Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Cara Menerapkan Work Life Balance dengan Baik

Menerapkan work-life balance ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih jarang stres lho. Untuk itu, yuk cari tahu cara menerapkan work-life balance di bawah ini ya.

Work-life balance adalah suatu istilah yang ditujukan untuk menggambarkan hubungan yang seimbang antara bekerja dan istirahat. Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, semua pekerja seharusnya tetap memiliki waktu untuk istirahat. Karena kalau tidak tubuh akan menjadi lebih mudah sakit sehingga menurunkan produktivitas.

Manfaat menerapkan work-life balance

Selain bermanfaat untuk mencegah stres, work-life balance punya banyak manfaat lain yang sayang banget untuk kamu lewatkan, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh semua pekerja agar bisa selalu menghasilkan karya yang inovatif dan menarik. Terlebih jika kamu memang kerja di bidang kreatif, seperti content writer, fotografer, atau editor video.

2. Mencegah tubuh menjadi lebih mudah sakit

Tidak bisa dipungkiri memang beban pekerjaan yang berat bisa membuatmu menjadi stres. Namun, jika dibiarkan stres yang kamu rasakan bisa berubah menjadi stres kronis dan akhirnya bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah sakit. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa dipicu oleh stres kronis, yaitu insomnia, depresi, darah tinggi, dan gangguan pencernaan. Kalau sudah sakit produktivitas kerja pasti akan menurun.

3. Membuat diri lebih bahagia

Salah satu kunci utama work-life balance penting adalah untuk membuat diri lebih bahagia. Karena ketika kamu bahagia maka kamu akan lebih produktif dalam bekerja dan tidak mudah menyerah dengan segala tantangan yang ada ke depannya.

 

Cara menerapkan work-life balance

Beberapa cara menerapkan work-life balance yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Batasi sikap perfeksionis

Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat lebih mudah stres dan lelah. Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan.

Karena bagaimanapun tidak ada satu orang pun yang tidak melakukan kesalahan dan kadang kesalahan itu justru bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

2. Tentukan skala prioritas

Pekerjaan memang tidak akan pernah ada habisnya. Namun, bukan berarti kamu harus mengerjakan semua pekerjaan dalam satu waktu yang singkat. Oleh karena itu, berusahalah untuk menyusun skala prioritas dan kerjakan tugas yang akan mendekati deadline terlebih dahulu.

Jika ternyata dalam satu hari kamu berhasil mengerjakan tugas dari kantor dalam waktu yang singkat, jangan paksakan diri untuk mengerjakan tugas untuk hari esok. Sebaliknya gunakan waktu senggang tersebut untuk sekedar beristirahat.

Jangan ragu juga untuk menghentikan kebiasaan bekerja di hari libur ya, karena bagaimanapun juga tubuh dan pikiran butuh istirahat.

3. Rajin olahraga

Sesibuk apapun kamu usahakan untuk selalu olahraga setiap hari ya. Gak perlu waktu yang lama kok, kadang olahraga selama 5-10 menit saja sudah cukup bermanfaat untuk mencegah stres dan pikiran buntu. Selain itu, rajin olahraga juga bermanfaat untuk membuat suasana hati (mood) menjadi lebih baik.

Olahraga yang kamu lakukan juga gak harus berat kok melakukan yoga atau meditasi di pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur juga sudah cukup untuk mencegah stres.

4. Sisipkan waktu istirahat saat bekerja

Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan mencegah stres. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat singkat setiap 3 jam sekali saat bekerja. Durasi istirahatnya juga gak perlu lama, yaitu 5-10 menit untuk sekedar bersantai dan membuka media sosial juga sudah cukup untuk membuat hidupmu terasa lebih seimbang.

5. Siapkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga

Memiliki waktu untuk melakukan “me time” dan menghabiskan waktu berkualitas atau quality time bersama keluarga setiap hari mungkin terlihat mustahil untuk banyak orang. Namun, setidaknya jangan lupa untuk selalu menyiapkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga minimal satu kali sehari di akhir pekan.

Karena tidak bisa dipungkiri dua hal inilah yang justru akan membuat tubuh semakin bersemangat dan berenergi untuk bekerja, sehingga produktivitas akan meningkat dengan sendirinya.

6. Matikan gadget saat tidak bekerja

Ingat kamu tidak seharusnya bekerja 24 jam. Jadi, ketika sudah lewat waktu kerja usahakan untuk mematikan semua notifikasi gadget, termasuk email dan Whatsapp.

Bila perlu kamu juga bisa memiliki dua gadget, satu gadget untuk bekerja dan satu gadget untuk kehidupan pribadi. Jadi, ketika jam bekerja sudah lewat kamu bisa mematikan gadget yang digunakan untuk bekerja.

7. Berani berkata “Tidak”

Salah satu hal sederhana yang sulit dilakukan untuk beberapa orang adalah berkata “Tidak” pada tuntutan pekerjaan yang diberikan atasan. Padahal sebagai karyawan kamu hanya punya hak untuk menolak pekerjaan kok, terlebih jika pekerjaan yang diberikan sudah lewat pukul 8 malam atau diberikan saat weekend.

8. Buat suasana kerja yang senyaman mungkin

Meskipun terlihat sederhana membuat suasana kerja yang senyaman mungkin ternyata juga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan waktu kerja dan kehidupan pribadi. Cara membuat suasana kerja yang senyaman mungkin juga gampang banget, kamu hanya perlu meletakkan barang-barang yang membuat semangat di meja kerja. Contohnya meletakkan foto dengan orang-orang tersayang, pajangan yang kamu suka, dan lilin aroma terapi.

Jika kamu sedang work from home atau kerja dari rumah, jangan lupa juga untuk menggunakan kursi yang senyaman mungkin agar suasana kerja terasa semakin nyaman.

Menerapkan work-life balance tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, tapi juga mental. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan ragu untuk menerapkan tujuh hal di atas ya.

Referensi

https://www.roche.com/careers/our-locations/asia/india/service/folder/20_tips_for_maintain.htm

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/work-life-balance/art-20048134

https://www.forbes.com/sites/deborahlee/2014/10/20/6-tips-for-better-work-life-balance/?sh=163b126329ff

https://www.lifehack.org/734028/work-life-balance-tips

https://blog.vantagecircle.com/work-life-balance/

 

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved