Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Tahukah kamu memiliki kemampuan berpikir kreatif ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja lho. Kamu ingin tahu cara mudah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif? Kalau iya, yuk simak informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di bawah ini.

Pada dasarnya kemampuan berpikir kreatif tidak hanya wajib dimiliki oleh kamu yang bekerja di bidang kreatif, seperti content writer , desain grafis, digital marketing, atau social media specialist saja lho, tapi juga untuk semua pekerja yang bekerja di bidang lain. Karena memiliki kemampuan berpikir kreatif bisa membuatmu senantiasa selalu bersemangat untuk bekerja, sehingga secara tidak langsung bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas diri untuk bekerja.

Manfaat memiliki kemampuan berpikir kreatif

Selain bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas diri saat bekerja, kemampuan berpikir kreatif memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu:

· Memudahkanmu untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangan

· Mudah beradaptasi dengan berbagai situasi

· Selalu memiliki ide untuk melakukan inovasi

· Terbiasa untuk mengatur semua hal dengan baik, dari mulai kebiasaan mengatur jadwal kerja hingga kebiasaan menata barang-barang dengan rapi

Ragam cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Kalau kamu ingin tahu cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan mudah yang bahkan bisa dilakukan saat bekerja, yuk simak informasi di bawah ini:

1. Dengarkan musik saat bekerja

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan mendengarkan musik saat bekerja. Karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk mencegah stres dan membuat pikiran lebih rileks, sehingga secara tidak langsung memicu munculnya ide kreatif.

Hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hanya beberapa jenis genre yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Karena pada dasarnya semua genre bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hal yang paling penting adalah pilih genre musik yang benar-benar kamu sukai.

2. Nonton film

Siapa bilang nonton film kadang hanya tampak membuang-buang waktu dan tidak membawa manfaat sama sekali? Faktanya nonton film ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif lho.

Selain film, nonton series juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Bahkan untuk beberapa orang, misalnya untuk seorang content writer menonton film atau series sangat bermanfaat untuk memunculkan ide-ide segar untuk menulis. Jadi, setelah nonton film kamu bisa langsung bekerja dengan pikiran yang jauh lebih segar.

Sama halnya seperti mendengarkan musik, tidak ada patokan genre tertentu yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Karena semua genre bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hal yang paling penting adalah kamu benar-benar suka dan menikmati film yang ditonton.

3. Menulis buku harian

Meskipun terlihat sederhana, menulis buku harian ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Karena saat menulis keluh kesah di buku harian kamu secara tidak langsung otak akan terpacu untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

4. Keluar dari zona nyaman

Ayo coba ingat-ingat lagi, sudah berapa lama kamu bekerja dengan posisi yang sama dan di kantor yang sama pula, tanpa memiliki pekerjaan freelance atau kegiatan lain? Kalau ternyata kamu sudah sangat lama bekerja dengan posisi yang sama dan di kantor yang sama pula, tanpa memiliki pekerjaan freelance atau kegiatan lain, mungkin ini saatnya kamu mencoba keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman bukan berarti kamu harus keluar dari kantor kamu yang sekarang ya, tapi cobalah melakukan kegiatan atau mempelajari hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya jika saat ini kamu berprofesi sebagai desain grafis maka tidak ada salahnya jika kamu keluar dari zona nyaman dengan mencoba belajar cara membuat website.

Karena selain meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, lambat laun keluar dari zona nyaman juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan karier.

5. Lakukan brainstorming secara rutin

Brainstorming adalah metode menentukan suatu gagasan dan memecahkan masalah bersama rekan satu tim. Saat brainstorming setiap anggota tim biasanya diberikan kesempatan untuk mengemukakan ide atau gagasan yang dimiliki, tanpa perlu takut salah. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Karena saat mendengarkan pendapat dari orang lain, pikiran kamu secara tidak langsung akan terpicu untuk mengeluarkan ide-ide baru.

Agar brainstorming bisa semakin bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, usahakan untuk membuat suasana brainstorming yang senyaman dan serileks mungkin ya. Bila perlu kamu dan rekan-rekan kerja satu tim bisa sambil mengonsumsi makanan atau minuman saat brainstorming, agar suasana menjadi lebih santai.

6. Buat mind mapping

Mind mapping adalah metode belajar yang dilakukan dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis atau gambar. Saat membuat mind mapping kamu bisa dengan bebas membuat gambar apapun dan menggunakan warna apapun yang disukai. Namun, pastikan kamu benar-benar paham dengan mind mapping yang dibuat ya.

Untuk seorang tenaga kerja, mind mapping yang kamu buat bisa berupa strategi untuk memecahkan suatu masalah ataupun tahapan pekerjaan yang ingin dilakukan. Mind mapping yang kamu buat tidak harus dimengerti oleh semua orang. Karena mind mapping memang ditujukan untuk diri sendiri, bukan orang lain.

7. Lakukan free writing atau menulis bebas

Menulis bebas atau free writing ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Saat melakukan free writing, tuliskan hal apapun yang sedang dipikirkan dan ingin kamu tulis. Misalnya keluh kesah tentang kemacetan yang kamu hadapi hari ini, drama korea yang baru saja kamu tonton, atau rencana liburan yang ingin kamu lakukan.

Selain itu, jangan pernah takut salah kalau tulisan yang kamu buat ternyata tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Karena tulisan hasil free writing hanya ditujukan untuk dirimu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Referensi

https://www.verywellmind.com/how-to-boost-your-creativity-2795046

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-increase-creativity

https://www.wework.com/ideas/professional-development/creativity-culture/foster-creative-culture
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved