Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Tips Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Kamu ingin bisa meningkatkan kemampuan problem solving dengan mudah? Kalau iya yuk cari tahu tips meningkatkan kemampuan problem solving atau menyelesaikan masalah di bawah ini.

Kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh semua karyawan. Karena memiliki kemampuan problem solving bisa menjadi nilai plus di hadapan HRD, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan kamu diterima kerja dengan mudah di suatu perusahaan atau memudahkanmu untuk naik jabatan.

Selain itu, kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving pada dasarnya bisa digunakan dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Menyelesaikan masalah yang efektif di tempat kerja umumnya membutuhkan proses langkah demi langkah dan menggunakan kerangka pemecahan masalah yang ditentukan.

Manfaat memiliki kemampuan problem solving

Meskipun terlihat sederhana, faktanya memiliki kemampuan problem solving bisa membawa dampak positif untuk diri sendiri, seperti:

· Meningkatkan karier

· Meningkatkan fokus saat bekerja

· Membantu kamu agar bisa bekerja dengan lebih efektif

Kemampuan yang harus dimiliki untuk meningkatkan kemampuan problem solving

Untuk bisa meningkatkan kemampuan problem solving, ada beberapa kemampuan yang harus kamu miliki, yaitu:

· Kemampuan berpikir kreatif

Untuk memecahkan masalah dengan efektif, kamu membutuhkan kemampuan berpikir kreatif untuk bisa berpikir out of the box atau beda dari yang lain. Karena dengan berpikir kreatif kamu bisa mendapatkan pendekatan baru untuk menyelesaikan masalah yang mungkin sebenarnya sudah pernah dihadapi sebelumnya.

· Kemampuan melakukan kerjasama tim

Untuk mengatasi masalah dalam satu tim, ada kalanya kamu harus berdiskusi dengan anggota tim. Oleh karena itu kamu wajib memiliki kemampuan kerjasama tim.

· Kemampuan berpikir logis

Untuk menentukan penyebab masalah dan solusi terbaik, kamu harus bisa berpikir dengan selogis mungkin tanpa menggunakan perasaan sama sekali. Oleh karena itu, kamu wajib memiliki kemampuan berpikir logis.

· Kecerdasan emosional yang tinggi

Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk bisa menyelesaikan masalah dengan efektif, kamu harus bisa mengesampingkan emosi dan perasaan yang dimiliki. Oleh karena itu, kecerdasan emosional yang tinggi merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki untuk bisa meningkatkan kemampuan problem solving.

Tips meningkatkan kemampuan problem solving

Nah setelah mengetahui manfaat memiliki kemampuan problem solving, yuk simak tips meningkatkan kemampuan problem solving di bawah ini:

1. Buat pengertian atau definisi masalah dengan serinci mungkin

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan kemampuan problem solving adalah menuliskan definisi masalah yang dihadapi serinci mungkin. Saat mendefinisikan masalah, mungkin ada godaan untuk segera mencari solusi. Namun, jika masalahnya tidak dipahami dengan baik, solusinya mungkin tidak efektif dan waktu serta usaha yang kamu lakukan bisa terbuang percuma.

Oleh karena itu cobalah untuk menuliskan definisi masalah berdasarkan pemahaman kamu sendiri. Karena hal ini bisa membantu kamu dalam memfokuskan pada masalah tertentu. Hal ini bisa diibaratkan seperti fitur kamera untuk memperbesar gambar sebelum mengambil gambar. Jika fokusnya buram, gambarnya tidak akan jernih.

2. Cari tahu penyebab masalah

Setelah kamu berhasil merincikan definisi masalah yang sedang dihadapi, sekarang saatnya kamu mencoba mencari tahu inti atau akar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Menentukan inti penyebab permasalahan akan sangat memudahkanmu untuk menyelesaikan masalah sekaligus meningkatkan kemampuan problem solving.

3. Tuliskan beberapa pilihan solusi untuk mengatasi masalah

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan saat meningkatkan kemampuan problem solving adalah dengan menuliskan beberapa kemungkinan solusi untuk menyelesaikan masalah. Gak perlu buat catatan yang terlalu rinci kok, cukup tuliskan catatan sederhana yang mungkin bisa menjadi solusi tepat untukmu dalam menyelesaikan masalah.

4. Diskusikan dalam brainstorming

Tidak semua masalah harus kamu atasi sendiri kok. Kadang ada kalanya kamu justru harus sedikit berbagi dan bercerita dengan teman rekan satu tim untuk menyelesaikan suatu masalah, terlebih jika masalah yang dihadapi memang ada hubungannya dengan tim di kantor.

Agar masalah yang dihadapi bisa lebih mudah selesai, ada baiknya kamu membicarakan masalah yang dihadapi dalam sesi brainstorming. Brainstorming adalah satu sesi dimana setiap karyawan bisa saling bertukar ide dan memberikan saran yang bisa bermanfaat untuk memudahkan tercapainya target yang dimiliki satu tim.

Saat brainstorming, cobalah untuk menceritakan masalah yang dihadapi. Setelah itu, minta setiap anggota tim untuk menyampaikan solusinya. Setelah itu pilih beberapa solusi yang sekiranya bisa bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan diskusikan dengan anggota tim, hingga akhirnya kamu dan tim menemukan satu solusi yang dirasa benar-benar tepat untuk menyelesaikan masalah.

Menariknya lagi, meskipun terlihat sederhana melakukan brainstorming ternyata juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving semua anggota tim.

5. Tidur yang cukup

Meskipun terlihat sederhana, tidur yang cukup ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Karena tidur yang cukup bisa membuat pikiranmu lebih segar, sehingga kamu bisa berpikir dengan lebih tenang dan jernih untuk menentukan solusi atas masalah yang mungkin sedang dihadapi.

6. Tuliskan masalah yang pernah dihadapi dan solusinya di buku harian

Tidak ada salahnya juga jika menuliskan di buku harian tentang beberapa masalah yang kamu hadapi dan solusinya. Jika suatu saat nanti kamu menghadapi masalah, kamu bisa membuka buku harian ini dan membacanya dengan seksama. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan membantumu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

7. Bermain game

Siapa bilang bermain game hanya bisa membawa dampak negatif. Faktanya bermain game justru bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Namun bukan sembarangan game ya. Beberapa game yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving yaitu rubik, sudoku, dan puzzle.

Meningkatkan kemampuan problem solving memang tidak semudah yang dibayangkan, namun tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukan beberapa tips meningkatkan kemampuan problem solving di atas.

Referensi

https://www.testgorilla.com/blog/importance-of-problem-solving-skills-in-the-workplace/

https://cmoe.com/blog/10-ways-to-improve-problem-solving-skills/

https://www.masterclass.com/articles/how-to-develop-problem-solving-skills#6-steps-of-the-problem-solving-process
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved