Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Tips Cari Kerja untuk Fresh Graduate

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang persaingan untuk mendapatkan kerja memang cukup ketat, khususnya untuk fresh graduate. Namun, ada beberapa tips cari kerja untuk fresh graduate yang bisa dilakukan untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan pekerjaan.

Pada dasarnya untuk mendapatkan pekerjaan hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat CV yang baik dan terus meningkatkan kemampuan, khususnya untuk fresh graduate. Selain itu, ada juga cara lain yang bisa dilakukan.

Tips cari kerja untuk fresh graduate

Pada dasarnya mendapatkan pekerjaan pertama untuk fresh graduate tidak sesulit yang dibayangkan kok, yuk simak tips cari kerja untuk fresh graduate di bawah ini:

1. Buat resume yang sebaik mungkin

Bisa dibilang resume merupakan ‘pintu gerbang’ untuk mendapatkan pekerjaan yang akan dilihat HRD sebelum CV. Oleh karena itu kamu wajib membuat resume yang sebaik mungkin. Caranya dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar serta kontak yang masih aktif.

2. Bikin CV yang sebaik mungkin

CV memang dokumen yang perlu dibuat dengan baik. Karena selain surat lamaran kerja, CV akan menjadi hal kedua yang dipertimbangkan HRD sebelum memutuskan apakah seseorang bisa lanjut mengikuti tahap interview atau tidak.

Saat ini CV juga seolah menjadi salah satu ‘kunci’ utama yang harus dibuat dengan menarik agar kemungkinan kamu dipanggil interview kerja semakin besar.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV dengan baik adalah dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas, gunakan kata yang mudah dimengerti, masukkan informasi yang penting saja, dan gunakan foto yang profesional.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan kontak yang masih aktif dan mudah dihubungi. Karena sayang bangetkan, jika kamu gagal mendapatkan panggilan interview hanya karena kontak yang kamu masukkan salah atau sudah tidak aktif.

3. Optimalkan penggunaan aplikasi pencari kerja

Hal lain yang penting dan tidak boleh terlewatkan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi pencari kerja. Caranya dengan melengkapi data sebaik mungkin dan aktif mencari kerja setiap hari.

Saat ini ada begitu banyak aplikasi pencari kerja yang bisa kamu gunakan. Jadi, jangan lupa untuk menggunakannya sebaik mungkin ya. Menggunakan aplikasi pencari kerja relatif mudah dilakukan dan tidak akan menghabiskan banyak waktu. Bahkan tidak menutup kemungkinan dalam waktu 15 menit kamu sudah bisa melamar pekerjaan ke 50 perusahaan dari satu aplikasi.

4. Kirim lamaran langsung ke perusahaan

Selain aktif di mencari kerja di aplikasi pencari kerja, jangan lupa juga untuk aktif mengirimkan surat lamaran ke email HRD. Karena mengirimkan surat lamaran secara langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan CV kamu langsung dilihat oleh HRD.

Untuk mencari alamat email HRD, kamu bisa membuka Google dan ketik “Email HRD (nama perusahaan)”. Nantinya kamu akan mendapatkan email HRD yang masih aktif di perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa membuka website perusahaan untuk mencari email HRD.

5. Aktif di Linkedin

Linkedin adalah website yang dirancang khusus untuk kepentingan karier. Sekilas Linkedin mungkin terlihat serupa dengan media sosial, seperti Facebook atau Twitter.

Namun, faktanya Linkedin merupakan media sosial dalam bentuk yang lebih profesional dan bisa memberikan dampak positif yang begitu besar untuk diri sendiri, khususnya dalam meningkatkan kesempatan mengembangkan karier dan mendapatkan tawaran pekerjaan baru.

Jadi, kamu wajib memaksimalkan Linkedin untuk mendapatkan lowongan kerja. Caranya dengan menggunakan foto profil yang profesional dan melengkapi data. Selain itu, kamu juga bisa aktif membagikan atau like postingan teman. Karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan profil kamu dilihat HRD.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang tips mengoptimakan linkedin, yuk baca 7 Cara Mengoptimalkan Linkedin agar Dilirik HRD.

6. Aktif di media sosial

Media sosial tidak selamanya buruk lho. Karena media sosial juga bisa menjadi ajang ‘memamerkan diri’ untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. Caranya dengan rajin memasukkan portofolio.

Misalnya saja kamu seorang fotografer, jangan ragu untuk memasukkan semua hasil foto ke media sosial. Karena tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan tawaran menjadi fotografer full time atau freelance.

Jika kamu seorang content writer, jangan ragu untuk memasukkan portofolio di media sosial. Karena sama halnya dengan fotografer, hal ini bisa semakin meningkatkan kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan.

7. Rajin ikut pelatihan

Saat ini ada ribuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa kamu ikuti. Bahkan semua pelatihan ini bisa kamu ikuti secara online menggunakan handphone atau gadget lainnya. Rajin mengikuti pelatihan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan di banyak bidang, sehingga kemungkinan kamu diterima kerja juga semakin besar.

Pelatihan yang kamu ikuti juga gak harus sesuai dengan jurusan kuliah. Kamu juga bisa mengambil pelatihan lain yang kamu suka karena semakin banyak kemampuan lain di luar jurusan kuliah yang kamu kuasai maka akan semakin baik.

Menariknya lagi saat mengikuti pelatihan kamu pasti akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini wajib kamu cantumkan di CV agar semakin menarik perhatian HRD.

8. Ikut seminar

Jika saat kuliah kamu terbiasa mengikuti berbagai macam seminar. Yuk, setelah lulus kuliah tetap aktif mengikuti seminar. Karena mengikuti seminar dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk menambah relasi sehingga kemungkinan mendapatkan pekerjaan bisa semakin besar.

9. Jangan terlalu pemilih

Memilih pekerjaaan yang tepat dengan teliti memang wajib kamu lakukan. Namun jangan sampai kamu terlalu pemilih hingga akhirnya membuang kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang sebenarnya tidak jelek ya. Terlebih jika ternyata kamu hanya mau bekerja di perusahaan yang gajinya sangat besar.

Karena hal terpenting yang wajib dilakukan fresh graduate saat mencari pekerjaan pertama adalah memilih tempat kerja yang bisa membuat diri lebih berkembang dan bisa memberikan kesempatan kamu untuk belajar banyak hal baru.

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang mungkin terlihat sangat ketat. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu mempraktikkan tips cari kerja untuk fresh graduate seperti di atas.

Referensi

https://www.idp.com/middleeast/living-abroad/job-seeking-tips/?lang=en

https://www.manpowerbusiness.co.id/blog/2020/09/5-job-search-tips-for-fresh-graduates-during-covid-19

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved