Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Kamu Ingin Mulai Membuat Skrip Video? Simak Dulu 5 Berikut Ini

Tips membuat skrip video

Kamu ingin mulai membuat skrip video dengan cara yang mudah dan bisa menarik banyak penonton? Kalau iya, yuk simak dulu tips membuat skrip video di bawah ini.


Skrip video atau naskah video adalah dokumen tertulis yang berisi arahan untuk pembawa acara dalam video dan instruksi untuk pembuatan video. Umumnya skrip video tidak hanya diperlukan jika kamu ingin membuat video dengan durasi panjang saja, tapi juga ketika kamu akan membuat video dengan durasi yang singkat, misalnya satu sampai lima menit. Karena skrip video akan berguna sebagai pedoman kamu dalam proses pembuatan video.


Tips membuat skrip video


Pada dasarnya skrip video yang singkat, padat, dan jelas bisa bermanfaat untuk membuat penonton mau melakukan hal yang diharapkan (misalnya membuat penonton mau membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan).  Kalau kamu ingin mulai membuat skrip video yang singkat, padat, dan jelas , simak beberapa tips di bawah ini ya:


1.Buat brief atau ringkasan


Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat membuat skrip video adalah membuat brief atau ringkasan. Brief atau ringkasan ini akan sangat berguna sebagai pedoman yang kamu gunakan saat menulis skrip video.


Beberapa pertanyaan kunci yang harus disertakan untuk membuat brief atau ringkasan skrip video yang efektif, yaitu:

·         Apa tujuan dari video yang dibuat?

·         Siapa target penonton video?

·         Apa topik video yang akan diangkat? (Semakin spesifik maka akan semakin baik. Misalnya, jika bisnis yang kamu jalankan adalah platform penyedia pelatihan tenaga kerja, topik yang bisa kamu buat adalah “Pilihan pelatihan yang cocok untuk sarjana IT”)

·         Apa yang kamu harapkan dari penonton setelah menonton video? 


Kamu bisa membuat jawaban dari pertanyaan di atas dalam Google Documents untuk dijadikan pedoman dalam membuat video. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga kedepannya kamu akan sering mengedit brief ini.


2. Gunakan template dalam membuat skrip


Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mulai membuat skrip video dengan menggunakan template atau pola yang umum digunakan. Karena menggunakan template akan sangat memudahkanmu untuk membuat dan mengembangkan skrip dari brief atau ringkasan yang sudah dirumuskan.


Template membuat skrip video yang umumnya sering digunakan adalah template dengan formula A.A.A.A, berikut penjelasannya:

Attention atau perhatian: Di pembukaan video buat kalimat ajakan atau berikan gambar yang menarik perhatian penonton. Namun, hindari mempromosikan produk di awal video.

Agitation atau agitasi: Berikan contoh kendala yang mungkin dihadapi penonton, misalnya penonton kesulitan untuk mencari platform pelatihan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Activity atau aktivitas: Tunjukkan pada penonton bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi, misalnya dengan mencari pelatihan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan di Pijar Mahir.

Action atau tindakan: Ajak penonton untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dan sertakan link websitenya, misalnya dengan mengikuti pelatihan di Pijar Mahir.


Dari template di atas, kamu bisa membuat skrip video yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk membuat alur cerita video yang semenarik mungkin dari template di atas. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan kata yang mudah dipahami dan sesuai dengan target pasar ya.


Misalnya saja jika target penonton kamu adalah remaja, maka gunakan kata yang informal dan semiformal. Sedangkan jika target penonton kamu adalah orang dewasa yang berusia lebih 30 tahun, maka gunakan bahasa yang semiformal dan formal.


3. Buatlah skrip yang tidak terlalu panjang


Dalam hal pemasaran, video yang lebih pendek cenderung lebih menarik daripada video yang lebih panjang. Melansir dari Hubspot, 68% orang lebih suka belajar tentang produk dan layanan baru melalui video pendek dengan durasi yang singkat.  Untuk membuat video pendek, kamu perlu membuat skrip pendek. Idealnya panjang skrip video adalah satu sampai  dua halaman.

 

4. Baca ulang skrip yang telah dibuat


Setelah kamu selesai membuat skrip video, cobalah untuk membaca  skrip sebanyak 2-5 kali. Karena hal ini akan membuat skrip yang kamu buat benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bila perlu kamu bisa merevisi kembali skrip jika dirasa ada bagian yang kurang sesuai.


Hal yang perlu lakukan saat membaca ulang skrip adalah bertanya pada diri sendiri mengenai beberapa hal di bawah ini:

·         Apakah skrip ini sudah sesuai dengan kebutuhan?

·         Apakah skrip ini sudah sesuai dengan keinginan atau ekspektasi penonton?

·         Apakah skrip ini sudah berhasil menyampaikan pesan dengan baik?

·         Apakah skrip ini memiliki alur cerita yang logis dan mudah dipahami?

·         Apakah setelah menonton video penonton akan melakukan tindakan yang diharapkan (misalnya menggunakan jasa yang ditawarkan)?

·         Apakah durasi video sudah tergolong singkat?

Jika jawaban dari semua pertanyaan ini adalah tidak, kembali dan edit skrip video sampai berhasil. Namun, jika jawabannya ya kemungkinan besar skrip yang kamu buat sudah baik.


5. Latihan mengucapkan kalimat yang ada di skrip


Setelah kamu berhasil membuat video yang dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan, sekarang saatnya kamu melakukan latihan dengan mengucapkan kalimat yang ada dalam skrip. Karena ada beberapa kalimat yang terlihat bagus ketika ditulis, namun kurang bagus ketika diucapkan dan didengar.


Ketika ada kalimat yang kurang baik didengar, maka ubah kalimat tersebut hingga benar-benar terasa nyaman didengarkan. Membuat skrip atau naskah video memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menulis naskah video dengan menerapkan beberapa tips membuat skrip video seperti di atas.


Yuk ikut pelatihan “Start to Make An Outstanding Commercial Video ”


Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang  cara membuat video, yuk ikut kelas “Start to Make An Outstanding Commercial Video”. Di pelatihan ini, kamu akan belajar konsep dasar videografi komersial, serta struktur dan tips menyampaikan pesan komersial dalam video.


Menariknya lagi, di kelas ini kamu akan belajar langsung dengan pengajar yang profesional, yaitu Handika Widiarto. Handika Widiarto merupakan seorang Video Producer on Folkative.


Pelatihan ini akan berlangsung pada tanggal 25 Juni 2022 pada pukul 10.00-11.30 WIB. Jadi tunggu apa lagi, daftar pelatihannya sekarang juga. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan ini dengan menonton video melalui website  atau download aplikasi Pijar Mahir di Google Playstore.

 

Referensi


https://biteable.com/blog/how-to-make-a-commercial/

https://blog.hubspot.com/marketing/how-to-write-a-video-script-ht

https://www.techsmith.com/blog/how-to-write-script-for-video/ 

 



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved