Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ingin Membangun Bisnis bersama Teman? Simak Dulu 6 Tips Berikut ini

6 Tips Membangun Tips Bersama Teman

Kamu ingin mulai membangun bisnis dengan teman? Kalau iya, agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan dengan lancar dan bisa bertahan lama, yuk simak beberapa tips membangun bisnis bersama teman di bawah ini.


Melansir dari Quartz at Work, 40% pebisnis sukses di seluruh Dunia, awalnya membangun bisnis dengan temannya sendiri. Jadi, pada dasarnya membangun bisnis bersama teman memang sudah sangat normal terjadi dan sering dilakukan oleh para pebisnis sukses di seluruh Dunia.


Tips membangun bisnis bersama teman


Agar bisnis yang kamu buat bisa sukses dan berjalan tahan lama, yuk simak beberapa tips membangun bisnis bersama teman di bawah ini:


1. Buat visi dan misi secara tertulis


Setiap bisnis yang dibangun pasti memiliki visi dan misinya tersendiri, termasuk bisnis yang dibangun bersama teman. Oleh karena itu, di awal pembuatan bisnis jangan ragu untuk membuat visi dan misi secara tertulis ya.


Saat membuat visi dan misi, pastikan kamu dan teman duduk bersama dengan pikiran yang tenang. Lalu tuliskan visi dan misi yang diharapkan dari setiap individu. Setelah itu kamu bisa mengambil jalan tengah mengenai visi dan misi dari kedua belah pihak. Jika kamu hanya berdua membangun bisnis bersama teman, tidak ada salahnya juga jika kamu mengajak pihak ketiga untuk membuat visi dan misi bersama. Pihak ketiga dalam hal ini berperan untuk menjadi penengah antara kamu dan rekan bisnis.


Setelah kamu berhasil menentukan visi dan misi yang ingin dicapai bersama, tuliskan visi dan misi tersebut di selembar kertas, tanda tangan di atas materai, dan buat salinan kertas tersebut sebanyak tiga lembar. Lembaran visi dan misi, bisa kamu berikan rekan bisnis, disimpan sendiri, dan satu lagi untuk dipajang di tempat bisnis yang kamu dirikan.


2. Tentukan peran masing-masing secara rinci


Hal lain yang tidak kalah penting dilakukan saat membangun bisnis bersama teman adalah menentukan peran masing-masing secara rinci. Misalnya saja kamu berperan sebagai manajer marketing dan finance officer yang bertugas untuk mencari klien sekaligus mengatur keluar masuknya uang ataupun asset perusahaan.


Sedangkan teman kamu berperan untuk mengatur manajemen perusahaan, dari mulai mencari tenaga kerja lainnya hingga mengatur semua hal di perusahaan agar bisa bergerak sebagaimana mestinya. Menentukan peran masing-masing secara rinci, bisa bermanfaat untuk memastikan bahwa bisnis yang kamu bangun bersama teman bisa berjalan dengan lancar, serta meminimalkan risiko kebingungan, dan bahkan perebutan kekuasaan.


Saat menentukan peran setiap individu, pastikan juga kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap individu ya. Misalnya saja, jika kamu tidak terlalu mahir dalam bidang matematika, jangan sampai kamu justru berperan sebagai finance officer. Karena hal ini justru akan membuat perusahaan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

 

3. Komitmen dengan peran yang dipegang


Komitmen dengan peran yang dipegang juga merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis yang kamu jalankan bersama teman. Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan komitmen yang baik adalah dengan selalu bekerja sebaik mungkin.


4. Rencanakan pembagian keuntungan secara jelas


Meskipun terlihat sederhana, faktanya tidak menentukan pembagian keuntungan secara jelas dari awal bisa membuat bisnis kamu yang kamu bangun bersama teman hancur lho. Oleh karena itu, di awal pembuatan bisnis, pastikan kamu menentukan pembagian keuntungan secara jelas dan rinci.


Penentuan pembagian keuntungan ini bisa kamu dasarkan pada beberapa hal, seperti besaran modal yang sudah kamu dan rekan keluarkan serta besaran peran yang kamu atau rekan jalankan. Saat menentukan pembagian keuntungan, pastikan kamu dan rekan sama-sama setuju dengan jumlah yang sudah ditentukan ya, sehingga kedepannya kamu tidak akan mengalami konflik. 


5. Saling jujur satu sama lain


Membangun bisnis dengan sahabat memang terlihat menyenangkan. Namun, di sisi lain membagun bisnis bersama teman bisa menjadi hal yang sangat sulit dijalankan, bila tidak ada komunikasi yang terbuka dan satu sama lain tidak jujur. Untuk itu, saat membangun bisnis bersama teman pastikan kamu bisa jujur satu sama lain dalam beberapa hal penting ya, misalnya saja tentang pemasukan dan pengeluaran selama menjalankan bisnis.


Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu jujur satu sama lain, mengenai masalah yang mungkin sedang dihadapi, baik masalah pribadi ataupun masalah yang berkaitan dengan bisnis. Untuk masalah pribadi, kamu juga tidak perlu jujur dan terbuka sepenuhnya kok, melainkan cukup bilang pada teman bahwa ada masalah yang sedang dihadapi. Jadi, teman kamu bisa memegang alih beberapa pekerjaan, selagi kamu menyelesaikan masalah pribadi.


6. Pisahkan masalah pribadi dengan bisnis



Kadang salah satu penyebab kehancuran suatu bisnis adalah karena tidak seorang pengusaha tidak bisa masalah pribadi dengan bisnis. Oleh karena itu, jika ingin mulai membangun bisnis bersama teman sendiri, yuk coba usahakan untuk selalu berpikir logis, tidak emosional, serta tidak membawa masalah pribadi.

Misalnya saja, jika saat menjalankan bisnis tiba-tiba sahabat kamu melakukan suatu kesalahan, maka jangan langsung marah-marah dan membawa masalah pribadi yang tidak ada hubungannya dengan bisnis.


Sebaliknya, cobalah terus berpikir tenang dan mencari solusi terbaik atas masalah yang sedang dihadapi.

Membangun bisnis bersama teman memang tampak menyenangkan, namun bukan berarti kamu bisa malas-malasan dalam bekerja ya. Karena kadang membangun bisnis bersama teman berarti kamu harus bisa bekerja dengan lebih keras dan memiliki komitmen yang kuat, agar kedepannya kamu bisa sukses bersama. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips membangun bisnis bersama teman seperti di atas ya.

 

Referensi

https://hermoney.com/earn/entrepreneurship/how-to-start-a-business-with-your-friend/

https://www.nerdwallet.com/article/small-business/starting-a-business-with-a-friend

https://qz.com/work/1567915/how-to-start-a-business-with-a-friend-tips-for-co-founders/

 


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved