Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ingin Mengambil Career Break? Pertimbangkan Dulu 3 Hal Ini

Career break

Career break atau jeda karier adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang memilih untuk berhenti bekerja full time untuk jangka waktu tertentu. Alasan seseorang mengambil career break biasanya bisa beraneka ragam, mulai dari ingin istirahat sejenak, melanjutkan pendidikan, ataupun karena ingin fokus mengurus keluarga.


Apapun alasannya, pada dasarnya career break bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan dan sangat normal terjadi. Nah, kalau kamu memiliki keinginan untuk melakukan career break, simak dulu yuk hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil career break dan kegiatan yang bisa dilakukan selama mengambil career break.


Ragam Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Career Break


Setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda untuk mengambil career break. Namun, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari sebelum mengambil career break ada baiknya kamu mempertimbangkan dulu beberapa hal di bawah ini:


1. Apakah kamu memutuskan untuk mengambil career break hanya karena sedang emosi?


Coba ingat lagi alasan utama apa yang sebenarnya membuatmu ingin mengambil career break? Apakah karena ingin fokus mengurus keluarga, ingin melanjutkan pendidikan, atau sekadar ingin istirahat? Apapun alasannya, jangan sampai kamu mengambil career break hanya karena sedang emosi.


Mengambil career break yang didasari oleh perasaan emosional biasanya akan menimbulkan penyesalan yang begitu mendalam. Bila perlu, kamu bisa mengambil cuti satu hari sebelum mengajukan surat resign dan memutuskan untuk mengambil career break.  Ketika cuti, kamu bisa mengajak orang terdekat berdiskusi mengenai masalah ini. Namun, hindari berdiskusi dengan rekan satu kantor, ya. Karena sering kali pendapat rekan kerja bersifat subjektif.

 

2. Apakah kamu sudah memiliki tabungan yang cukup?


Tidak bisa dipungkiri memang saat mengambil career break kamu akan kehilangan penghasilan tetap. Oleh karena itu, sebelum mengambil career break pastikan dulu apakah kamu memiliki tabungan yang cukup. Tabungan ini bisa bermanfaat untuk memudahkanmu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memenuhi keperluan darurat.


Idealnya jumlah tabungan yang disiapkan sebelum mengambil career break adalah 6 kali pengeluaran bulanan. Namun, hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari kebutuhan sehari-hari dan durasi career break yang akan dilakukan.


3. Apakah kamu mengambil career break hanya karena ikut-ikutan teman?


Meskipun terlihat sederhana, faktanya hal ini masih cukup banyak terjadi lho. Karena ada beberapa karyawan yang memilih untuk mengambil career break hanya karena banyak teman yang juga sedang mengambil career break. Jika kamu termasuk orang yang ingin mengambil career break hanya karena ikut-ikutan teman, sebaiknya hindari hal ini ya.


Mengambil career break hanya karena ikut-ikutan teman bisa membuatmu menyesal di kemudian hari, terlebih jika kamu tidak memiliki alasan kuat yang mendasarimu untuk mengambil career break.

 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Mengambil Career Break


Jika kamu sudah yakin ingin mengambil career break, jangan lupa untuk melakukan beberapa kegiatan yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas diri ya. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri sendiri, sehingga memudahkanmu untuk mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi kedepannya.  Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan, yaitu:


1. Tetap menjalin komunikasi dengan rekan yang masih bekerja


Mengambil career break bukan berarti kamu harus merasa terasingkan dan tidak berkomunikasi dengan rekan-rekan yang masih aktif bekerja ya. Justru sebaliknya, saat mengambil career break ada baiknya kamu tetap menjalin hubungan baik dengan teman-teman yang masih bekerja. Hal ini bisa bermanfaat untuk membuatmu bisa tetap mengetahui informasi terbaru mengenai karier dan pekerjaan yang memang kamu tekuni.


2. Freelance atau pekerjaan sampingan


Kalau kamu tetap ingin bekerja tapi dengan intensitas yang tidak terlalu berat selama mengambil career break, tidak ada salahnya jika kamu melakukan freelance atau pekerjaan sampingan. Karena beban kerja freelance biasanya lebih ringan dibandingkan pekerjaan full time.


Selain itu saat freelance kamu juga bisa dengan bebas menentukan pekerjaan yang benar-benar ingin di ambil. Jadi, kamu juga bisa tetap fokus mengerjakan kegiatan yang mendasari alasanmu untuk mengambil career break (seperti karena ingin melanjutkan pendidikan atau mengurus keluarga di rumah).


3. Belajar bahasa asing


Kalau kamu sangat senang belajar bahasa asing, selama mengambil career break tidak ada salahnya jika kamu menggunakan waktu untuk semakin memperdalam bahasa asing. Karena belajar bahasa asing sangat bermanfaat untuk memudahkanmu mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi nantinya, terlebih jika kamu ingin bekerja di perusahaan asing.

 

4. Ikut pelatihan untuk meningkatkan kemampuan 


Saat ini ada berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa kamu ikuti. Mengikuti berbagai pelatihan sangat bermanfaat untuk menambah nilai plus untuk dirimu sendiri, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan posisi kerja yang cukup tinggi, ketika nantinya kamu memutuskan untuk kembali bekerja full time.


Kamu juga bisa memilih pelatihan pada bidang yang sudah pernah kamu tekuni sebelumnya atau bidang yang benar-benar baru dan belum pernah ditekuni sebelumnya.  Apapun pelatihan yang kamu ambil, pastikan kamu menyukai pelatihan tersebut ya. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu bisa memahami materi pelatihan dengan sangat baik. Untuk mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan minat, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan Pijar Mahir.


5. Lakukan hobi


Melakukan hobi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan namun tetap bermanfaat untuk membuatmu produktif. Selain itu, melakukan hobi saat mengambil career break juga bermanfaat untuk membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan menghilangkan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Hal ini bermanfaat untuk membuatmu selalu bersemangat dalam melakukan semua aktivitas yang dilakukan.


Nah, itu tadi beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat mengambil career break. Karena ingat, bagaimanapun saat melakukan career break kamu harus bisa tetap produktif. 


Referensi


https://www.forbes.com/sites/forbeseq/2021/07/13/how-to-take-a-successful-career-break/?sh=4bff03532e18

https://www.hrzone.com/hr-glossary/what-is-a-career-break

https://thesabbaticalguide.com/career-break-ideas/

https://blog.lore.online/2019/12/13/career-break.html 



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved