Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Mudah Dilakukan

Kamu ingin menjadi youtuber yang handal dan bisa memberikan manfaat untuk orang banyak? Kalau iya, yuk simak cara menjadi youtuber pemula di bawah ini.

Youtuber atau orang yang membuat konten youtube adalah salah satu profesi yang saat ini banyak diminati banyak orang. Karena membuat video Youtube dinilai bisa menjadi salah satu bentuk untuk menuangkan kreativitas diri dalam berbagai bidang,

Saat ini video Youtube juga banyak dibuat oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, seperti pengusaha kue, data scientist, maupun HRD yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Manfaat menjadi youtuber

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, umumnya menjadi seorang youtuber bisa membawa beberapa dampak positif untuk diri sendiri, yaitu:

· Melatih kemampuan komunikasi

· Meningkatkan rasa percaya diri

· Meningkatkan kemampuan di bidang yang sudah dikuasai

· Memperluas relasi dengan orang yang ahli di bidangnya. Hal ini biasanya dapat tercapai jika Youtube yang kamu buat sudah terkenal dan memiliki banyak pengikut atau subscriber

Berbagai cara menjadi youtuber pemula

Kalau kamu ingin mulai membuka channel Youtube sendiri, yuk simak cara menjadi youtuber pemula di bawah ini:

1. Buat video dengan konten yang kamu suka dan kuasai

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat channel Youtube adalah dengan membuat video dengan isi konten yang kamu suka. Karena perjuangan menjadi youtuber mungkin tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak tantangan dan hambatan yang akan kamu hadapi kedepannya.

Jika kamu memilih untuk membuat video dengan bidang yang kamu sukai, maka kamu tidak akan mudah menyerah menghadapi tantangan tersebut. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa membuat video yang berisi tentang informasi di bidang yang kamu kuasai.

Misalnya saja, jika kamu lulusan sastra dan mempunyai pengalaman bekerja selama lima tahun sebagai penerjemah di suatu perusahaan, maka tidak ada salahnya jika kamu membuat video yang berisi tips menerjemahkan teks atau artikel.

2. Tentukan target penonton

Setelah menentukan isi video yang akan tayangkan di Youtube, kamu wajib menentukan target penonton, misalnya anak-anak, remaja, orang dewasa, atau orang tua.

Pastikan juga kamu memahami apa yang target penonton suka dan apa yang membuat mereka tertarik. Hal ini akan memudahkanmu untuk menentukan warna di video, musik yang digunakan, dan cara memanggil penonton di Youtube.

3. Cari ciri khas dari video yang akan dibuat

Agar video yang kamu buat bisa ‘menonjol’ dan tidak kalah bersaing dengan youtuber lainnya, kamu wajib memiliki ciri khas, karena tanpa ada ciri khas channel Youtube yang kamu buat kemungkinan akan kalah dengan kompetitor.

Misalnya, jika kamu ingin membuat video tentang cara menjadi content writer pemula dan target pasar kamu adalah anak muda, coba buat video tentang tips menjadi content writer dengan durasi singkat namun memiliki isi yang padat. Selain itu, kamu bisa mengadakan kuis singkat di akhir video. Hal yang terlihat sederhana ini bisa membuatmu mendapatkan penonton setia.

4. Gunakan teknik SEO On page

Siapa bilang SEO On page hanya bisa diterapkan dalam blog atau website saja? Faktanya SEO on page juga terbukti efektif bermanfaat untuk meningkatkan jumlah penonton di Youtube, khususnya untuk kamu yang baru membuka channel Youtube.

Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan SEO on page di Youtube yang kamu buat adalah dengan menggunakan judul yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan deskripsi singkat mengenai video yang kamu buat di kolom deskripsi. Karena hal ini bisa bermanfaat sebagai meta deskripsi atau deskripsi singkat tentang video yang akan memungkinkan Youtube untuk meletakkan videomu di urutan dan halaman pertama.

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang SEO on page, baca artikel ini ya “5 Cara Mengoptimasi SEO On Page”.

 

5. Upload video di waktu prime time

Untuk meningkatkan kemungkinan video yang kamu buat banyak di tonton jangan lupa juga untuk mengunggah atau upload video di waktu prime time atau jam tayang utama. Karena di waktu prime time biasanya Youtube akan banyak didatangi oleh pengunjung. Waktu prime time untuk Youtube adalah Senin-Rabu jam 14.00-16.00, Kamis-Jumat jam 14.00-15.00, dan Sabtu-Minggu jam 09.00-11.00.

6. Promosikan channel youtube di media sosial

Kamu punya cukup banyak pengikut atau followers di media sosial? Kalau iya, yuk promosikan channel Youtube di media sosial agar kamu video kamu di Youtube bisa ditonton banyak orang. Bila followers kamu di Instagram sudah mencapai 10 ribu orang, jangan lupa juga untuk mempromosikan channel Youtube melalui instastory ya.

7. Konsisten

Konsisten dengan jadwal yang dibuat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan menjadi seorang youtuber. Karena dengan memiliki sikap yang konsisten, maka kemungkinan kamu memiliki penonton setia juga akan semakin besar.

Salah satu contoh mudah untuk konsisten menjadi youtuber adalah dengan mengunggah video di Youtube minimal sebulan sekali. Karena hal ini akan membuat video yang kamu buat ditunggu-tunggu oleh penonton setia.

Menjadi seorang youtuber memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa hal di atas. Selain itu, menjadi youtuber bukan berarti kamu harus keluar dari pekerjaan utamamu ya. Karena menjadi seorang youtuber bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Yuk, belajar jadi youtuber pemula langsung dari ahlinya

Kalau kamu ingin tahu cara menjadi youtuber pemula langsung dari ahlinya, yuk ikut kelas “ Cara Jadi YouTuber untuk Pemula” . Karena di kelas ini kamu akan belajar membangun channel Youtube dan menggunakannya sesuai dengan keinginan agar bisa dapat menjadi seorang youtuber profesional. Di kelas ini akan ada dua materi inti yang akan kamu pelajari, yaitu cara membuat Channel Youtube dan cara menjadi youtuber profesional.

Selain itu, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Raden Riski Ramadhan Aris. Raden Riski Ramadhan Aris merupakan sarjana Design and Visual Art– Institut Teknologi Nasional yang saat ini berprofesi sebagai Marketing and Content Creator Collars Barber, sekaligus gitaris dan vokalis – Band Hoolahoop

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materi dari video. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store terlebih dahulu.


Referensi

https://influencermarketinghub.com/how-to-become-a-youtuber/

https://www.veed.io/learn/best-time-to-post-on-youtube

https://www.wix.com/blog/2018/07/how-to-become-successful-youtuber/
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved