisa dilihat lebih banyak orang, sehingga kemungkinan untuk meningkatkan karier bisa semakin besar. Namun paket premium dikenakan biaya tambahan.

Tapi jangan khawatir karena tanpa fitur berbayar kamu juga sudah bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti di atas kok, ini caranya:

1. Gunakan foto yang baik

Meskipun terlihat sepele, menggunakan foto yang tepat ternyata merupakan salah satu cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan profil Linkedin. Untuk mengoptimalkan Linkedin, kamu perlu menggunakan foto yang profesional. Misalnya dengan menggunakan pakaian yang rapi, pose yang profesional, dan latar belakang belakang foto yang polos.

2. Lengkapi profil

Salah satu hal yang masih terlupakan oleh tenaga kerja adalah melengkapi profil. Padahal hal ini bermanfaat banget lho untuk membuat profil kamu tampak menarik. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk membuat profil Linkedin selengkap mungkin ya.

Dari mulai riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, deskripsi pekerjaan yang dilakukan, pengalaman organisasi dari kuliah hingga saat ini, sampai sertifikasi apa saja yang pernah kamu ambil. Jangan ragu juga untuk menuliskan daftar pekerjaan sampingan atau freelance yang perlu kamu lakukan.

3. Manfaatkan fitur “Endorse

Intinya dalam mengoptimalkan profil Linkedin, kamu harus bisa memanfaatkan semua fitur Linkedin dengan baik, salah satunya fitur “Endorse”. Fitur “Endorse” memungkinkanmu menulis semua keahlian yang kamu miliki, lalu minta orang-orang terdekat untuk klik tombol “Like” di keahlian kamu tersebut.

Bila perlu kamu juga bisa meminta teman atau rekan kerja untuk menuliskan testimoni mengenai performa kerja kamu selama ini.

4. Membagikan postingan teman

Kamu sering melihat postingan yang bagus dan menginspirasi di Linkedin? Kalau iya, jangan ragu untuk membagikannya di profil Linkedin kamu ya karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan profil kamu dilihat HRD.

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa untuk membagikan postingan teman di Linkedin yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu jalani.

5. Like postingan teman

Selain sering membagikan postingan teman, jangan ragu juga untuk menekan tombol “Like” di posting teman yang menurut kamu bagus. Dalam hal ini, kamu gak harus selalu like postingan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan, tapi kamu juga bisa like post tentang lowongan kerja atau hal menarik lainnya. Namun, jangan lupa untuk memastikan bawa post yang kamu like merupakan hal yang positif.

6. Masukkan hasil pekerjaan dan prestasi di Linkedin

Kalau kamu berhasil mendapatkan suatu prestasi, masukkan juga prestasi tersebut ke Linkedin. Misalnya jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa training di luar negeri dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, jangan ragu juga untuk memasukkan hasil karya yang telah kamu buat di Linkedin. Misalnya saja jika kamu seorang content writer, maka sering-seringlah memasukkan hasil tulisan yang kamu buat ke profil Linkedin. Gak harus selalu pekerjaan yang kamu kerjakan di kantor kok, tulisan di blog pribadi yang menurut kamu bagus pun juga bisa dimasukkan.

7. Tulis summary yang baik

Saat ini Linkedin memiliki kolom “About” di bawah foto profil Linkedin. Kolom tersebut bisa kamu gunakan sebaik mungkin untuk menuliskan ringkasan pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki. Tulis summary dengan penggunaan kata yang mudah dipahami dan tetap terlihat profesional.

Tidak sulit kan cara mengoptimalkan Linkedin di atas. Jadi, yuk mulai sekarang optimalkan profil Linkedin kamu sebaik mungkin dan siapkan diri untuk mengembangkan karier dengan lebih baik.

 

Referensi

https://everyonesocial.com/blog/linkedin-profile-optimization/

https://www.linkedin.com/business/sales/blog/profile-best-practices/17-steps-to-a-better-linkedin-profile-in-2017

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved