Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Menjadi Barista untuk Pemula

Kamu ingin menjadi barista profesional yang bisa memiliki banyak pelanggan setia? Kalau iya, yuk simak cara menjadi barista untuk pemula di bawah ini.

Barista adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk meracik dan membuat minuman. Jenis minuman yang biasanya disajikan barista adalah kopi. Saat ini profesi barista memang sedang banyak dicari dan merupakan karier yang menjanjikan. Karena di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ada banyak kedai kopi yang ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Hal inilah yang membuat para pengusaha berbondong-bondong membuat kedai kopi, sehingga secara tidak langsung kebutuhan barista juga meningkat. Menariknya lagi, saat ini barista bisa bekerja di kedai kopi miliki orang lain atau membangun bisnis sendiri. Karena kedua hal ini sama-sama menjanjikan.

Cara menjadi barista untuk pemula

Pada dasarnya untuk menjadi barista profesional yang sebelumnya bahkan tidak memiliki pengalaman sama sekali, ada beberapa cara yang dengan mudah bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Ikut pelatihan

Cara pertama dan paling penting yang perlu kamu terapkan untuk menjadi barista adalah dengan mengikuti pelatihan untuk menjadi barista profesional. Saat ini kamu juga bisa mengikuti pelatihan untuk menjadi barista profesional dengan mengikuti kursus offline di tempat pelatihan khusus, mengikuti pelatihan secara online, atau bahkan melakukan pelatihan secara otodidak dengan cara menonton video di Youtube.

Pada dasarnya untuk menjadi barista profesional, ada beberapa kemampuan yang perlu kamu kuasai dengan baik, yaitu kemampuan memilih biji kopi yang baik, mengolah kopi, dan menciptakan berbagai rasa.

Selain itu, kamu juga harus sangat paham mengenai jenis-jenis kopi, cara mengolah tiap jenis kopi, dan beragam tipe kopi yang ada di seluruh Dunia, khususnya Indonesia.

2. Pahami cara menggunakan mesin pengolah kopi

Saat ini ada sangat banyak jenis mesin pengolahan kopi yang bisa kamu pilih dan gunakan. Setiap jenis kopi juga biasanya memiliki mesin pengolahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengetahui jenis mesin yang cocok dengan kopi yang dibuat dan cara yang tepat untuk menggunakan mesin pengolahan kopi.

3. Terus berlatih

Kutipan yang mengatakan “practice makes perfect”, sangat tepat kamu terapkan untuk menjadi barista profesional. Karena dengan terus berlatih dan bereksperimen menemukan rasa kopi yang sesuai dengan selera, maka kamu bisa menjadi barista yang profesional dan bisa membuat kopi dengan rasa yang banyak diminati pelanggan.

4. Tentukan ciri khas dari kopi yang kamu buat

Untuk bisa ‘menonjol’ dan tidak kalah bersaing dengan kedai kopi lainnya, kamu wajib memiliki ciri khas atau yang juga dikenal dengan istilah Unique Selling Point (USP). Karena tanpa ada ciri khas kopi yang kamu buat kemungkinan akan kalah dengan kompetitor.

Misalnya, jika kamu ingin memiliki memulai membuat kopi dan target pasar kamu adalah anak muda, coba buat varian kopi yang sedang digemari banyak muda. Selain itu, jangan lupa juga untuk menentukan ciri khas dari kopi yang kamu buat, entah itu dari segi rasa ataupun dari cara penyajian.

Misalnya saja, semua kopi yang kamu buat memiliki tambahan rasa mint yang menyegarkan. Karena hal inilah yang secara tidak langsung akan menarik perhatian pelanggan dan membuatmu dengan mudah mendapatkan pelanggan setia.

5. Sajikan kopi pada pelanggan dengan pelayanan yang baik

Meskipun terlihat sederhana, pada dasarnya memberikan pelayanan pada pelanggan dengan cara yang menyenangkan, juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan lho. Karena hal ini akan membuat pelanggan menjadi semakin senang untuk terus membeli kopi yang kamu buat, terlebih jika tempat kamu bekerja, memungkinkan kamu untuk memberikan kopi secara langsung kepada pelanggan.

6. Selalu dengarkan saran dari pelanggan

Setelah kamu berhasil menjadi barista dan mulai menjual kopi yang kamu buat, jangan ragu juga untuk selalu mendengarkan saran dari pelanggan. Bila perlu, setiap pelanggan selesai menikmati kopi yang kamu buat, kamu juga bisa meminta saran kepada pelanggan. Setelah itu, kamu bisa mulai menerapkan beberapa saran dari pelanggan untuk membuat kopi yang diminati.

7. Terus berinovasi

Untuk bisa membuat kopi yang bisa terus diminati oleh banyak orang dan tak lekang oleh waktu, ada baiknya kamu bisa terus belajar dan berinovasi. Misalnya saja jika selama ini kamu telah berhasil membuat kopi yang enak, namun tidak pernah menyajikan kopi yang ada latte art sama sekali, maka sekarang saatnya kamu belajar membuat latte art. Latte art adalah seni membuat gambar di atas kopi.

Menjadi barista memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jangan ragu untuk membuat langkah kecil untuk menjadi barista ya, misalnya dengan menerapkan cara menjadi barista seperti di atas.

Yuk, ikut belajar lebih jauh tentang pengolahan kopi

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang pengolahan kopi, yuk ikut kelas “Belajar Pengolahan Kopi dan Usaha Kopi Untuk Menjadi Barista Profesional”. Karena di kelas ini kamu akan belajar tentang pemahaman segala aspek soal bagaimana berkarir menjadi barista profesional. Pelatihan ini membahas prinsip dasar yang harus dipegang oleh barista,dan skill apa saja yang harus dimiliki oleh barista profesional baik minuman coffee maupun non-coffee.

Selain itu, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh para ahlinya yaitu, yaitu Alang Bhinantaka. Alang Bhinantaka merupakan praktisi barista yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan juga telah membantu set up kafe di berbagai kota di Indonesia.

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materi dari video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store terlebih dahulu.

Saat mengikuti pelatihan ini, kamu juga bisa berkonsultasi dengan tenaga pelatih, setiap hari Sabtu pukul 10.00-11.00.

Referensi

https://canadianbaristainstitute.com/blogs/news/how-to-become-a-barista

https://www.coffeegrindguru.com/how-to-become-barista-with-no-experience/

https://blog.typsy.com/how-to-be-a-barista-tips-for-beginners

https://www.thespruceeats.com/what-is-a-barista-765030

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved