Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

9 Cara Menerapkan Mindfulness di Tempat Kerja

Kamu ingin bisa merasa lebih fokus dan konsentrasi dalam bekerja? Kalau iya, yuk coba praktekkan mindfulness di tempat kerja berikut ini.

Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang bisa dilakukan dengan cara memfokuskan pikiran dan perasaan pada hal yang benar-benar sedang dirasakan saat itu juga, tanpa interpretasi atau penilaian subjektif dalam diri. Pada dasarnya, mindfulness tidak hanya baik dilakukan di tempat kerja, tapi juga di rumah atau bahkan di tempat wisata saat kamu sedang berlibur.

Manfaat melakukan mindfulness

Selain menjaga kesehatan mental, mindfulness punya beberapa manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu:

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi kerja
  • Mengurangi rasa lelah akibat bekerja
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Membuat diri menjadi lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas
  • Membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik

Ragam cara menerapkan mindfulness di tempat kerja

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan mindfulness di tempat kerja, yaitu:

1. Fokus memperhatikan lingkungan sekitar

Untuk sejenak duduklah dengan tenang di meja kerja tanpa melakukan kegiatan apapun. Lalu gunakan semua indera untuk benar-benar memahami dan merasakan hal yang ada saat itu.

Misalnya cobalah untuk mendengarkan musik yang sedang diputar dengan saksama, melihat semua hal yang ada di kantor dengan penuh perhatian, dan mencium aroma ruangan di kantor. Cobalah untuk benar-benar menikmati hal tersebut untuk bisa mendapatkan manfaat mindfulness.

2. Coba untuk menerima keadaan dan semua hal yang kamu miliki saat ini

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya hal ini cukup sulit dilakukan. Terlebih jika hidupmu saat ini sedang tidak terlalu berjalan sesuai dengan keinginan.

Namun, berusahalah untuk menerima semua hal yang sedang terjadi, hal buruk maupun hal baik. Setelah itu coba temukan kebahagiaan dan hal positif kecil dari setiap hal yang sedang kamu rasakan. Misalnya dengan mendengarkan musik favorit saat bekerja atau mengonsumsi kopi favorit.

3. Fokus pada proses bernapas

Jika kamu sedang memiliki pikiran negatif, cobalah untuk duduk sejenak, tarik napas, buang napas, dan tutup mata. Lalu fokuslah untuk benar-benar merasakan setiap napas yang diambil dan hembuskan secara perlahan. Karena hal ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan mindfulness, sehingga suasana hatimu bisa kembali menjadi lebih baik. Menariknya lagi, hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan saat duduk di meja kerja.

4. Tuliskan semua hal yang kamu syukuri

Setiap orang pasti mengalami hari-hari buruk di tempat kerja. Namun, di sisi lain pasti ada banyak hari menyenangkan lain yang kamu lalui.

Ketika kamu sedang melalui hari yang buruk di tempat kerja, tidak ada salahnya jika kamu menenangkan diri sejenak dan tuliskan semua hal yang kamu syukuri di buku catatan. Misalnya teman kerja yang menyenangkan, lokasi kantor yang dekat dari rumah, atau beban pekerjaan yang sebenarnya tidak terlalu berat.

Karena selain bermanfaat untuk menghilangkan stres akibat mengalami hari yang buruk di tempat kerja, menuliskan semua hal yang kamu syukuri juga merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menerapkan mindfulness.

5. Aktif mendengarkan rekan kerja

Cobalah untuk sepenuhnya hadir dan memperhatikan apa yang orang lain katakan sepanjang hari di tempat kerja, dibandingkan hanya mengangguk secara otomatis saat kamu menunggu giliran untuk berbicara. Karena selain bermanfaat untuk mempererat hubunganmu dengan rekan kerja, hal ini juga bisa membuatmu menjadi lebih fokus dalam mengerjakan semua tugas di kantor.

6. Batasi kebiasaan membuka email

Membuka email memang sudah menjadi kewajiban banyak karyawan karena kadang pengumuman penting mengenai kantor disampaikan melalui email. Namun, jika pekerjaan yang kamu lakukan bisa dikerjakan tanpa perlu membuka email, ada baiknya kamu membatasi kebiasaan membuka email ya. Karena meskipun terlihat sederhana, sering membuka email ternyata bisa mengganggu konsentrasi kerjamu lho.

Oleh karena itu, bila memungkinkan buka email hanya di jam-jam tertentu, misalnya ketika sampai kantor, di jam istirahat, satu jam sebelum waktu pulang kerja, dan ketika memang ada perintah dari atasan.

7. Sisipkan waktu istirahat saat bekerja

Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mencegah stres. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat singkat setiap 3 jam sekali saat bekerja. Durasi istirahatnya juga gak perlu lama, yaitu 5-10 menit untuk sekedar bersantai dan membuka media sosial juga sudah cukup untuk mempraktikkan mindfulness.

8. Fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu

Pekerjaanmu sangat banyak dan deadlinenya sebentar lagi? Tenang gak perlu panik, agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin meski dengan deadline yang sudah semakin dekat, hal paling penting yang perlu kamu lakukan adalah fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu.

Namun, sebelumnya hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyusun daftar pekerjaan yang sudah akan mendekati deadline terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu.

9. Jalan kaki di sekitar lingkungan kerja

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan mindfulness adalah dengan jalan kaki di sekitar lingkungan kantor. Namun, sebelumnya ada baiknya kamu menemukan tempat yang benar-benar yang tenang dan bebas dari hiruk pikuk. Misalnya taman di sekitar kantor atau lorong yang jarang dilewati karyawan. Setelah itu mulailah berjalan secara perlahan sambil menikmati pemandangan, udara, dan semua hal yang ada di taman atau lorong tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat mindfulness, saat jalan kaki fokuskan pikiranmu pada lingkungan sekitar tanpa memikirkan pekerjaan sama sekali. Karena hal ini benar-benar efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja.

Namun, jangan lupa untuk melakukan hal ini hanya di jam istirahat saja ya. Hal ini bermanfaat agar waktu kerjamu tidak terganggu dan kamu bisa tetap produktif dalam mengerjakan semua pekerjaan.

Kapan dan seberapa sering mindfulness dapat dilakukan?

Mindfulness bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Namun, mindfulness di tempat kerja cenderung cocok dilakukan sebelum masuk kantor, ketika istirahat, atau ketika kamu benar-benar sedang jenuh dengan semua pekerjaan.

Selain itu, jika kamu sedang benar-benar ingin fokus untuk melakukan mindfulness, kamu bisa melakukannya di luar ruangan yang bebas dari hiruk pikuk dan kebisingan. Misalnya, di taman belakang kantor atau lapangan luas yang ada disekitar kantor.

Menurut penelitian, jika kamu benar-benar ingin merasakan manfaat mindfulness dengan maksimal, alangkah baiknya kamu melakukan mindfulness setiap hari selama 6 bulan.

Menerapkan mindfulness di tempat kerja memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika sekarang kamu mulai menerapkan beberapa hal di atas untuk mempraktekkan mindfulness. Karena bagaimanapun mindfulness bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja.

Referensi

https://www.goodnet.org/articles/10-great-ways-we-practice-mindfulness-at-work

https://www.mindful.org/10-ways-mindful-work/

https://greatergood.berkeley.edu/article/item/how_to_practice_mindfulness_throughout_your_work_day
 

Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved