Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Cara Mengatasi Writer's Block

Kamu sering merasa tiba-tiba kehabisan ide saat sedang menulis? Hati-hati bisa jadi kamu sedang mengalami writer’s block. Tapi jangan khawatir karena pada dasarnya writer’s block bisa diatasi dengan beberapa cara mudah. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasi writer’s block di bawah ini.

Writer’s block merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang kehabisan ide untuk menulis atau mencari bahan tulisan. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja, baik penulis yang bekerja full time atau freelance sekalipun. Selain itu, kebuntuan menulis juga bisa dialami oleh seseorang yang tidak berprofesi sebagai penulis. Misalnya oleh mahasiswa yang sedang menyusun tesis ataupun karyawan kantor yang sedang menulis laporan pertanggung jawaban.

Penyebab writer’s block

Umumnya writer’s block bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Burnout

Burnout adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang merasa stres dan kelelahan yang berlebihan akibat pekerjaan. Hal ini biasanya terjadi jika kamu sudah terlalu memaksakan diri untuk bekerja, padahal tubuh sudah memberi sinyal untuk istirahat.

2. Adanya distraksi atau gangguan dari lingkungan

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu pemicu seseorang mengalami kebuntuan menulis adalah adanya distraksi. Misalnya saja suasana kantor yang terlalu berisik atau adanya suara gonggongan anjing tetangga di sekitar rumah.

3. Terlalu perfeksionis

Ayo coba ingat lagi sudah berapa paragraf dalam tulisan yang kamu hapus hanya karena kurang puas dengan tulisanmu. Memiliki sifat yang perfeksionis saat menulis memang baik, namun jika dilakukan secara berlebihan, hal ini justru bisa memicumu mengalami kebuntuan menulis.

Berbagai cara mengatasi writer’s block

Meskipun cukup mengganggu, pada dasarnya writer’s block bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Lakukan hal sederhana yang membuat tubuh lebih rileks dan bahagia

Kunci utama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kebuntuan saat menulis adalah membuat diri lebih rileks. Misalnya dengan melakukan olahraga ringan, membuat camilan, jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah atau kantor, menonton drama korea favorit, ataupun mandi air hangat.

Selain mengatasi kebuntuan saat menulis, melakukan hal sederhana untuk membuat diri lebih rileks juga bisa bermanfaat untuk memicu munculnya inspirasi untuk mengerjakan tulisan.

2. Istirahat sejenak

Saat mengalami kebuntuan menulis hal lain yang perlu kamu lakukan adalah berhenti sejenak dari menulis dan beristirahat. Karena memaksakan diri menulis saat mengalami kebuntuan, justru akan membuat tulisanmu menjadi kurang baik. Oleh karena itu, cobalah untuk meninggalkan tulisan selama beberapa saat, sampai pikiranmu menjadi jernih dan lebih rileks.

3. Dengarkan musik favorit

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kebuntuan saat menulis adalah dengan mendengarkan musik favorit. Hal ini karena mendengarkan musik favorit telah terbukti efektif untuk membuat tubuh lebih rileks dan berenergi sehingga secara tidak langsung bisa mengatasi kebuntuan dalam menulis.

Selain itu, mendengarkan musik favorit juga telah terbukti efektif memicu munculnya ide kreatif untuk menulis. Jika kamu sudah terbiasa mendengarkan musik saat bekerja. Ketika mengalami kebuntuan menulis coba dengarkan musik dengan genre lain atau coba dengarkan musik yang bisa membawa kenangan manis di masa lalu.

4. Lakukan free writing atau menulis bebas

Setelah rasa jenuhmu sudah mulai menghilang, tidak ada salahnya jika kamu melakukan free writing. Saat melakukan free writing, tuliskan hal apapun yang sedang dipikirkan dan ingin kamu tulis. Misalnya keluh kesah tentang kemacetan yang kamu hadapi hari ini, drama korea yang baru saja kamu tonton, atau rencana liburan yang ingin kamu lakukan. Meskipun terlihat sederhana, menulis bebas ternyata bisa bermanfaat untuk memicu ide kreatif untuk menulis.

5. Baca buku

Tidak bisa dipungkiri memang, membaca buku juga merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi writer’s block. Karena saat membaca buku kamu akan mengetahui tulisan lain yang mungkin memiliki sudut pandang berbeda dari tulisan yang sedang kamu buat. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk mengatasi kebuntuan dan justru memicu ide-ide kreatif yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

6. Hindari sifat perfeksionis dan izinkan diri sendiri melakukan kesalahan

Bila rasa buntu dan jenuh yang kamu rasakan sudah mulai menghilang, tidak ada salahnya jika kamu mulai menulis. Namun, saat mulai menulis jangan takut salah menuliskan kata atau susunan kalimat. Karena memaksakan diri untuk menulis dengan sebaik mungkin, justru bisa membuat diri sendiri menjadi stres sehingga ide menulis akan semakin buntu.

Sebaliknya, membebaskan diri sendiri untuk sesekali melakukan kesalahan, justru bisa membuat pikiran lebih rileks dan membuat ide menulismu bisa mengalir kembali.

7. Pindah posisi kerja

Meskipun terlihat sederhana, pindah posisi kerja ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi writer’s block lho. Misalnya saja jika saat ini kamu sedang menulis di ruang kantor, tidak ada salahnya jika kamu minta izin pada atasan untuk bekerja dari pantry atau ruangan lain yang ada di kantor. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuat pikiranmu lebih rileks dan tenang, sehingga kebuntuan yang kamu alami akan berkurang dan hilang sepenuhnya.

8. Ngobrol dengan rekan kerja

Jika selama ini kamu hanya mengobrol dengan rekan kerja di jam istirahat, sekarang tidak ada salahnya jika kamu mengajak ngobrol rekan kerja saat mengalami writer’s block. Karena tidak bisa dipungkiri memang, ngobrol dengan kerja bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh, sehingga kebuntuan pikiran bisa menghilang.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga mengobrol dengan rekan kerja justru bisa membuatmu mendapatkan ide baru untuk menulis.

Writer’s block merupakan hal yang sangat normal dialami oleh semua penulis maupun siapapun yang sedang menulis suatu artikel atau makalah. Jadi, ketika kamu mengalami writer’s block, jangan salahkan diri sendiri dan berusahalah untuk membuat diri menjadi lebih rileks. Jangan lupa juga untuk mempraktekkan beberapa cara mengatasi writer’s block seperti di atas ya.

Referensi

https://goinswriter.com/how-to-overcome-writers-block-2/

https://www.inc.com/john-brandon/6-ways-to-relieve-a-serious-case-of-writer-s-block.html 

https://psychcentral.com/blog/5-creative-cures-for-writers-block#1

 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved