Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

8 Tips dan Cara Berjualan di Tik Tok Shop untuk Pemula

cara berjualan di tiktok shop

Selain berjualan di e-commerce, kamu juga bisa berjualan di platform social media. Misalnya saja Twitter, Facebook, Instagram, dan yang terbaru adalah Tik Tok. Seperti yang sudah diketahui beberapa tahun ke belakang Tik Tok memang jadi primadona. Sekarang, kamu bisa memanfaat Tik Tok bukan hanya sekedar untuk bikin konten saja, tapi juga berjualan. 



Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha



Sudah banyak loh kisah sukses wirausaha yang meraup banyak keuntungan dari Tik Tok. Tidak ada salahnya kamu juga mulai mencoba berjualan sekaligus membuat konten yang menarik di Tik Tok. Nah, ada rahasia cara berjualan di Tik Tok Shop agar usahamu banjir order-an setiap hari. Yuk, simak tipsnya di sini!


Cara Berjualan di Tik Tok Shop


Sama seperti platform jualan online yang lainnya, hal pertama yang harus kamu buat adalah nama toko yang akan digunakan sebagai identitas dari toko online kamu. Berikutnya, persiapkan alamat lengkap sampai rekening bank yang masih berlaku.





Lalu setelah semua siap, bagaimana langkah-langkah untuk mendaftar TikTok shop?


  1. Pertama, buka aplikasi TikTok shop terlebih dahulu. Namun, pastikan dulu akun TikTok kamu menjadi akun bisnis, kalau sudah baru deh kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.
  2. Nanti akan muncul pop up dengan tulisan “become seller” lalu sign up pakai akun TikTok untuk membuka TikTok shop.
  3. Selanjutnya, isi informasi pribadi yang diperlukan seperti email, nomor telepon, dan data lainnya.
  4. Terakhir, isi profil seller TikTok shop sesuai sama toko online kamu misalnya nama toko sampai jenis usaha yang kamu jalani.
  5. Sesudah semuanya terisi lalu klik lanjutkan

Kalau telah akun bisnismu telah dikonfirmasi, barulah kamu bisa mulai berjualan di TikTok Shop.


Tips Berjualan di Tik Tok Shop


Setelah mendaftar di TikTok SHop, pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana sih cara supaya produk yang dimiliki bisa terjual laku keras? Yuk, cek tips cara berjualan di Tik Tok Shop berikut ini! 


1. Manfaatkan Katalog Produk


Cara berjualan di Tik Tok Shop yang pertama adalah dengan memanfaatkan katalog produk sebaik mungkin. Misalnya, kamu bisa menggunakan hashtag. Pasalnya, konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. 


Melalui menu Discover pada aplikasi TikTok, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu kamu meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.


Persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka pengikutmu. Melalui cara berjualan di Tik Tok Shop ini, kamu juga bisa melihat dan menentukan kompetitor yang ada. Namun, kamu perlu menghindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Hal ini dikarenakan penggunaan hashtag populer akan membuat konten yang kamu miliki jadi tenggelam.


Sebaiknya, gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis kamu mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.


2. Buat Konten yang Menarik untuk Memasarkan Produk


Kalau kamu sudah menentukan hashtag agar katalog produkmu lebih menonjol, sekarang saatnya kamu membuat konten yang menarik perhatian orang banyak. Misalnya saja, kamu bisa membuat konten awal untuk memperkenalkan bisnis.


Lalu, cara berjualan di Tik Tok Shop selanjutnya adalah dengan membuat konten yang berisi tentang perkenalan produk yang kamu jual, sistem penjualan, pengemasan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih lagu-lagu ataupun filter yang sedang tren di kalangan pengguna TikTok supaya konten promosi bisnis bisa viral.


3. Berikan Promo Menarik


Selanjutnya, kamu dapat memanfaatkan TikTok Ads untuk memberikan promo-promo menarik dari produk bisnis yang dijual. Terdapat beberapa jenis TikTok Ads, seperti pre-roll ads, in-feed ads, promoted hashtag challenges, dan branded effects. Pilihlah TikTok Ads yang sesuai dengan target market agar produkmu dapat semakin terlihat!


Nah, itulah tadi beberapa contoh cara berjualan di Tik Tok Shop yang bisa kamu terapkan supaya bisnismu banjir orderan. Selain dengan mengikuti cara berjualan di Tik Tok Shop seperti di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan marketing di Pijar Mahir. 


Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu. Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved