Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Kamu Wajib Tahu 8 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat hybrid working

Produktivitas saat hybrid working

Hybrid working adalah sistem kerja yang memungkinkan karyawan untuk bekerja di kantor (work from office) dan bekerja di rumah (work from home) secara bergiliran. Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan hybrid working.


Sekilas hybrid working mungkin terlihat menyenangkan untuk dijalankan karyawan. Namun, di sisi lain hybrid working ternyata bisa membawa beberapa dampak buruk untuk karyawan lho, seperti menurunkan produktivitas kerja dan membuat diri sendiri menjadi sulit untuk fokus bekerja.

 

Tips Meningkatkan Produktivitas Saat hybrid working


Ketika kantor menerapkan sistem hybrid working, kamu harus membiasakan diri bekerja di kantor dan di rumah secara bergantian dalam satu minggu.  Selain itu, saat hybrid working khususnya ketika kerja di rumah ada beberapa hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi kerja, seperti suara berisik dari tetangga, anggota keluarga yang mungkin meminta bantuanmu saat kamu sedang bekerja, atau suasana kerja yang kurang nyaman. Hal inilah yang kadang bisa semakin menurunkan produktivitas kerja.


Namun, jangan khawatir pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja saat hybrid working, yaitu:


1. Buat jadwal kerja setiap harinya


Meskipun terlihat sederhana, faktanya menyusun jadwal kerja ternyata bisa bermanfaat untuk membuat kamu lebih fokus, sehingga secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Untuk itu, yuk mulai buat jadwal kerja setiap harinya. Misalnya pukul 09.00-12.00 adalah waktu untuk fokus bekerja, 12.00-13.00 istirahat, dan 13.00-16.00 waktunya untuk bekerja kembali.

 

Karena jika kamu bekerja tanpa jadwal yang jelas, kemungkinan kamu terdistraksi hal lainpun akan semakin besar. Sehingga tidak menutup kemungkinan, akhirnya kamu justru akan bekerja ketika sudah mendekati deadline. Hal inilah yang kemudian justru bisa memicu stres.  Menerapkan jadwal kerja juga bisa kamu praktekkan saat sedang bekerja di kantor ya.


2. Ciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin


Hal lain yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap fokus bekerja dan menjaga diri agar tetap produktif kerja dengan sistem hybrid working adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk kerja bagi setiap karyawan bisa berbeda.


Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja kerja dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.


Jika kamu sedang bekerja di kantor, jangan lupa juga untuk menciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin. Misalnya dengan memajang foto orang tersayang di meja kerja dan menyesuaikan tinggi kursi dengan kebutuhan.


BACA JUGA: 9 Cara Mengatasi Overthinking Saat Bekerja


3. Kerjakan pekerjaan yang paling sulit dan sudah mendekati deadline terlebih dahulu


Di pagi hari biasanya energi tubuh masih sangat banyak dan pikiran juga masih bisa berpikir dengan maksimal. Oleh karena itu, manfaatkan waktu di pagi hari untuk mengerjakan pekerjaan yang paling sulit dan sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Lalu, di siang menjelang ke sore hari kerjakan pekerjaan yang memang relatif mudah. Karena hal ini telah terbukti ampuh membuatmu tetap produktif bekerja.


4. Terapkan metode time blocking


Dimanapun kamu kerja, baik di rumah maupun di kantor jangan lupa untuk selalu menerapkan metode time blocking ya. Karena menerapkan metode time blocking telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus kerja dan meningkatkan produktivitas diri.


Metode time blocking atau yang biasa dikenal dengan monotasking adalah metode yang digunakan ketika kamu memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

Kalau kamu ingin tahu informasi lebih jauh tentang metode time blocking, baca artikel ini ya Manfaat dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking.


 BACA JUGA:11 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

 

5. Istirahat secara rutin


Pikiran dan tubuh perlu istirahat secara rutin lho. Karena istirahat secara rutin telah bermanfaat meningkatkan fokus bekerja. Jadi, di sela-sela bekerja gak ada salahnya kok kamu mengambil jeda untuk sekedar istirahat dengan membuka media sosial atau membaca komik kesukaan.


Namun, batasi durasinya ya jangan sampai waktu istirahat yang kamu lakukan terlalu lama. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika kamu tidur singkat di siang hari atau yang biasa dikenal dengan istilah power nap. Karena power nap juga telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan produktivitas bekerja. Kalau di kantor kamu kurang nyaman untuk melakukan power nap, maka tidak ada salahnya jika di kantor kamu rebahan sejenak di kursi kantor,


6. Konsumsi makanan bergizi


Cara lain yang wajib kamu lakukan agar bisa tetap fokus dan produktif bekerja saat perusahaan menerapkan sistem hybrid working adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, ada beberapa makanan yang memang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus, yaitu cokelat hitam, kacang, ikan telur, daging, dan alpukat.


BACA JUGA: Tips Mengatur Waktu Kerja di Tengah Padatnya Jadwal Meeting


7. Cukupi kebutuhan cairan


Untuk mencegah tubuh kekurangan cairan dan membuatmu tetap semangat beraktivitas, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan. Idealnya agar tetap fokus bekerja, kamu minum 2-2,5 liter air putih setiap harinya. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air di sela-sela bekerja. Karena hal ini juga bermanfaat untuk membuat diri tetap fokus bekerja.  


8. Rajin olahraga


Sesibuk apapun kamu dalam bekerja dan mengerjakan aktivitas lain, jangan lupa untuk selalu rajin olahraga ya. Karena olahraga telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas hingga 50%. Namun, bukan sembarangan olahraga ya.


Beberapa olahraga yang telah terbukti  ampuh bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bekerja adalah jalan kaki, yoga, dan pilates yang ringan. Menariknya lagi, kamu bisa menentukan sendiri waktu yang paling tepat untuk olahraga, baik di pagi, sore, atau malam hari.



Jangan lupa juga untuk menyesuaikan olahraga dengan kemampuan diri sendiri. Jika, ternyata kamu hanya sanggup olahraga 10 menit setiap harinya, maka hal ini masih diperbolehkan. Karena setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing.

 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa tetap produktif saat kantor tempat kamu bekerja menerapkan sistem hybrid working. Selain beberapa poin di atas, hal penting yang perlu kamu lakukan saat bekerja dengan sistem hybrid working adalah selalu bekerja dengan ritme yang sama setiap harinya. Karena hal ini juga merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas diri.

 

Referensi


https://www.flexjobs.com/blog/post/tips-for-focus-productivity-hybrid-work-schedule/ 

https://www.zdnet.com/article/make-time-for-casual-collisions-six-ways-to-stay-productive-with-remote-work/

https://www.yondu.com/articles/hybrid-working-productivity-tips/


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved