Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Ingin Menjadi Freelance Writer? Simak Dulu 6 Tips Ini

Tips menjadi freelance writer

Freelance atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang. Salah satu profesi freelance yang saat ini sedang banyak dicari perusahaan adalah freelance writer. Nah, kalau kamu ingin memulai profesi sebagai freelance writer, simak informasi di bawah ini ya.


Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini hampir semua perusahaan memiliki blog atau website untuk mempromosikan barang atau jasa dengan menggunakan artikel atau tulisan copy (copywriting). Hal inilah yang menyebabkan perusahaan membutuhkan banyak penulis, khususnya freelance writer atau yang lebih dikenal dengan istilah penulis lepas.

 

Tips menjadi seorang freelance writer


Untuk seorang penulis, bekerja sebagai freelance writer mungkin tampak lebih menarik dibandingkan harus bekerja sebagai penulis full time di suatu perusahaan, karena seorang freelance writer biasanya bisa lebih bebas menentukan waktu yang paling tepat untuk mengerjakan tulisan.


Hal yang paling penting adalah seorang penulis bisa mengerjakan tulisan tidak lebih dari deadline yang telah ditentukan klien. Nah, kalau kamu ingin memulai profesi sebagai freelance writer, simak dulu yuk beberapa tips di bawah ini:


1. Tentukan layanan yang akan akan ditawarkan


Menentukan layanan yang akan diberikan adalah langkah paling penting yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang freelance writer. Karena bidang pekerjaan seorang penulis cukup luas, kamu harus bisa menentukan secara spesifik layanan yang akan ditawarkan, misalnya kamu menawarkan jasa menulis artikel SEO, copywriting, atau menulis naskah berita.


Saat menentukan layanan yang akan diberikan, pastikan kamu menawarkan layanan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang sudah kamu kuasai dengan baik ya.  Misalnya jika kamu berprofesi SEO content writer, maka kamu bisa menawarkan layanan menulis artikel SEO atau mengedit artikel.


2. Terus asah kemampuan


Selama apapun kamu telah berkecimpung di dunia penulisan, jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan diri dalam menulis ya, karena hal ini akan menjadi nilai plus untuk diri sendiri, sehingga memudahkanmu untuk mendapatkan klien.


Salah satu cara paling mudah untuk terus mengasah kemampuan menulis adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan yang ada di Pijar Mahir. Beberapa pilihan pelatihan yang bisa kamu ambil, yaitu Mahir Copywriting Untuk Tingkatkan Pemasaran, Menulis Buku Cerita Anak Berkualitas, atau Teknik Menulis Berita untuk Wartawan Muda.


3. Buat blog sebagai portofolio


Untuk seorang penulis, blog merupakan salah satu aset paling berharga yang sebaiknya dimiliki. Karena blog bisa berguna sebagai medium atau wadah untuk memasukkan semua karya tulis terbaik yang pernah dibuat. Hal inilah yang membuat blog bisa bermanfaat sebagai portofolio untuk seorang penulis.  


Selain itu, jika kamu pernah mengerjakan beberapa jenis tulisan yang berbeda (misalnya misalnya artikel SEO, copywriting, atau UX writing), maka ada baiknya kamu memasukkan semua tulisan tersebut ke blog. Hal ini bermanfaat untuk membuat portofoliomu terlihat semakin bagus dan bisa menarik perhatian HRD. 

Kalau kamu ingin tahu cara membuat portofolio baca artikel ini ya 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik


4. Belajar melakukan manajemen waktu dengan baik


Bisa melakukan manajemen waktu dengan baik adalah salah satu kunci keberhasilan untuk menjadi seorang freelance writer. Hal ini karena seorang freelance writer pasti akan menghadapi deadline, terlebih jika kamu mengambil beberapa proyek sekaligus. Melakukan manajemen waktu dengan baik akan membuatmu bisa memiliki waktu senggang di tengah padatnya deadline pekerjaan.


Salah satu cara paling mudah untuk belajar melakukan manajemen waktu dengan baik adalah dengan menerapkan metode Time Blocking. Kalau kamu ingin tahu cara menerapkan metode Time Blocking, baca artikel ini ya Manfaat dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking.


5. Gunakan platform untuk mendapatkan pekerjaan


Sama halnya seperti pekerjaan full time, saat ini ada banyak platform lowongan kerja untuk freelance writer yang tersedia, seperti Upwork, sribulancer, atau saungwriter. Menariknya platform ini memiliki kebijakan yang bermanfaat untuk melindungi data pelamar kerja. Jadi, kamu akan terhindar dari pekerjaan palsu atau data pribadi yang tersebar.  Beberapa platform freelance biasanya juga akan menyediakan surat kontrak mini yang harus disetujui oleh freelancer dan pemberi pekerjaan.


Selain menggunakan platform lowongan kerja untuk freelance writer, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan freelance di Linkedin dan bahkan media sosial lain (seperti Facebook, Instagram, atau Twitter). 

Ketika kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan di media sosial pastikan dulu bahwa perusahaannya terpercaya ya. Jangan sampai kamu mendapatkan kerugian karena melamar ke perusahaan yang ternyata tidak terpercaya atau tidak memiliki kredibilitas baik.


6. Selalu jaga hubungan baik dengan klien


Menjaga hubungan baik dengan klien adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat menjadi seorang freelance writer. Hal ini karena menjaga hubungan baik dengan klien bisa meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan banyak tawaran kerja, terlebih jika hasil kerjamu sangat sesuai dengan kebutuhan klien.


Pada beberapa platform lowongan kerja freelance, menjaga hubungan baik dengan klien juga bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki reputasi yang baik. Reputasi yang baik ini akan sangat memudahkanmu untuk mendapatkan klien baru.


Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan klien adalah selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang sudah diberikan, selalu bekerja dengan sebaik mungkin, dan rajin bertanya kepada klien mengenai tulisan yang mungkin perlu di edit. 


Pada dasarnya menjadi seorang freelance writer profesional memang tidak semudah yang dibayangkan. Kadang, ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi sebelum akhirnya bisa menjadi seorang freelance writer profesional yang bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa tips di atas.


Referensi

https://thewritelife.com/how-to-become-a-freelance-writer/

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-become-a-freelance-writer

https://www.upwork.com/resources/how-to-become-a-freelancer


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved