Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

12 Cara Jualan Online untuk Pemula. Siap-siap Laris Manis!

cara jualan online untuk pemula

Cara jualan online sejatinya bisa dipelajari oleh siapa saja, termasuk kamu yang baru akan terjun. Berikut ini terdapat informasi mengenai tren jualan online serta cara jualan online untuk para pemula yang bisa kamu ikuti.


Penasaran? Yuk, simak penjelasanya di sini!


Tren Cara Jualan Online untuk Pemula


Merebaknya pandemi Covid-19 membuat tren belanja online meningkat. Kondisi ini pun kemudian melahirkan banyak orang untuk berjualan secara online. Ditambah lagi dengan tersedianya banyak penyedia layanan e-Commerce atau marketplace.


Bank Indonesia sendiri bahkan memperkirakan bahwa di akhir 2021 lalu, transaksi e-Commerce meningkat 48,4 persen sepanjang 2021 menjadi Rp 395 triliun. Makanya, tidak heran jika setiap hari lahir lebih dari satu orang yang mempromosikan bisnisnya secara online.



Baca juga: Cara Cari Uang Lewat Internet



7 Cara Jualan Online untuk Pemula


Buat kamu yang baru mau terjun jualan online, cek dulu cara jualan online untuk pemula berikut ini!


1.Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar


Cara jualan online untuk pemula yang pertama adalah dengan menemukan masalah yang dihadapi pasar terlebih dahulu. Jangan pernah khawatir kehabisan masalah sebab ada banyak masalah yang dihadapi konsumen.


Yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan observasi lapangan dan mengobrol dengan banyak orang demi menemukan akar permasalahan yang kemudian kamu selesaikan.


2. Riset Pasar


Berikutnya barulah kamu melangkah ke riset pasar. Riset pasar pada dasarnya bertujuan untuk memahami atau mengecek kondisi pasar terkait produk atau layanan yang akan kamu tawarkan nantinya.


Coba tawarkan dummy dari produkmu agar bisa dirasakan langsung oleh konsumen dan mintalah pendapat dari mereka.


3. Tentukan Target Pasar


Selanjutnya, cara jualan online untuk pemula adalah dengan menentukan target pasar dari produk yang kamu tawarkan. Untuk merumuskan target pasar ada dua faktor yang wajib kamu pahami, yakni demografi dan psikografi.


Demografi berkaitan dengan umur, lokasi, gender, tingkat pendidikan, hingga pekerjaan seseorang. Sementara psikografi erat kaitannya dengan hobi, ketertarikan, serta nilai-nilai yang dianut oleh target pasar yang kamu bidik.


4. Analisis Kompetitor


Untuk mulai cara jualan online untuk pemula, kamu wajib menganalisis kompetitor. Mengetahui dan mengelompokkan kompetitor ke dalam 3 kategori berupa kompetitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier; akan membantumu dalam untuk fokus dalam jualan. Hasilnya, kamu pun punya kesempatan untuk memenangkan persaingan bisnis online.


5. Ketahui Unique Selling Point Produk


Setelah menganalisis, barulah kamu bisa melangkah ke cara jualan online untuk pemula berikutnya, yakni mencari tahu Unique Selling Points (USP) atau nilai jual dari produk yang kamu tawarkan.


USP ini bisa jadi harga yang lebih murah, kualitas produk yang lebih baik, atau pelopor di satu produk.


6. Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat


Sebagai seorang pemula dalam berjualan online, kamu juga wajib memasarkan produk dengan strategi yang tepat. Tujuannya tidak lain agar bisa memasarkan jualanmu kepada target pasar yang tepat.


Strategi tersebut bisa memanfaatkan Manfaatkan Google Bisnisku, mengoptimasi konten di mesin pencari, hingga memaksimalkan media sosial.


7. Buat Website Resmi dan Jalankan Digital Marketing


Terakhir, buatlah website resmi untuk jualanmu dan jalankan digital marketing. Baik website maupun aktivasi digital marketing akan membantu kamu dalam menemukan target pasarmu. Dengan demikian, produk yang ditawarkan pun akan punya lebih banyak konsumen.


8. Optimalkan Word of Mouth


Kalau kamu memiliki modal lebih, saatnya manfaatkan cara jualan online untuk pemula dengan teknik word of mouth, yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. 


Sebenarnya strategi ini pun bisa tanpa modal sama sekali, kamu cukup mengumpulkan testimoni dari keluarga atau teman yang sudah mencoba produk atau jasa yang dijual. Namun, cara jualan online untuk pemula yang satu ini akan semakin berpengaruh hingga menjangkau lebih banyak orang jika kamu memanfaatkan influencer untuk promosi. 


Strategi ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, membangun brand, dan meningkatkan sisi humanis saat mempromosikan suatu barang atau jasa. 


9. Maksimalkan Promo


Hampir setiap orang sangat tertarik membeli suatu produk jika sedang promo, apalagi jika produk tersebut sudah diincar sejak lama. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan promo sebagai cara jualan online untuk pemula agar banyak orang tertarik untuk membeli. Namun, kamu juga perlu cermat sebelum menyebarkan promo agar para pelanggan tidak membeli pada saat promo saja. Oleh karena itu, penting untuk membuat strategi sebelum menjalankan promosi yang menarik. 


10. Deskripsi dan Foto Produk yang Menarik


Foto suatu produk yang akan dijual melalui toko online memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang bisnis online kamu lho. Tidak hanya melalui situs website online shop saja, beberapa media promosi online seperti sosial media (seperti Instagram, Twitter, dan Facebook) juga memerlukan suguhan visual produk yang semenarik mungkin agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli produk yang kamu tawarkan.


11. Pelajari Data Penjualan dan Tren


Data hasil penjualan dan data yang berkaitan dengan upaya promosi sangat penting untuk kemajuan bisnismu di masa mendatang. Cara jualan online untuk pemula ini berperan sebagai bahan evaluasi, menggambarkan kondisi terkini bisnis, bahan pertanggungjawaban, meningkatkan produktivitas, dan menunjukkan kredibilitas suatu bisnis yang dijalani. Dengan mempelajari dan memahami data yang ada, kemungkinan besar akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya dalam meningkatkan penjualan serta membuat strategi promosi yang lebih baik. 


12. Manfaatkan Marketplace


Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara jualan online untuk pemula. Pasalnya, marketplace secara langsung bisa menjadi penengah untuk segala transaksi antara penjual dan pembeli. Selain itu, kamu juga akan memiliki jaminan keamanan bertransaksi dan melakukan pembayaran.


Nah, itu tadi beberapa informasi terkait cara jualan online untuk pemula yang perlu kamu pahami. Agar bisa lebih dalam memahami hal ini, kamu bisa ikutan pelatihan Belajar Teknik Pemasaran Digital Melalui Situs Web Marketplace bagi Pedagang di Internet di pijarmahir.id.


Dengan mengikuti kelas ini, kamu akan mampu memahami ilmu cara memulai usaha bisnis online berjualan di marketplace mulai dari strategi dan tips untuk mengembangkan bisnis online secara tepat untuk penjualan produk.


Selain itu, seluruh materi yang didapatkan merupakan materi dasar hingga materi advance, sehingga saat selesai kamu sudah mendapatkan paket komplit. Jadi, kamu pun bisa langsung mulai jualan online di marketplace.

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved