Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

8 Tips Mengatur Waktu saat Kerja dari Rumah

Kamu sering merasa jenuh dan stres saat kerja dari rumah atau work from home? Hal ini mungkin terjadi karena kamu kurang bisa mengatur waktu dengan baik. Oleh karena itu, yuk cari tahu tips mengatur waktu saat kerja dari rumah di bawah ini.

Kerja dari rumah memang sangat berbeda dari kerja dari kantor atau work from office. Karena saat bekerja di kantor karyawan biasanya memiliki jadwal kerja dari perusahaan yang sudah sangat teratur.

Sedangkan saat kerja dari rumah beberapa perusahaan biasanya akan memberikan sedikit kelonggaran kepada karyawannya untuk bisa mengatur waktu kerjanya sendiri, asalkan pekerjaan tetap selesai tepat waktu. Hal inilah yang kadang justru bisa memicu karyawan menjadi stres karena kurang bisa mengatur waktu dengan baik.

Padahal sebenarnya saat kerja dari rumah, kamu bisa memiliki banyak waktu senggang karena waktu yang digunakan untuk pergi ke kantor dan pulang ke rumah bisa kamu gunakan untuk istirahat.

Tips mengatur waktu saat kerja dari rumah

Agar kamu selalu terhindar dari rasa jenuh dan stres saat kerja dari rumah, yuk simak tips mengatur waktu saat kerja dari rumah di bawah ini:

1. Buat jadwal kerja setiap harinya 

Kerja dari rumah memang memudahkanmu untuk mengatur jadwal kerja sendiri. Namun, usahakan untuk tetap membuat jadwal yang sama setiap harinya dan jangan lupa juga untuk selalu mematuhi jadwal tersebut ya. Misalnya pukul 09.00-12.00 adalah waktu untuk fokus bekerja, 12.00-13.00 istirahat, dan 13.00-16.00 waktunya untuk bekerja kembali. Karena jika kamu bekerja tanpa jadwal yang jelas, kemungkinan kamu terdistraksi hal lainpun akan semakin besar. Sehingga tidak menutup kemungkinan, akhirnya kamu justru akan bekerja ketika sudah mendekati deadline. Hal inilah yang kemudian bisa memicu stres.

2. Selesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu

Hal lain yang tidak boleh terlupakan saat kerja dari rumah adalah selalu menyelesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain yang deadlinenya masih cukup lama atau menggunakan waktu senggang untuk sekedar istirahat.

3. Disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan

Disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan juga merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan. Karena selain membuatmu terhindar dari stres, disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

4. Terapkan metode time blocking

https://www.pijar.info/blog/manfaat-dan-cara-menerapkan-metode-time-blockingMetode time blocking atau yang biasa dikenal dengan monotasking adalah metode yang digunakan ketika kamu memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu pekerjaan.

Saat kerja dari rumah, metode time blocking sangat bermanfaat untuk membuat pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu, sehingga kamu bisa memiliki waktu untuk sekedar istirahat sejenak.

Cara menerapkan metode time blocking juga sangat mudah kok. Misalnya jika dalam satu hari kamu memiliki tugas untuk mengerjakan 2 desain dan satu desain bisa kamu kerjakan dalam waktu 2 jam, maka sisihkan waktu sebanyak 4 jam untuk fokus bekerja.

Selain menentukan durasi waktu untuk bekerja, tentukan juga daftar pekerjaan lain yang ingin dikerjakan dan berapa durasi yang diperlukan untuk mengerjakan suatu hal. Misalnya dalam satu hari, kamu harus ibadah, membalas email, makan, membereskan kamar, olahraga, dan mencuci baju.

 

5. Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Walaupun terlihat sederhana, menciptakan suasana kerja yang nyaman ternyata juga sangat bermanfaat untuk membuatmu terhindar dari stres, sekaligus meningkatkan produktivitas kerja.

Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi setiap orang bisa berbeda. Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses pekerja. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.

Selain itu, kadang tanpa disadari menciptakan suasana kerja yang nyaman juga bermanfaat untuk memicu semangat kerja, sehingga secara tidak langsung kamu bisa selalu disiplin dengan jadwal kerja yang sudah ditentukan.

6. Hilangkan distraksi

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang gadget yang ada di meja kerja atau TV yang menyala bisa mengganggu konsentrasi untuk bekerja dan membuatmu lalai untuk mematuhi jadwal kerja yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, saat bekerja usahakan untuk menghilangkan semua distraksi yang mungkin bisa mengganggumu, misalnya dengan mematikan gadget, mematikan TV, dan tidak memasukkan hewan peliharaan ke ruang kerja.

7. Gunakan baju kerja yang rapi

Jika selama ini kamu kerja dari rumah dengan menggunakan pakaian rumah, tidak ada salahnya jika sesekali kamu bekerja dengan menggunakan baju rapi yang biasanya kamu gunakan untuk kerja di kantor. Karena meskipun terlihat sederhana, menggunakan baju rapi saat kerja dari rumah bisa bermanfaat untuk meningkatkan fokus kerja, sehingga kamu bisa disiplin dengan jadwal kerja yang sudah ditentukan.

8. Istirahat secara rutin 

Kerja dari rumah bukan berarti kamu harus bekerja sepanjang hari tanpa ada istirahat sama sekali lho. Justru kerja dari rumah harusnya bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk kamu memperbanyak waktu istirahat. Karena saat kerja di kantor waktu yang kamu miliki biasanya akan banyak habis di jalan untuk pergi ke kantor dan pulang ke rumah.

Oleh karena itu, saat kerja dari rumah jangan lupa untuk selalu istirahat singkat secara rutin. Misalnya saja setelah bekerja 2 jam tidak ada salahnya jika kamu istirahat sejenak selama kurang lebih 15 menit untuk sekedar berjalan kaki di sekitar lingkungan rumah atau membuat camilan favorit. Istirahat secara rutin juga telah terbukti bermanfaat meningkatkan produktivitas saat bekerja. Karena pikiran akan menjadi kembali segar saat bekerja.

 

Bekerja dari rumah atau work from home memang bisa membawa dampak positif untuk diri sendiri. Namun, jangan lupa untuk selalu menerapkan tips mengatur waktu saat kerja dari rumah seperti di atas. Karena tips tersebut bisa membantumu mencegah stres atau jenuh saat kerja dari rumah.

Referensi

https://facilethings.com/blog/en/easy-time-management-techniques-for-remote-workers

https://www.roberthalf.com/blog/salaries-and-skills/8-realistic-tips-for-time-management-when-working-from-home
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved