Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Cara Menyampaikan Presentasi yang Menarik

Kamu ingin bisa melakukan presentasi yang menarik dan disukai banyak audiens? Kalau iya, yuk simak tips melakukan presentasi di bawah ini, lengkap dengan tips membuat materi presentasi yang baik dan cara menyampaikan presentasi yang menarik.

Presentasi adalah metode menyampaikan suatu informasi kepada banyak orang. Dalam dunia kerja, presentasi biasanya dilakukan untuk mencari klien atau mengajukan suatu rancangan kerja. Presentasi yang baik juga bisa menjadi ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan. Misalnya saja presentasi yang dilakukan oleh karyawan startup untuk bisa mendapatkan dana dari investor.

Oleh karena itu, selain membuat materi presentasi dengan sebaik mungkin, kamu juga perlu mengetahui cara yang tepat untuk menyampaikan presentasi dengan baik.

Tips membuat materi presentasi yang baik

Sebelum mengetahui cara menyampaikan presentasi yang menarik. Ada baiknya kamu mengetahui dulu cara membuat materi presentasi yang baik dan benar. Pada dasarnya untuk membuat materi yang baik dan benar, ada beberapa hal penting yang perlu kamu lakukan, yaitu:

· Jangan terlalu banyak mengandung tulisan. Alangkah baiknya materi presentasi yang lebih detail, kamu sampaikan secara langsung

· Buat materi presentasi sepadat mungkin

· Batasi durasi presentasi

· Masukkan gambar yang menarik. Bila perlu kamu juga bisa menambahkan musik atau video singkat

· Hindari menggunakan terlalu banyak bullet point

· Hindari menggunakan transisi yang berlebihan.

Media yang biasanya kamu gunakan untuk membuat materi presentasi ada beraneka ragam, misalnya Microsoft power point, video, atau infografis.

Jika kamu menggunakan Microsoft power point untuk melakukan presentasi, ada baiknya kamu menerapkan aturan 10-20-30 yang dibuat oleh Guy Kawasaki yang merupakan salah satu karyawan di perusahaan Apple, yaitu presentasi berisi tidak lebih dari 10 slide, berlangsung tidak lebih dari 20 menit, dan gunakan ukuran font tidak kurang dari 30 point.

 

Cara menyampaikan presentasi yang menarik

Agar kamu bisa melakukan presentasi dengan baik dan bisa menarik perhatian audiens, yuk simak cara menyampaikan presentasi di bawah ini:

1. Latihan presentasi beberapa hari menjelang hari H

Tidak bisa dipungkiri memang, presentasi bisa membuat seseorang gugup dan merasa khawatir. Padahal jika dibiarkan hal ini justru bisa membuatmu tidak bisa menyampaikan presentasi dengan baik, misalnya saja membuat suaramu bergetar atau pandangan kamu tidak fokus kepada audiens.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal ini, ada baiknya kamu melakukan latihan presentasi beberapa hari sebelum hari H, terlebih jika presentasi yang kamu sampaikan adalah presentasi sangat penting.

Untuk melakukan latihan presentasi, kamu bisa melakukannya sendiri (tanpa audiens), atau dengan teman yang berpura-pura sebagai audiens. Jika kamu melakukan latihan presentasi dengan teman, mintalah temanmu untuk menyampaikan beberapa pertanyaan. Hal ini bermanfaat agar seolah-olah sedang melakukan simulasi presentasi. Selain itu, hal ini juga akan membuat kamu benar-benar siap menghadapi presentasi.

2. Lakukan metode story telling

Metode story telling atau bercerita merupakan cara melakukan presentasi yang cukup efektif untuk membuat presentasi yang menarik. Hal ini karena melakukan metode story telling akan lebih mudah membuat audiens untuk tertarik dan memahami presentasi yang kamu sampaikan.

3. Libatkan audiens

Bila perlu, di tengah-tengah presentasi kamu juga bisa mengajak audiens untuk diskusi singkat atau menanyakan pendapat audiens. Karena selain membuat sesi presentasi lebih menarik, hal ini akan membuat audiens merasa benar-benar dilibatkan dalam presentasi.

4. Selalu lakukan kontak mata dengan audiens

Saat presentasi beberapa orang mungkin berusaha menghindari kontak mata dengan audiens untuk menghilangkan rasa gugup. Padahal melakukan kontak mata dengan audiens merupakan salah satu kunci keberhasilan presentasi yang baik.

5. Buat suasana presentasi yang senyaman mungkin untuk audiens

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat presentasi yang menarik adalah dengan membuat suasana presentasi yang senyaman mungkin. Caranya dengan membuka presentasi dengan mengucapkan salam dan terima kasih karena mau meluangkan waktu untuk menyaksikan presentasi yang disampaikan.

Bila perlu, jika presentasi yang kamu lakukan bersifat semiformal, kamu bisa melakukan ice breaking singkat. Karena hal ini bermanfaat untuk membuat suasana presentasi menjadi lebih cair, sehingga audiens akan lebih tertarik dan fokus mendengarkan materi presentasi yang kamu sampaikan.

6. Gunakan nada suara yang tidak terlalu tinggi

Kadang karena terlalu bersemangatnya presentasi, kamu secara tidak sadar jadi menggunakan nada suara yang tinggi. Padahal menggunakan nada suara yang tinggi bisa menunjukkan rasa kurang hormat pada audiens. Oleh karena itu, mulai sekarang saat presentasi gunakan nada suara yang tidak terlalu tinggi dan tampak bersahabat ya.

7. Ambil jeda

Jika kamu merasa sangat gugup saat presentasi, tidak ada salahnya juga jika mengambil jeda selama beberapa detik. Namun, jangan lupa untuk meminta izin kepada audiens untuk melakukan jeda ya, karena hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sopan. Saat jeda, kamu bisa sekedar membaca lagi materi presentasi atau minum air putih.

Nah, itu tadi beberapa cara menyampaikan presentasi yang bisa kamu melakukan untuk membuat audiens tertarik dan paham dengan materi yang disampaikan. Ternyata untuk menyampaikan presentasi yang menarik, kamu gak perlu cara yang susah kan.

Yuk, ikut kelas menguasai presentasi untuk pemula

Kalau kamu ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara menguasai presentasi untuk pemula, yuk ikut kelas “Tips dan Trik Menguasai Presentasi Untuk Pemula”. Karena di kelas ini kamu akan mempelajari dan mengetahui poin-poin penting yang perlu diketahui dalam mempersiapkan sebuah presentasi dan melakukan presentasi dengan lebih detail.

Pelatihan akan dilaksanakan di platform Pijar Mahir dalam bentuk pembelajaran online dan kamu juga akan disediakan sertifikat di akhir pelatihan. Pelatihan ini terdiri dari 2 bahasan tentang tips dan trik menguasai presentasi untuk pemula. Pada pelatihan ini, akan ada pretest dan post test untuk menguji kemampuan kamu Sebelum dan sesudah pelatihan.

Pembicara kelas ini juga hebat banget, yaitu Mardiyanto, ST.MM selaku tenaga profesional daei telkom corporate university. Selain itu, menariknya lagi karena kelas ini merupakan pelatihan mandiri, kamu bisa memilih waktu untuk mengikuti pelatihan. Jadi, tunggu apa lagi yuk daftar sekarang juga.

Referensi

https://hbr.org/2013/06/how-to-give-a-killer-presentation

https://www.skillsyouneed.com/present/presentation-tips.html

https://www.washington.edu/doit/presentation-tips-0

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved