Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ingin Menjadi Reseller? Simak Dulu 8 Tips Ini

Tips menjadi reseller

Reseller adalah orang yang membeli produk dari produsen dan kemudian menjual kembali produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Produk yang biasanya dijual oleh reseller cukup beragam, mulai dari tas, sepatu, baju, hingga minyak wangi. Jenis produk yang dijual oleh reseller bisa berbeda-beda, tergantung dari target pasar masing-masing reseller.


Saat ini bisnis untuk menjadi reseller memang terlihat cukup menjanjikan, karena saat menjadi reseller kamu tidak perlu memiliki stok barang yang terlalu banyak. Hal yang paling penting sebelum kamu mulai menjadi reseller adalah pastikan kamu memiliki produsen terpercaya, yang juga memiliki stok barang cukup banyak. Jadi, ketika ada pembeli yang ingin membeli barang, kamu bisa langsung membeli barang dari produsen tanpa perlu menunggu lama.   


Ragam Tips Menjadi Reseller


Pada dasarnya memulai bisnis sebagai seorang reseller bisa membawa beberapa keuntungan untuk kamu,  seperti tidak perlu modal usaha yang besar, namun bisa menghasilkan untung yang cukup besar, dan bisnisnya pun relatif mudah untuk dijalankan. Nah, kalau kamu sudah yakin ingin memulai bisnis sebagai reseller, simak dulu yuk beberapa tips menjadi reseller di bawah ini:


1. Buat perencanaan bisnis yang matang


Perencanaan bisnis yang matang akan sangat memudahkanmu untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis untuk menjadi reseller.  Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang dalam membuat rencana bisnis adalah produk apa yang ditawarkan, tujuan membangun bisnis, target pasar, dan target yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan.  


Rencana bisnis ini bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengembangkan bisnis kamu ke depannya.

 

2. Riset kebutuhan pasar


Hal kedua yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang reseller adalah melakukan riset kebutuhan pasar atau sederhananya mengetahui barang atau jasa apa yang sedang dibutuhkan banyak calon konsumen. Misalnya saja jika saat ini banyak pekerja kantoran yang senang menggunakan pakaian dengan nuansa monokrom (hitam putih) atau warna-warni, maka tidak ada salahnya jika kamu mencari produsen yang menyediakan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut.


Namun, agar bisnis yang kamu jalankan bisa mendatangkan banyak pelanggan, kamu bisa menjual barang yang memiliki ciri khas tertentu. Misalnya saja kamu bisa menjual pakaian yang memiliki kantong samping atau kancing yang menggemaskan. Hal ini karena kembali lagi pada prinsip yang pernah disampaikan Pandji Pragiwaksono (aktor, komedian, dan penulis) “Sedikit berbeda jauh lebih baik daripada sedikit lebih baik”.


3. Temukan produsen yang terpercaya


Untuk reseller menemukan produsen yang bisa menghasilkan produk dengan kualitas tinggi merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini karena menjual produk dengan kualitas tinggi akan sangat memudahkanmu mendapatkan banyak pelanggan dan membuat pelanggan akan terus kembali membeli barang darimu.


Selain mencari produsen yang bisa menghasilkan barang dengan kualitas tinggi, jangan lupa juga untuk memilih produsen yang terpercaya dan terbiasa menghasilkan banyak barang. Jadi, kamu gak perlu khawatir jika nantinya ada pembeli yang ingin membeli produk dengan jumlah yang sangat banyak.

 

4. Tentukan target pasar


Menentukan target pasar akan sangat memudahkanmu untuk menentukan jenis pemasaran produk yang akan digunakan. Karena setiap jenjang usia memiliki kebiasaan dalam menggunakan media digital yang berbeda-beda. Misalnya remaja biasanya lebih sering menggunakan media sosial atau dewasa muda yang biasanya lebih sering menggunakan email untuk mencari informasi atau promosi.


5. Gunakan strategi pemasaran digital marketing untuk memasarkan barang


Sebagus apapun produk yang kamu tawarkan, rasanya tidak akan bisa mendatangkan banyak konsumen dan keuntungan jika kamu tidak menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi pemasaran yang biasanya digunakan reseller untuk memasarkan produk adalah digital marketing.


Digital marketing adalah cara pemasaran produk kepada calon pelanggan, melalui media digital dan internet.

Beberapa medium yang bisa digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, website, dan e-commerce. Kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing, baca artikel ini ya “5 Cara Mudah Menyusun Strategi Pemasaran dengan Digital Marketing.

 

 

 

6. Jujur pada pembeli


Jujur kepada pembeli merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Karena jujur kepada pembeli bisa bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan kepadamu, sehingga pembeli akan dengan senang hati kembali membeli barang yang kamu jual. Selain itu, selalu jujur kepada pembeli juga bermanfaat untuk meningkatkan reputasi kamu sebagai penjual, terlebih jika kamu memiliki toko online di e-commerce.

 

Beberapa cara untuk bersikap jujur saat menjadi seorang reseller adalah jujur mengenai kondisi barang yang sebenarnya (misalnya ketika ada kecacatan pada barang) dan jujur mengenai ketersediaan barang.  

 

7. Berikan pelayanan yang terbaik


Sekecil apapun bisnis yang kamu jalankan, jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon pelanggan dan pelanggan ya. Karena hal inilah yang akan membuat usahamu bisa sukses dan mendatangkan banyak pelanggan.


Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa selalu memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan selalu merespon pertanyaan dengan cepat, menjual barang-barang terbaik, dan selalu mengirimkan barang yang dibeli pelanggan dengan cepat. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu merespon semua keluhan yang mungkin dialami pelanggan.


8. Daftarkan bisnis menjadi reseller yang kamu bangun secara resmi


Melansir dari Indeed, kalau kamu ingin bisnis menjadi reseller yang dibangun terlihat lebih profesional dan terpercaya, kamu wajib mendaftarkan bisnis menjadi reseller ke badan hukum, caranya dengan beberapa hal di bawah ini:

·         Mengajukan permohonan izin usaha

·         Mendaftarkan nama bisnis

·         Mendapatkan nomor ID pajak

·         Pengajuan untuk merek dagang

·         Membuat rekening bank terpisah

·         Membiasakan diri dengan peraturan industri yang berlaku

 

 

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai bisnis sebagai reseller. Kalau  kamu ingin terus mengembangkan diri untuk menjalani bisnis di bidang lainnya, jangan ragu untuk mencari pelatihan yang ada di Pijar Mahir ya.


Referensi


https://financebuzz.com/how-to-resell

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-become-reseller

https://www.shopify.co.id/blog/reseller-business


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved