Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Tips Menolak Tawaran Kerja yang Baik

Mendapatkan tawaran kerja memang sangat menyenangkan. Namun, kadang karena satu dan lain hal kamu justru harus menolak tawaran kerja. Agar penolakan tawaran kerja yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik oleh perusahaan dan kamu tetap memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan, yuk simak beberapa tips menolak tawaran kerja di bawah ini.

Biasanya setelah mempertimbangkan dengan sangat matang, calon karyawan bisa saja menolak tawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan. Meskipun begitu, kamu harus tetap bisa menyampaikan penolakan tawaran kerja dengan cara yang sangat baik. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, kamu justru tertarik untuk bekerja atau mendapatkan tawaran kerja di perusahaan yang kamu tolak.

Ragam alasan seseorang menolak tawaran kerja

Beberapa alasan yang biasanya menyebabkan seseorang menolak tawaran pekerjaan, yaitu:

· Kurang cocok dengan fasilitas yang ditawarkan

· Fasilitas yang ditawarkan berbeda dengan yang disebutkan saat interview

· Mendapatkan tawaran kerja yang lebih menarik

· Tidak jadi resign dari perusahaan yang lama

· Memutuskan untuk tidak kembali bekerja full time karena harus mengurus keluarga di rumah

Apapun alasan kamu menolak tawaran pekerjaan, pastikan kamu menolaknya dengan sebaik mungkin tanpa menyakiti perasaan HRD dan user di perusahaan yang sudah susah payah meluangkan waktunya untuk memberikan kesempatan kepadamu ya.

Tips menolak tawaran kerja yang baik

Agar kamu bisa tetap mendapatkan kesan yang baik dari perusahaan yang tawaran kerjanya kamu tolak, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Sampaikan penolakan tawaran kerja dengan secepat mungkin

HRD di perusahaan biasanya memiliki target untuk merekrut perusahaan dalam satu periode waktu. Misalnya saja dalam satu bulan seorang HRD harus bisa merekrut 15 karyawan. Untuk membantu HRD di perusahaan yang kamu tolak memenuhi targetnya, ada baiknya kamu memberikan kabar tentang penolakan tawaran kerja secepat mungkin. Hal ini agar HRD bisa segera mencari penggantimu dengan cepat. Karena tidak bisa dipungkiri, proses rekrutmen seorang karyawan kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Untuk merekrut satu karyawan, seorang HRD biasanya akan menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk mengecek latar belakang, riwayat kerja, dan bahkan media sosial calon karyawan. Belum lagi waktu yang dihabiskan untuk melakukan interview dan memeriksa psikotes yang kamu kerjakan.

Ada baiknya juga jika kamu segera menolak tawaran kerja sebelum menandatangani dan memberikan surat penawaran kerja yang sudah diberikan. Karena beberapa perusahaan biasanya akan memberikan sanksi kepada calon karyawan yang menolak tawaran kerja setelah menandatangani surat penawaran.

2. Kirimkan surat penolakan tawaran kerja melalui email

Beberapa HRD mungkin akan memberikan kesempatan kepadamu untuk menolak tawaran kerja melalui pesan di Whatsapp. Meskipun begitu untuk menunjukkan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya pada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepadamu, tidak ada salahnya jika kamu tetap menyampaikan surat penolakan kerja melalui email.

3. Tunjukan apresiasi dan rasa terima kasih

Hal kedua setelah salam yang wajib ada dalam surat penolakan tawaran pekerjaan yang kamu buat adalah ucapan terima kasih dan kalimat apresiasi yang sebesar-besarnya kepada perusahaan. Misalnya “Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan pada saya” atau “Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk melakukan proses rekrutmen kepada saya”.

4. Tuliskan alasan penolakan

Setiap orang pasti memiliki alasannya sendiri-sendiri untuk menolak tawaran kerja. Apapun alasan penolakan kerja yang kamu sampaikan, jangan lupa untuk mencatumkannya di badan email dengan kalimat yang sehalus dan sejelas mungkin ya.

Kamu tidak perlu memberikan alasan yang sangat detail. Cukup katakan kamu sudah mendapatkan tawaran kerja di tempat lain, tanpa menyebutkan alasan spesifiknya, seperti karena kantor yang baru memberikan tawaran yang lebih baik atau lokasinya dekat dengan rumah.

5. Sampaikan keinginan untuk tetap berhubungan dengan baik

Dunia kerja khususnya dalam beberapa bidang memiliki ruang lingkup yang sangat sempit. Tidak menutup kemungkinan di masa depan HRD di perusahaan yang kamu tolak atau justru kamu sendiri memiliki kepentingan untuk bekerja sama satu sama lain.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu sampaikan keinginan untuk tetap menjalin hubungan dengan baik, misalnya “Semoga kedepannya saya dan (nama perusahaan) bisa bekerja sama” atau “Saya memiliki harapan besar agar saya dan (nama HRD) bisa tetap menjalin hubungan baik”.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyampaikan harapan agar perusahaan yang kamu tolak bisa semakin sukses kedepannya.

6. Ucapkan permintaan maaf

Di akhir surat penolakan kerja, jangan lupa juga untuk kembali menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena telah menolak tawaran kerja, misalnya “Sekali lagi saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya karena harus menolak tawaran yang diberikan”, atau “Terima kasih dan maaf saya ucapkan dengan tulus kepada HRD”.

7. Cek kembali surat sebelum di kirim

Sebelum mengirimkan surat penolakan tawaran kerja, ada baiknya kamu memeriksanya kembali dengan saksama. Jangan sampai ada typo atau salah ketik serta ada kesalahan penulisan nama atau perusahaan. Karena hal ini juga bisa menunjukkan kesan yang baik untuk perusahaan yang kamu tolak.

Selain itu, pastikan juga kamu menuliskan subjek email dengan jelas ya, misalnya “Surat penolakan tawaran kerja”.

Menolak tawaran kerja memang bisa menjadi dilema untuk setiap calon karyawan. Oleh karena itu, agar tidak menyesal di kemudian hari, ada baiknya kamu memikirkan dengan sangat matang sebelum menolak tawaran kerja. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan tips menolak tawaran kerja yang baik seperti di atas ya. Karena tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti kamu justru akan bekerja di perusahaan yang sudah kamu tolak.

Referensi

https://www.themuse.com/advice/how-to-gracefully-turn-down-a-job-offer

https://zety.com/blog/how-to-decline-a-job-offer

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved