Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

7 Tips Meninggalkan Kantor Sebelum Liburan

Tips Meninggalkan Kantor Sebelum Liburan

Kamu akan libur yang cukup panjang tapi masih ada pekerjaan yang belum diselesaikan? Udah gak usah khawatir, agar pekerjaan tidak terbengkalai dan kamu bisa liburan dengan tenang, yuk simak tips meninggalkan kantor sebelum liburan di bawah ini.


Menjelang libur panjang mood atau suasana hati untuk bekerja biasanya sudah mulai menurun. Hal ini memang sangat normal terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini mengganggu produktivitasmu untuk bekerja ya. Karena bagaimanapun semua pekerjaan harus kamu kerjakan dengan sebaik mungkin.


Ragam tips meninggalkan kantor sebelum liburan


Menjelang liburan, agar kamu bisa tenang meninggalkan kantor tanpa memikirkan pekerjaan, yuk simak beberapa tips meninggalkan kantor sebelum liburan di bawah ini:


1. Ciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin


Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap tepat waktu mengerjakan semua pekerjaan sebelum liburan adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuatmu lebih fokus untuk bekerja, sehingga tidak ada satupun pekerjaan yang belum diselesaikan sebelum liburan.


Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk kerja bagi setiap karyawan bisa berbeda.  Namun, umumnya suasana kerja yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.


Jika kamu sedang bekerja di kantor, jangan lupa juga untuk menciptakan suasana kerja yang senyaman mungkin. Misalnya dengan memajang foto orang tersayang di meja kerja dan menyesuaikan tinggi kursi dengan kebutuhan.

 

2. Susun prioritas


Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah menyusun daftar prioritas. Tentukan tugas mana yang harus segera diselesaikan dan perhatikan tenggat waktu atau deadlinenya. Pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu untuk mengantisipasi adanya pekerjaan lain yang mendadak perlu dikerjakan secepat mungkin.

 

 

3. Terapkan metode time blocking


Kalau ternyata ada cukup banyak pekerjaan yang masih belum diselesaikan menjelang liburan, tidak ada salahnya jika kamu menerapkan metode time blocking.


Metode time blocking atau yang biasa dikenal dengan monotasking adalah metode yang digunakan ketika kamu memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu pekerjaan. Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lanjut tentang metode time blocking, baca artikel ini ya “Manfaat dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking”. 

 

Menerapkan metode time blocking sangat bermanfaat untuk membuat pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu, sehingga kamu bisa memiliki waktu untuk sekedar istirahat sejenak. Cara menerapkan metode time blocking juga sangat mudah kok. Misalnya jika dalam satu hari kamu memiliki tugas untuk mengerjakan 2 desain dan satu desain bisa kamu kerjakan dalam waktu 2 jam, maka sisihkan waktu sebanyak 4 jam untuk fokus bekerja.


Selain menentukan durasi waktu untuk bekerja, tentukan juga daftar pekerjaan lain yang ingin dikerjakan dan berapa durasi yang diperlukan untuk mengerjakan suatu hal. Misalnya dalam satu hari, kamu harus ibadah, membalas email, makan, membereskan kamar, olahraga, dan mencuci baju.

 

4. Delegasikan pekerjaan


Jika kamu berencana untuk mengambil cuti lebih lama dari karyawan lain, jangan ragu untuk mendelegasikan tugas kepada orang yang dipercaya. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuatmu bisa berlibur dengan nyaman tanpa memikirkan pekerjaan sama sekali.


Beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum mendelegasikan pekerjaan, yaitu:

·         Nama orang yang mengambil alih tugas.

·         Batas waktu proyek.

·         Nama dan kontak klien yang akan diajak bekerja sama selama kamu cuti.

·         Ringkasan hal-hal yang harus dilakukan.

·         Catatan penting mengenai pekerjaan.


Jangan lupa juga kepada meminta orang yang kamu delegasikan untuk selalu mencatat perkembangan proyek dan pekerjaan yang berlangsung selama kamu cuti, sehingga setelah kembali ke kantor kamu langsung bisa mengambil alih pekerjaan dengan sebaik mungkin.

 

5. Kirim pesan kepada rekan-rekan di kantor


Setelah kamu mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang dipercaya, jangan lupa untuk mengirimkan pesan kepada beberapa orang di kantor yang biasanya menjadi rekan untuk berdiskusi mengenai pekerjaan. Dalam pesan tersebut, kamu bisa memberikan informasi tentang nama orang yang berperan menggantikan kamu dan tugas apa saja yang kamu delegasikan kepada rekan kerja.


Jika ternyata kamu mendelegasikan pekerjaan kepada beberapa orang, jangan ragu untuk menyertakan semua kontak dan peran orang tersebut di pesan yang kamu kirimkan kepada rekan kerja ya.


6. Bereskan meja kerja


Meskipun terlihat sederhana, faktanya membereskan meja kerja dengan serapi dan sebersih mungkin merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan lho.  Karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk membuatmu bisa berlibur dengan nyaman dan nantinya bisa kembali bekerja dengan semangat.


Beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat membereskan meja kerja adalah

·         Buang semua potongan kertas yang mungkin sudah tidak terpakai, seperti tulisan di Post-it, draft yang tidak terbaca, dan buku catatan lama.

·         Buka laci-laci dan urutkan file-file, dokumen penting, dan kartu nama.

·         Fokus pada komputer, bersihkan desktop dan atur folder.

·         Terakhir, pastikan semua file penting yang akan kamu gunakan saat kembali bekerja berada di tempat yang aman dan mudah diakses.


7. Apabila diperlukan pulang telat dari kantor 


Jika hari biasa kamu termasuk karyawan yang enggan untuk pulang telat dari kantor, beberapa hari menjelang liburan tidak ada salahnya jika kamu ‘mengorbankan’ diri untuk bekerja lebih lama guna menyelesaikan semua pekerjaan. Pada dasarnya hal ini bermanfaat untuk membuat kamu bisa tetap liburan dengan tenang tanpa memikirkan pekerjaan sama sekali. Karena semua pekerjaan telah kamu kerjakan dengan sebaik mungkin.


Namun, hal ini tidak bisa menjadi patokan ya. Karena jika kamu berhasil mengerjakan dengan tepat waktu, kamu tidak perlu melakukan hal ini.

 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa liburan dengan nyaman dan tenang, tanpa memikirkan pekerjaan sama sekali. 


Referensi 


https://www.siliconrepublic.com/advice/pre-holiday-productivity-tips

https://www.hashmicro.com/blog/do-these-5-things-before-long-a-long-holiday/


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved