Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Kesalahan saat Interview yang Harus Dihindari

Kamu ingin proses interview berjalan dengan lancar dan bisa meningkatkan kemungkinan diterima kerja? Kalau iya, yuk coba hindari tujuh kesalahan saat interview di bawah ini.

Interview atau wawancara bisa dibilang merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses rekrutmen. Bahkan untuk beberapa perusahaan interview merupakan tahap akhir yang akan menentukan diterima atau tidaknya seorang karyawan untuk bekerja. Oleh karena itu, kamu harus bisa melakukan interview dengan sebaik mungkin dan menghindari semua kesalahan, baik kesalahan kecil sekalipun.

Kesalahan saat interview yang perlu dihindari

Agar interview yang kamu jalani bisa berjalan dengan lancar dan bisa meningkatkan kemungkinan kamu diterima bekerja, yuk simak beberapa kesalahan saat interview yang perlu dihindari berikut ini:

1. Kurang persiapan

Melakukan persiapan sebelum wawancara merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Karena melakukan persiapan dengan sangat baik bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik dan membuatmu terhindar dari rasa gugup, sehingga bisa menjawab semua pertanyaan wawancara dengan baik.

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat wawancara adalah mempelajari semua hal penting tentang perusahaan, tugas yang kamu jalankan, dan kisaran gaji yang akan diberikan perusahaan. Selain itu, bila perlu sebelum wawancara, kamu juga bisa mempelajari terlebih dahulu tentang budaya di perusahaan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk membantumu menentukan gaya bahasa yang akan digunakan selama wawancara.

2. Tidak berpakaian rapi

Meskipun terlihat sederhana, tidak berpakaian rapi juga bisa menjadi alasan kamu di tolak bekerja lho. Karena tidak berpakaian rapi bisa menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang terlihat sembarangan dan tidak menghargai kesempatan yang diberikan pewawancara.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berpakaian rapi saat interview. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyesuaikan pakaian interview dengan karakter perusahaan tempat kamu interview. Misalnya saja jika kamu interview untuk perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) gunakan pakaian yang formal. Sedangkan kalau kamu interview di perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, seperti media atau agensi, jangan lupa untuk gunakan pakaian yang semi formal.

Menggunakan pakaian yang sesuai dengan karakter perusahaan menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang sangat bersungguh-sungguh.

 

3. Terlalu banyak berbicara

Kadang untuk menutupi rasa gugup saat interview, kamu malah jadi banyak berbicara. Padahal faktanya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Untuk itu, mulai sekarang yuk berlatih menjawab pertanyaan interview dengan singkat dan padat.

Sampaikan informasi yang benar-benar relevan dengan pertanyaan yang diajukan pewawancara. Cobalah untuk tetap berbicara tentang kehidupan pribadi kamu seminimal mungkin dan menjaga percakapan agar tetap profesional. Beri pewawancara kesempatan untuk berbicara juga dan gunakan isyarat nonverbal seperti mengangguk dan kontak mata untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan.

4. Terlalu fokus pada diri sendiri

Terlalu fokus menunjukkan kelebihan diri sendiri juga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Karena hal ini bisa menunjukkan kamu merupakan orang yang terkesan sombong. Sebaliknya, saat diminta menceritakan diri sendiri ada baiknya kamu fokus menceritakan tentang kontribusi yang bisa diberikan pada perusahaan. Jelaskan juga pada pewawancara tentang kontribusi besar apa yang telah kamu berikan untuk perusahaan sebelumnya.

5. Berbicara tentang keburukan kantor sebelumnya

Alih-alih berbicara buruk tentang kantor sebelumnya, ada baiknya kamu menceritakan pengalaman kerja dan kemampuan yang selama ini kamu sudah kuasai. Jika pewawancara mengajukan pertanyaan seperti, "Ceritakan tentang saat kamu berurusan dengan rekan kerja yang sulit" atau "Bagaimana kamu menangani bekerja dengan orang yang berbeda pendapat?" coba jawab pertanyaan ini secara positif tanpa menunjukkan kejelekan kantor yang lama sekali.

Hal ini bisa menunjukkan menunjukkan kepada pewawancara bahwa kamu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik dan bisa selalu menjalin hubungan yang baik dengan rekan-rekan di perusahaan yang lama.

 

6. Datang interview tidak tepat waktu

Bisa dibilang tidak tepat waktu dengan datang terlambat saat interview merupakan salah satu kesalahan paling fatal yang dilakukan oleh kandidat karyawan. Namun, sayangnya di sisi lain hal ini juga masih cukup sering dilakukan oleh kandidat karyawan. Padahal datang tepat waktu bisa menjadi kunci keberhasilan kamu diterima bekerja.

Oleh karena itu, yuk mulai sekarang usahakan untuk selalu datang tepat waktu saat interview. Idealnya kamu datang ke tempat interview paling telat 30 menit sebelum interview di mulai. Jika interview dilakukan secara online, maka usahakan untuk sudah online paling telat 10 menit sebelum interview di mulai. Jika, kamu terpaksa datang terlambat karena ada hal yang sangat mendesak, jangan lupa untuk mengabari HRD ya.

7. Terlalu banyak menggunakan handphone

Sebanyak apapun pesan atau pekerjaan yang ada di handphone, usahakan untuk tidak menggunakan handphone sama sekali saat interview ya. Karena terlalu banyak menggunakan handphone saat interview bisa menunjukkan bahwa kamu tidak serius menjalankan interview dan tidak tertarik untuk bekerja di perusahaan.

8. Tidak memiliki pertanyaan untuk ditanyakan

Di akhir wawancara, kemungkinan pewawancara akan menanyakan apakah kamu memiliki pertanyaan. Jika kamu diberikan kesempatan ini jangan membuang kesempatan dengan tidak bertanya ya. Karena tidak bertanya pada akhir sesi interview menunjukkan bahwa kamu kurang tertarik untuk bekerja di perusahaan.

Saat bertanya pastikan juga bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dapat ada jawabannya di website atau halaman media sosial perusahaan. Selain itu, pastikan untuk mengajukan pertanyaan yang informasinya belum tercakup dalam interview.

 

Melakukan kesalahan saat wawancara memang hal yang normal dan cukup sering terjadi. Hal ini biasanya dipicu oleh rasa tegang akibat interview. Meskipun begitu, jangan ragu untuk meminimalisir kesalahan yang kamu lakukan dengan menghindari beberapa kesalahan di atas ya.

Referensi

https://porterchester.edu/news-events/the-10-biggest-job-interview-mistakes

https://www.prospects.ac.uk/careers-advice/interview-tips/top-5-job-interview-mistakes

https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/job-interview-mistakes
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved