Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Di era digital seperti sekarang semua proses penjualan memang lebih banyak berlangsung secara online, termasuk proses pemasaran atau yang biasa dikenal dengan istilah digital marketing. Yuk, cari tahu manfaat digital marketing di bawah ini.

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan memberikan pengalaman berkesan kepada calon pelanggan, melalui media digital dan internet. Seperti media sosial, dan iklan berbasis website. Digital marketing umumnya juga memadukan pengetahuan psikologi pasar dan teknologi. Beberapa contoh digital marketing adalah social media marketing, email marketing, dan search engine marketing.

Ragam manfaat digital marketing untuk perkembangan bisnis

Beberapa manfaat digital marketing yang saat ini mulai banyak dilirik oleh para pengusaha, yaitu:

1. Meningkatkan penjualan secara cepat

Fungsi utama digital marketing adalah meningkatkan penjualan secara cepat. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu produk hanya melalui internet, sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

2. Mengenalkan produk dengan lebih baik

Digital marketing memudahkan kamu untuk bisa mengenalkan produk dengan lebih baik dan efektif. Terlebih jika produk yang kamu jual adalah produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

3. Lebih tepat sasaran mengenai target pasar

Salah satu manfaat digital yang sayang banget untuk dilewatkan adalah kamu bisa langsung mengenai target pasar. Misalnya saja jika kamu menggunakan Instagram ads, kamu bisa menuliskan target usia dan jenis kelamin konsumen yang akan melihat produk.

4. Bisa mendapatkan pelanggan setia

Kadang saat menjual suatu produk yang kamu butuhkan tidak hanya pelanggan yang banyak, tapi juga pelanggan setia. Karena sebenarnya pelanggan setialah yang bisa membuatmu produk yang kamu jual selalu laku dan bertahan lama di pasaran.

Untuk mendapatkan pelanggan setia kamu bisa menggunakan digital marketing, caranya dengan terus menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya setelah pengguna membeli produk, kamu bisa bertanya mengenai reviu produk dan apakah pelanggan puas dengan produk yang dibeli. Komunikasi seperti inilah yang harus kamu terapkan, terlebih jika bisnis yang kamu buat masih tergolong baru.

5. Bisnis terlihat lebih profesional

Di era digital seperti sekarang banyak konsumen yang merasa jika suatu bisnis belum memiliki website atau media sosial sendiri, maka bisnis tersebut belum profesional. Oleh karena itu, penting untuk kamu menerapkan salah satu bentuk digital marketing, yaitu social media marketing. Walaupun mungkin bisnis yang kamu jalankan masih tergolong baru.

6. Bisnis lebih berkembang

Tidak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang ada begitu banyak bisnis yang bisa berkembang dengan pesat setelah melakukan branding di media sosial. Bahkan banyak pengusaha sukses yang tidak menggunakan pemasaran secara offline sama sekali dan hanya mengandalkan media sosial atau e-commerce.

7. Memiliki kemudahan dalam melihat peluang bisnis

Melakukan pemasaran di media sosial atau e-commerce memungkinkanmu untuk bisa memperhatikan minat dan kebutuhan konsumen. Setelah itu kamu bisa mencoba untuk menciptakan memenuhi kebutuhan dan minat konsumen tersebut.

Kelebihan digital arketing dibandingkan cara penjualan lain

Beberapa kelebihan digital marketing dalam bisnis yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Jangkauan pasar lebih luas

Saat menerapkan digital marketing di internet, berarti kamu bisa dengan mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan jangkauan pasar kamu tidak hanya terbatas pada pelanggan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

2. Murah

Salah satu kelebihan digital marketing adalah anggaran yang kamu gunakan untuk pemasaran bisa jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Bahkan menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report anggaran pemasaran melalui digital marketing bisa di hemat hingga 40%.

3. Hemat waktu dan tenaga

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang salah satu tantangan terbesar dalam pemasaran adalah banyaknya waktu dan tenaga yang terbuang. Namun, dengan digital marketing kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

4. Evaluasi bisa dilakukan dengan mudah

Digital marketing bermanfaat untuk membantu proses evaluasi agar lebih mudah. Misalnya dengan melihat berapa orang yang melihat iklan dan berapa hasil penjualannya.

Setelah mengetahui manfaat digital marketing, kamu ingin segera mempraktikannya? Sabar, sebelumnya yuk ikuti pelatihan digital marketing dulu.

Belajar lebih jauh tentang digital marketing yuk

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh mengenai digital marketing, jangan ragu untuk ikut pelatihan ya. Karena di pelatihan kamu akan akan belajar mempraktikkan digital marketing. melalui media sosial Facebook, Instagram, iklan dengan Facebook dan Instagram, pemasaran melalui Google My Business, pemasaran web dengan WordPress, riset kata kunci, optimasi web pada mesin pencari atau SEO.

Menariknya lagi dalam pelatihan ini kamu akan belajar langsung dari ahli digital marketing, yaitu Dadan Hermawan, S.T. selaku Direktur IT Bencoolen Coffee yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang mengajar IT dan Digital marketing dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami cara memasarkan produk secara digital melalui publikasi dan iklan di media sosial, website, dan video.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, SMK, MA) dan mampu menggunakan komputer dan telepon cerdas (smartphone).
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved